6 Tips Membuat Kualitas Udara di Rumah Sejuk Alami Tanpa Pendingin Ruangan

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Ingin memperbaiki kualitas udara di rumah agar terasa lebih adem dan segar tanpa pendingin ruangan? Bisa aja, kok! Coba aplikasikan tips berikut ini untuk membuat udara di rumah sejuk tanpa AC.

Suasana rumah yang sejuk dan segar tentu bisa membuat nyaman penghuninya, apalagi ketika suhu di luar rumah sedang cukup panas. Saat musim kemarau, cuaca akan terasa lebih panas dan banyak orang justru memilih memasang pendingin ruangan atau air conditioner (AC).

Akan tetapi, risiko selanjutnya adalah pemakaian listrik akan lebih melonjak dari sebelumnya dan pengeluaran bulanan pun membengkak. Meskipun banyak produk AC dengan watt rendah yang banyak beredar di toko elektronik, namun tetap saja cukup merepotkan.

Jika ada cara untuk mengurangi pemakaian listrik serta menghemat anggaran sehari-hari yang dikeluarkan untuk biaya operasional AC, mengapa tidak? Ingin tahu tips membuat rumah sejuk dan segar secara alami tanpa bantuan mesin pendingin ruangan? Yuk simak beberapa tips berikut ini.

–> Tips Mencuci & Menjemur Pakaian Agar Tak Bau Apek di Musim Hujan

Tutup Jendela dengan Tirai

Hawa panas di dalam rumah salah satunya berasal dari cahaya matahari yang masuk menembus jendela Anda. Memanfaatkan tirai atau gorden bisa mengurangi temperatur hingga menjadi 20 derajat. Dengan kata lain, menutup tirai bisa mencegah rumah Anda dari hawa panas.

Untuk itu, pilihlah tirai yang terbuat dari bahan tipis agar aliran udara dari luar ke dalam akan tetap lancar. Selain dapat menyerap panas dari cahaya matahari yang masuk menembus jendela, di sisi lain pemasangan tirai juga dapat mempercantik ruangan rumah Anda.

Tips rumah sejuk yang pertama ini mudah, kan?

Rutin Membuka Pintu agar Kualitas Udara Terjaga

Tips berikutnya untuk membuat rumah sejuk dan segar secara alami yaitu Anda perlu memperhatikan bukaan pintu rumah. Menutup pintu ruangan kamar akan mencegah udara sejuk memasuki area-area ruangan kamar, terutama di saat cuaca panas siang hari.

Jika ingin merasakan udara sejuk, biarkanlah udara ini mengalir secara alami di rumah Anda dengan membuka pintu-pintu ruangan kamar. Maka dengan begitu, sirkulasi udara akan menjadi lancar dan suhu didalam rumah pun pastinya akan menjadi sejuk.

–> Rekomendasi Makanan Hangat yang Cocok Disantap di Musim Hujan

Coba Gunakan Exhaust Fan

Tips rumah sejuk untuk area dapur dan kamar mandi yaitu dengan cara memasang exhaust fan. Alat ini berfungsi untuk menghisap udara di dalam ruang untuk dibuang ke luar dan pada saat bersamaan menarik udara segar di luar ke dalam ruangan.

Selain itu, exhaust fan juga dapat mengatur volume udara yang akan disirkulasikan ke dalam ruangan. Pasalnya, setiap ruangan butuh sirkulasi udara berbeda-beda supaya udara tetap sejuk.

Biarkan Udara Malam Masuk

Selama musim panas, suhu bisa turun cukup drastis pada malam hari. Jika ini terjadi di tempat tinggal Anda, manfaatkan waktu ini dengan membuka jendela sebelum Anda pergi tidur.

Namun, pastikan untuk menutup jendela dan juga tirainya sebelum terlalu panas di pagi dan siang hari. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa sirkulasi udara adalah faktor penting agar cuaca tetap sejuk tanpa menggunakan AC.

Ganti Model Seprai dan Sarung Bantal

Tips berikutnya agar rumah sejuk dan segar tanpa penghawa dingin adalah dengan mengganti seprai dan sarung bantal Anda. Seprai dan sarung bantal ada yang terbuat dari material-material yang tak ramah suhu sehingga malah memperburuk suasana.

Anda bisa coba mempertimbangkan material seprai dan sarung bantal yang terbuat dari flanel, selimut bulu, atau material kapas. Flanel dan selimut bulu baik digunakan untuk mengisolasi panas agar tak masuk ke bagian dalam ketika digunakan.

Sedangkan material kapas membuat kain bisa bernapas dengan lebih leluasa sehingga permukaannya tetap dingin.

–> Penggunaan Masker Picu Jerawat? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tanam Pohon untuk Memperbaiki Kualitas Udara

Tips membuat rumah sejuk yang terakhir ini juga sangat efektif, namun hasilnya baru akan terasa dalam jangka panjang. Caranya yaitu dengan menanam pohon. Menanam pohon di halaman atau tanaman merambat di depan jendela yang menghadap cahaya akan melindungi rumah dari sinar matahari.

Cara ini efektif mengurangi suhu panas di rumah Anda dalam jangka panjang. Jadi, selain menciptakan suasana sejuk, tanaman tersebut juga bisa mempercantik rumah Anda.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles