close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Tips Ampuh Buat Fresh Graduate yang Lagi Mencari Lowongan Kerja 2021

lowongan kerja

Berikut kami berikan beberapa tips untuk kalian para fresh graduate yang sedang mencari lowongan kerja di tahun 2021 ini.

Mendapatkan pekerjaan bukanlah hal mudah. Apalagi bagi fresh graduate atau yang baru lulus kuliah. Persaingan tentunya sangat ketat dan bukan seringkali perusahaan mencari orang-orang yang sudah memiliki pengalaman sebelumnya. Namun, usah kuatir karena Jualo siap memberikan beberapa tips untuk kalian dalam mencari lowongan kerja yang sesuai.

Buat CV yang Baik

lowongan kerja

Saat melamar kerja, salah satu dokumen penting yang dibutuhkan oleh perusahaan adalah curriculum vitae (CV). CV adalah dokumen pertama yang akan diterima oleh perusahaan dan berisi semua prestasi yang sudah dicapai dan juga pengalaman yang sudah Anda jalani seperti organisasi di kampus atau kerja magang.

–> Tips Mencari Lowongan Kerja Secara Online dengan Mudah dan Cepat

Untuk memberikan kesan pertama yang baik, Anda harus bisa membuat CV yang menarik dan sesuai dengan yang diinginkan perusahaan. Anda bisa belajar membuat CV bersama orang tua atau mencari tips-tips membuat CV yang tersedia di berbagai blog dan website.

Riset Pekerjaan yang Diminati

Setelah mengumpulkan skripsi dan dinyatakan lulus, biasanya ada beberapa bulan atau minggu sebelum upacara wisuda. Di waktu senggang ini, Anda sebaiknya sudah mulai mencari kerja agar tidak membuang banyak waktu setelah wisuda. Luangkan waktu untuk mencari tahu tentang perusahaan yang menarik untukmu dan apakah ada lowongan yang tepat untuk Anda Selain itu, Anda juga dapat mencari tahu lebih banyak tentang bidang kerja yang diminati dan seperti apa pekerjaan yang nantinya Anda lakukan saat diterima.

–> Cari Pekerjaan Impian di Masa Pandemi? Ternyata Bukan Hal Mustahil Lho

Selalu Update

lowongan kerja

Masih ada perusahaan maupun organisasi lain yang kerap mencari karyawan baru di masa pandemi. Sektor yang tengah tinggi permintaan kerja, antara lain kesehatan, teknologi, keuangan, pendidikan online, makanan, dan ekspedisi atau layanan pengiriman.

Cobalah cari peluang-peluang tersebut di situs lowongan kerja terpercaya yang banyak digunakan di Indonesia. Ada banyak situs lowongan pekerjaan, sehingga jika gagal di salah satunya bisa mencari di website lainnya. Intinya jangan pernah putus asa buat mencari dan pastikan selalu update.

Dengan memanfaatkan situs tersebut, kamu bisa mengetahui lebih banyak perusahaan mana yang tengah membuka lowongan dan jenis pekerjaan yang ditawarkan.

Latih Soft Skill

Dalam pekerjaan tertentu, tak jarang soft skill lebih dibutuhkan dibanding hard skill. Soft skill yang harus dimiliki setiap pelamar adalah kemampuan komunikasi yang baik, kecerdasan sosial, serta emosional. Keterampilan ini sangat dibutuhkan karena dengan ini, pekerja dianggap mampu bekerja sama dalam tim sehingga mudah dalam mencapai tujuan perusahaan. Perusahaan bisa mengetahui soft skill ini lewat interview yang dijalani.

Jaga Reputasi Pribadi di Media Sosial

lowongan kerja

Pada era modern saat ini tak sedikit perusahaan yang mempertimbangkan latar belakang calon pekerjanya melalui media sosial. Selain screening melalui CV dan melihat hasil interview atau tes, para perekrut juga kadang memantau aktivitas pelamar di dunia maya.

Banyak juga calon pelamar yang gagal alias tak diterima karena rekam jejak digitalnya. Entah berkaitan dengan postingan di media sosial, berafiliasi ke kelompok tertentu, atau hal lain yang dianggap tidak layak. Sehingga, bijaklah dalam menggunakan media sosial untuk menopang kariermu ya.

–> 6 Tips Memikat HRD Saat Hadapi Wawancara Kerja

Gali Informasi dari Orang Berpengalaman

Tak ada salahnya minta masukan, pandangan, atau mendengar cerita dari orang yang sudah berpengalaman. Selain bisa membagikan cerita pengalamannya, kamu juga bisa mendapat ilmu yang telah ia pelajari.

Tak hanya itu, manfaatkan relasi dengan orang tersebut. Bisa saja suatu waktu ia menjadi atasanmu dan karena kamu memiliki kesan baik padanya di kemudian hari, kamu bisa diminta untuk bekerja sama dengannya atau mungkin direkomendasikan pada pencari kerja lainnya.

Cari Kerja di Jualo

lowongan kerja

Jika cara yang pertama sudah kamu lakukan dan belum juga berhasil atau masih kurang ampuh menurut kamu, cobalah menggunakan aplikasi lowongan kerja yang terpercaya seperti Jualo. Jualo siap memfasilitasi And yang sedang mencari lowongan dengan beragam jenis pekerjaan. Mulai dari Staff Gudang, Admin, hingga Freelancer lho.

Cara melihat informasi lowongan kerja 2021 di iklan Jualo.com cukup mudah. Tinggal masuk ke website Jualo.com, lalu pilih menu “Pekerjaan” dan klik sub-menu “lowongan kerja”. Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman yang berisikan ribuan informasi lowongan kerja terbaru saat ini.

Untuk memberikan rasa aman kepada Anda yang sedang mencari iklan lowongan kerja, Jualo juga memiliki fitur filter untuk akun terverifikasi. Dengan adanya akun terverifikasi, maka informasi iklan yang ditampilkan bisa lebih terpercaya karena akun yang memposting iklan tersebut sudah melalui standar verifikasi ketat dari Jualo.com.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram