close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Cara Mudah Rakit PC Bagi Pemula, Tentukan Ide & Komponennya

rakit pc

Berikut kami sajikan tips bagi Anda para pemula yang ingin rakit PC atau komputer untuk mendukung kebutuhan pekerjaan maupun gaming.

Meski saat ini sudah tersedia laptop dengan kemampuan canggih dan mumpuni untuk kebutuhan editing atau gaming, namun PC tetap jadi idola karena memiliki kemampuan tidak terbatas yang bisa disesuaikan dengan keinginan maupun budget pastinya. Sebelum rakit PC, hal utama yang harus diperhatikan adalah kegunaan dari PC untuk pekerjaan ringan saja, editing, atau gaming. Berikut Jualo berikan ulasannya.

–> 10 Rekomendasi Laptop 3 Jutaan Terbaik di Tahun 2021

Pilih Prosesor/ CPU

rakit pc

Setelah Anda yakin ingin membangun PC sesuai kebutuhan. Langkah berikutnya adalah memilih prosesor/CPU. Saat ini terdapat dua pilihan prosesor untuk pengguna PC, yakni Intel dan AMD. Kedua prosesor tersebut sebenarnya sama bagusnya. Namun, prosesor besutan Intel biasanya memiliki harga lebih mahal dari AMD. Jika Anda punya budget lebih, tak ada salahnya memilih Intel karena memang sudah terbukti performa dan kualitasnya.

RAM

rakit pc

Setelah memilih prosesor, berikutnya Anda wajib memilih RAM. Penggunaan RAM memang disesuaikan dengan prosesor karena kalau salah maka PC tak akan hidup. Anda bisa memilih RAM DDR4 atau DDR3 dengan kapasitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

–> Rekomendasi HP 2 Jutaan Terbaik di Tahun 2021

VGA

Kemudian adalah pemilihan VGA. VGA sebenarnya bersifat wajib atau optional, tergantung penggunaan prosesor. Misal, jika Anda menggunakan prosesor Intel Skylake, bisanya sudah termasuk IGP (Integrated Graphip Processor) sehingga tidak memerlukan VGA. Namun, VGA integrated ini tidak disarankan untuk PC gaming karena kurang maksimal. Kalau Anda mmebutuhkan VGA, di pasaran tersedia VGA dari AMD dan Nvidia yang bisa dijadikan pilihan. Yang patut diingat, Anda tak harus memaksa membeli VGA mahal karena sekali lagi, sesuaikan dengan kebutuhan.

Motherboard

rakit pc

Setelah memilih prosesor, RAM, dan VGA, part lain tinggal menyesuaikan saja. Misal pemilihan Motherboard, sesuaikan saja dengan prosesor yang dipakai. Untuk Anda yang tak masalah dengan budget, bisa memilih Motherboard Asus, Gigabyte, atau MSI.

–> 8 Cara Mengatasi Laptop Lemot Supaya Ngebut Lagi

Part Pendukung

rakit pc

Setelah komponen inti sudah. Kini saatnya menuju part pendukung, seperti Hardisk (HDD). Untuk Hardisk, Anda bisa bebas memilih meski merk yang direkomendasikan biasanya Seaget dan WD. Sedangkan Power Supply Unit (PSU) pastikan jangan membeli yang murah karena perannya cukup vital untuk menyuplai arus listrik. Yang terakhir dalam rakit PC adalah casing dan monitor. Casing merupakan part optional karena berfungsi agar PC terlihat lebih rapi dan ringkas. Sementara untuk monitor, bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan karena di pasaran tersedia monitor dari beragam merk serta ukuran yang bisa Anda sesuaikan.

Nah itulah beberapa langkah dalam rakit PC untuk Anda para pemula. Jika ingin lebih mudah, Jualo siap memfasilitasi Anda dalam mencari komponen PC terbaik lho. Sebagai platform jual beli yang terpercaya, Jualo menyediakan seluruh komponen PC secara lengkap. Caranya pun sangat mudah, tinggal buka website Jualo.com, lalu arahkan ke menu ‘Komputer & Elektronik‘. Soal keamanan pun usah kuatir karena Jualo menerapkan verifikasi ketat terhadap seluruh pelapak sehingga transaksi makin aman dan nyaman.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram