close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Penggunaan Masker Picu Jerawat? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Semenjak pandemi COVID-19, masker merupakan hal yang wajib dipakai saat hendak beraktivitas di luar rumah. Namun, bagi sebagian orang, sering menggunakan masker, justru menimbulkan masalah pada kulit wajah berupa jerawat, yang dikenal dengan sebutan maskne.

Maskne atau mask acne merupakan jerawat yang terbentuk di area yang tertutup oleh masker, seperti dagu, hidung, atau pipi bagian bawah. Sama seperti jerawat pada umumnya, maskne dapat mengganggu penampilan dan bisa meninggalkan bekas jerawat yang menjengkelkan pastinya.

Ada beberapa penyebab penggunaan masker bisa menimbulkan jerawat. Berikut ini kami jelaskan penyebab munculnya jerawat akibat penggunaan masker:

–> Yuk Kenali Berbagai Macam Esensial Oil Serta Manfaatnya

Membuat Kulit Lembab

Masker yang digunakan dalam jangka waktu lama akan menimbulkan perubahan temperatur dan kelembaban di sekitar wajah yang tertutup masker. Kondisi lembab inilah yang menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat.

Tekanan dan Gesekan

Tekanan dan gesekan masker pada wajah dapat membuat sistem barrier kulit terganggu dan merangsang tumbuhnya jerawat.

Kulit Kering

Meskipun masker kain saat ini populer dan sering dipakai masyarakat, nyatanta masker jenis ini yang banyak menimbulkan masalah jerawat. Meski bertekstur lembut, masker kain dapat menyebabkan kulit kering. Kondisi ini yang akhirnya memaksa tubuh untuk menghasilkan minyak lebih untuk melumasi kulit yang punya kadar air sedikit. Hasilnya, muncul komedo yang jadi cikal bakal dari jerawat.

–> 5 Pilihan Sunblock yang Cocok untuk Lindungi Kulit Pria

Terdapat Sisa Detergen

Sisa detergen yang dipakai mencuci masker kain bisa menjadi salah satu penyebab pori-pori kulit tersumbat dan menyebabkan iritasi sehingga timbul jerawat.

Nah, itulah beberapa alasan wajah mudah timbul jerawat saat mengenakan masker. Akan tetapi usah khawatir, karena semua itu bisa dicegah dan diatasi lho dengan beberapa cara sebagai berikut:

Cuci Wajah Sebelum dan Setelah Memakai Masker

Bersihkan wajah sebelum dan setelah menggunakan masker secara teratur untuk menghapus minyak berlebih dan kulit mati penyebab pori-pori tersumbat. Selain itu, dianjurkan pula cuci wajah sebelum tidur

Tak Perlu Makeup

Bahan-bahan makeup diketahui bisa mengiritasi kulit dan menyumbat pori-pori pada bagian kulit yang tertutup masker. Apabila tetap menggunakan makeup, pilih yang memiliki formula ringan dan jangan terlalu tebal.

–> Motif Tie Dye, Tren Kaum Hippies yang Mudah Kamu Buat Di Rumah Lho

Pilih Masker Kain yang Tepat

Masker kain yang terbuat dari katun bisa jadi pilihan untuk mencegah iritasi kulit. Pembuatan masker kain dari bahan katun diketahui pula tidak menyebabkan kesulitan bernafas.

Pastikan Masker Kain Dicuci Bersih

Sisa detergen yang terdapat pada masker diketahui bisa menyebabkan pori-pori kulit tesumbat dan iritasi. Untuk itu pastikan cuci masker sampai bersih setelah digunakan.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram