Rem Mobil Berdecit? Jangan Panik, Begini Cara Mengatasinya
rem mobil berdecit

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Pernahkah Anda mendengar suara rem mobil berdecit ketika sedang mengendarai mobil? Jika pernah, pasti mengganggu kenyamanan berkendara bukan?

Sebenarnya rem mobil berdecit atau yang mengeluarkan bunyi bisa disebabkan beberapa hal. Jangan dulu kuatir karena berikut ini kami berikan penyebab serta solusi jitunya untuk Anda.

7 Penyebab Rem Mobil Berdecit

rem mobil- 2

Saat melakukan pengereman terdapat bunyi yang kurang enak didengar seperti bunyi berdecit, apakah yang menjadi penyebab timbulnya bunyi saat melakukan pengereman tersebut? Nah, ada banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan rem mobil berdecit:

1. Berkendara saat hujan

Penyebab umum rem mobil Anda berdecit disebabkan karena Anda mengerem mobil saat melintasi genangan air atau jalanan yang terkena air hujan. Kondisi ini kadang tidak Anda sadari. Padahal ketika hujan, aspal jalanan menjadi basah sehingga ban luar mobil menjadi licin. Jika Anda mengerem mobil maka akan terjadi gesekan antara aspal dengan ban mobil, dan bagian cakram terkena percikan air hujan. Hal inilah yang membuat rem mobil menjadi berdecit. Jadi Anda tidak perlu khawatir, jika Anda mengalami kondisi tersebut ketika hujan.

2. Bagian rem terkena tetesan oli

Penyebab selanjutnya, karena terjadi kebocoran oli. Kebocoran oli menyebabkan oli merembes ke bagian kanvas rem dan cakram. Sehingga rem mobil akan berdecit ketika Anda mengerem mobil. Selain itu, kebocoran oli juga dapat mengganggu kinerja mesin mobil.

3. Kampas rem kotor

rem mobil- 5

Kampas rem kotor juga menjadi penyebab rem mobil Anda berdecit. Hal tersebut karena banyaknya debu dan kotoran yang menempel pada bagian permukaan dari kampas rem.

4. Kampas rem sudah menipis

Penggunaan mobil dengan jarak tempuh yang jauh, juga akan mengurangi ketebalan kampas rem. Kampas rem mobil yang sudah menipis akan mengganggu proses pengeraman dan menimbulkan bunyi ketika rem mobil diinjak. Karena bagian kampas rem dan cakram bergesekan terlalu keras dan kencang.

5. Kualitas kampas rem mobil kurang berkualitas

Bunyi decit pada rem juga disebabkan oleh penggunaan kampas rem non pabrikan asli (aftermarket atau kw). Kampas rem kw atau aftermarket memiliki standar kualitas yang kurang baik. Sehingga tidak jarang menimbulkan bunyi decit ketika mengerem mobil.

–> BANYAK YANG KELIRU, INI LHO BEDA ARTI RAMBU LARANGAN PARKIR DAN STOP

6. Rusaknya bagian piston rem mobil

Penyebab selanjutnya disebabkan oleh bagian piston rem yang aus atau mengalami kerusakan. Hal tersebut mengganggu kinerja rem sehingga rem mobil akan terasa lebih berat meski pedal rem sudah dilepas.

7. Pedal rem kurang diberi pelumas

rem mobil- 4

Penyebab terakhir rem berdecit dikarenakan pedal rem kurang diberi pelumas. Hal tersebut terjadi karena bagian dalam pedal rem dan bagian kabin bergesekan dengan keras.

Cara Mengatasi Rem Mobil Berdecit

Berikut beberapa cara untuk mengatasi agar rem mobil tidak berdecit lagi :

  1. Jika rem mobil mengeluarkan bunyi decit diakibatkan mobil berkendara saat hujan. Anda cukup membiarkannya saja hingga bunyi decit hilang dengan sendirinya.
  2. Cek bagian drum brake. Pastikan bagian tersebut tidak kotor. Jika kotor bersihkan bagian tersebut dengan cleaner.
  3. Pastikan Anda selalu mengecek bagian brake shoe. Cek bagian tersebut apakah layak digunakan atau tidak. Jika brake shoe mengeras ganti dengan yang baru.
  4. Cek bagian cakram dan tromol. Pastikan bagian tersebut rata. Jika masih tidak rata, maka ganti dengan yang baru.
  5. Ganti kampas rem yang sudah menipis atau sudah tidak layak digunakan dengan kampas rem orisinil. Anda dapat membelinya di dealer Daihatsu terdekat atau bengkel resmi.
  6. Periksa kondisi kapiler apakah masih berfungsi dengan baik.
  7. Selalu bersihkan bagian kanvas rem dan cakram.
  8. Beri pelumas pada bagian pedal rem. Cek secara rutin agar proses pemberian pelumas tidak telat.
  9. Ganti brake fluid atau pelumas rem secara rutin.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles