close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Buat Bikers! Simak Tips Aman Riding di Musim Hujan Berikut Ini

Memasuki musim hujan seperti sekarang tentunya berkendara dengan roda dua memiliki resiko besar jika tidak berhati-hati. Untuk itu, simak tips berikut ini agar kita tetap aman riding di tengah cuaca yang kurang bersahabat saat ini.

Berkendara menggunakan sepeda motor saat musim hujan memang jauh lebih berisiko dibanding menggunakan mobil pastinya. Untuk itu, persiapan khusus perlu dilakukan oleh Anda sebagai bikers untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan di jalan. Kondisi jalan yang licin serta jarak pandang berkurang menuntut tingkat kewaspadaan ekstra agar tetap aman selama berkendara. Tak lupa, teknik berkendara dan pengecekan komponen kendaraan juga langkah penting yang disiapkan.

Seperti yang disampaikan Ludhy Kusuma Robby selaku Safety Riding Development Section Head, PT Daya Adicipta Motora (DAM). Beberapa hal yang mesti diperhatikan diantaranya:

–> Penggunaan Masker Picu Jerawat? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

–> Rekomendasi Makanan Hangat yang Cocok Disantap di Musim Hujan

Persiapkan Diri dan Riding Gear

Berkendara di tengah kondisi hujan sangatlah berbeda dibanding kondisi kering. Untuk itu, riding gear yang proper harus disiapkan diantaranya, helm, jas hujan (non ponco), protector. Lalu kondisi motor seperti ban, dan seluruh panel dan instrumen dipastikan bekerja dengan baik.

Teknik Berkendara

Berikutnya teknik berkendara. Sama seperti kondisi kering, namun yang berbeda tingkat kewaspadaan saat hujan harus ekstra waspada, khususnya untuk pengereman. Yang berbeda saat hujan, porsi rem belakang lebih banyak digunakan agar bagian depan tidak tergelincir.

“Kondisi hujan feeling bikers harus kuat. Gunakan rem belakang lebih banyak saat hujan karena ban depan rawan tergelincir. Karena rem depan sifatnya untuk mengatur keseimbangan jika mulai terjadi selip,” jelas Ludhy.

–> 7 Manfaat Penting Sarang Burung Walet untuk Kesehatan Tubuh

Batasi Kecepatan

Saat hujan ada Anda wajib menjaga kecepatan di angka 40-60km/jam saja. Terutama ketika memasuki tikungan. “Kecepatan wajib dibatasi, dan 2-3 meter sebelum masuk tikungan, maksimal kecepatan kalau bisa hanya 40km/jam jangan sampai over. Berbeda cerita jika kita sudah hafal kondisi jalan. Namun tetap lebih baik jangan sampai di atas 40km/jam,” pungkasnya.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram