close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Tips Mencuci & Menjemur Pakaian Agar Tak Bau Apek di Musim Hujan

Teman Jualo sekarang sudah memasuki musim hujan lagi, nih! Di musim hujan, tak sedikit yang mengeluhkan pakaian menjadi apek karena tidak kering maksimal saat dijemur. Usah kuatir, yuk simak artikel berikut untuk mencegah baju apek di musim hujan.

Kala musim hujan tiba, mencuci pakaian wajib mendapat perhatian lebih, khususnya saat menjemur. Hal itu disebabkan pakaian menimbulkan bau tidak sedap jika tidak kering maksimal atau terkena cukup sinar matahari.

Parahnya, bau apek tersebut sulit dihilangkan meski dengan parfum atau pewangi pakaian untuk menyetrika. Tentu saja, kamu tak mau kan baju yang dipakai mengeluarkan aroma tak sedap? Untuk itu, simak tips mencuci dan menjemur pakaian di kala hujan agar bajumu tak bau apek lagi.

Pisahkan Baju Sesuai Ketebalan

Kotoran yang masih menempel pada pakaian merupakan salah satu hal yang menjadi sumber bau. Itu mengapa, saat mencuci, pisahkanlah pakaian tidak hanya berdasarkan warna namun juga ketebalan bahan. Hal ini akan membuat proses pencucian lebih maksimal.

–> Rekomendasi Makanan Hangat yang Cocok Disantap di Musim Hujan

Gunakan Pengering

Pengering yang terdapat pada mesin cuci dapat membantu memeras air pada pakaian hingga kadar minimal. Jangan lupa untuk menggunakannya setelah melakukan proses pencucian. Bila curah hujan sedang tinggi-tingginya, gunakan setting pengering dengan putaran yang cukup lama.

Pada beberapa merek mesin cuci, ada yang dilengkapi pengering lengkap dengan pemanas. Jika kamu memiliki jenis seperti ini, tidak perlu khawatir lagi dengan bau apek, deh! Kamu pun tidak perlu repot-repot menjemur pakaian setelahnya.

–> Penggunaan Masker Picu Jerawat? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Manfaatkan Terik Matahari

Turunnya hujan dapat kamu prediksi dari pergerakan serta perubahan warna awan. Nah, bila di pagi hari awan begitu putih dan langit berwarna cerah, ini lah saatnya untuk mencuci pakaian terutama yang tebal.

Manfaatkan panas matahari sebaik mungkin lalu ketika awan kembali berubah, segera angkat jemuran! Jangan biarkan air hujan jatuh ke atas pakaian yang sudah dicuci, sebab hal tersebut akan membuatnya semakin basah.

Proses pengeringan pun nantinya akan menjadi lebih lama, padahal sebelumnya mereka sudah sedikit kering karena panas matahari. Sayang bukan?

Jemuran Semi Terbuka

Nah, saat hujan mulai turun namun pakaianmu belum kering maksimal, jangan menumpuknya di dalam keranjang! Kondisi baju yang lembap akan membuatnya menjadi bau apek apabila dibiarkan terlalu lama. Itu makanya, segera jemur kembali seluruh cucianmu tersebut.

Tentunya kamu bisa menjemur semua pakaian di area rumah yang sedikit terbuka, namun memiliki penutup bagian atas. Contohnya, garasi, teras rumah, atau gazebo. Angin yang berhembus dan masuk dari celah-celah lebar, membuat pakaian jadi mudah kering. Dijamin, bajumu pun tidak akan berbau.

–> Propolis, Getah Lebah yang Punya Segudang Khasiat Spesial untuk Tubuh

Gunakan Gantungan Baju

Saat menjemur pakaian di dalam rumah, lebih baik gantungkan dengan menggunakan hanger pakaian. Dibandingkan dengan membeberkannya di tali atau tiang palang, lebih banyak baju yang dapat dijemur.

Hal ini pun akan membuat proses pengeringan lebih merata. Tidak sulit bukan, Sahabat 99? Semoga ulasan tips di atas berguna untukmu semua ya!

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tags: , , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram