Selain Dongkrak Tampilan, Ini Lho Fungsi Penting Spoiler Mobil
spoiler mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Spoiler belakang pada mobil kerap kali dianggap sebagai hiasan untuk mendongrak tampilan. Padahal, spoiler mobil memiliki fungsi penting yang perlu Anda ketahui lho

Komponen tambahan pada kendaraan mobil yaitu spoiler kian banyak dicari sebagai ajang pamer gaya. Komponen dengan tampilan bak sayap belakang tersebut dipasang niscaya membuat tampilan mobil lebih sporty. Namun tahukah Anda bahwa fungsi spoiler mobil tidak hanya untuk gaya atau modifikasi biar cantik semata? Penasaran kan? Yuk simak ulasan Jualo dibawah ini!

Fungsi Spoiler Mobil

Sebenarnya, apa itu spoiler mobil? Jadi, spoiler mobil adalah komponen mobil yang berpengaruh untuk aerodinamika yang memilik fungsi untuk meningkatkan downforce atau tekanan ke bawah yang ada pada mobil. Adapun 3 fungsi utama spoiler mobil adalah sebagai berikut :

1. Menambah Downforce

cara kerja spoiler belakang mobil

Apa fungsi spoiler pada mobil? Secara garis besar, fungsi dari spoiler atau elemen sayap ini adalah untuk mengatur aerodinamika kendaraan. Jika Anda awam tentang otomotif, bisa dikatakan bahwa sayap ini akan mengatur alur udara yang berhembus melewati mobil. Umumnya, angin yang menerpa mobil saat melaju dalam kecepatan tinggi akan memberi daya angkat.

Karena itulah tidak sedikit kendaraan yang mengalami kesulitan akselerasi atau bahkan de-akselerasi. Di sinilah spoiler berpengaruh. Angin yang mengangkat bagian pantat mobil akan dipaksa turun dengan adanya spoiler. Tekanan tersebut juga dikenal dengan nama downforce yang berguna untuk mengurangi daya angkat.

Pada umumnya fungsi elemen ini akan terasa pada mobil tipe sedan atau hatchback. Kendaraan seperti mobil memiliki aerodinamis yang sangat dipengaruhi oleh kecepatan laju. Dalam keadaan cepat, fungsi spoiler adalah mempertahankan aerodinamika kendaraan agar roda dan juga kendaraan tetap menempel di jalan.

2. Meningkatkan Pengendalian Mobil

Permasalahan lepas kendali di saat kendaraan melaju kencang kerap terjadi tidak hanya karena pengemudi, namun juga dari mobil itu sendiri. Salah satu yang menjadi akar masalah adalah aerodinamika. Saat daya tekan mobil rendah, maka gaya angkat akan membuat mobil melayang, susah dikendalikan, dan kurang stabil.

Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka mobil bisa saja flip (terbalik) atau bahkan slip (selip). Tentunya hal tersebut sangat berbahaya, apalagi jika Anda sedang berkendara di jalan tol dengan kecepatan tinggi. Di sinilah fungsi spoiler belakang mobil akan menunjukkan peran pentingnya. Spoiler akan meningkatkan efek aerodinamis dan downforce kendaraan.

Penambahan elemen ini sebenarnya sudah cukup umum untuk mobil berjenis hatchback atau sedan. Hal tersebut dilakukan agar pengendalian lebih stabil dan aman. Bahkan, mobil balap nascar atau F1 pun menggunakan fungsi spoiler untuk membuatnya tetap stabil dan menempel pada jalan.

–> REM MOBIL BERDECIT? JANGAN PANIK, BEGINI CARA MENGATASINYA

3. Menunjang Tampilan Sporty

spoiler

Elemen tambahan ini memiliki banyak sekali tampilan dan desain. Tidak hanya itu saja, penempatannya pun berbeda dari setiap jenis model mobil. Jadi, tidak heran jika banyak sekali penggemar otomotif yang memodifikasi kendaraannya. Hal ini juga didukung dengan begitu mudahnya membeli elemen tersebut.

Tidak sedikit pabrikan mobil yang menghadirkan spoiler, namun Anda juga bisa memesan dan memasangnya sendiri. Modifikasi kendaraan ini sudah bukan hal yang asing lagi di kalangan pecinta otomotif. Namun, letak pemasangan dan desainnya ternyata bisa mempengaruhi performa kendaraan. Karena itulah Anda tidak boleh asal memasang.

Pada umumnya, aerodinamika pada kendaraan harus seimbang. Jika Anda hanya berfokus untuk memasang spoiler di belakang, maka downforce hanya akan tertitik di pantat mobil. Anda harus menyeimbangi fungsi spoiler dengan memasang di bagian samping dan juga bagian bumper depan.

Setidaknya itulah hal yang wajib Anda ketahui mengenai komponen sayap pada mobil. Meski kerap digunakan hanya untuk menunjang tampilan, namun ternyata elemen tambahan ini juga sangat berpengaruh pada aerodinamika kendaraan. Karena itulah spoiler akan memberi efek pengendalian dan downforce kendaraan.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles