Yuk Kenali Berbagai Macam Esensial Oil Serta Manfaatnya

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Selain bermanfaat untuk relaksasi dan menenangkan pikiran, minyak esensial juga bisa jadi obat penawar penyakit, lho! Lantas, apa saja manfaat minyak esensial untuk kesehatan? Yuk, cari tahu lewat ulasan berikut ini!

Minyak esensial atau minyak atsiri adalah ekstrak minyak harum yang didapat dari hasil penyulingan tanaman, bunga, akar, kayu, atau biji buah. Yang membuat minyak ini spesial karena umumnya tidak mengandung asal lemak. Komponennya benar-benar murni dari ekstrak tanaman yang jadi sumber olahannya.

Untuk penggunaannya, minyak esensial dapat dioleskan langsung ke kulit atau dihirup aromanya. Namun sebelum dioleskan ke kulit, encerkan dulu dengan minyak pembawa seperti minyak zaitun atau minyak kelapa yang sudah dilelehkan. Saat ini di pasaran terdapat berbagai macam esensial oil termasuk manfaatnya.

–> Kenali Desain Rustic, Arsitektur Cantik dengan Sentuhan Alam

Peppermint

Kalau Anda sedang mual, diare, atau kram perut, ada baiknya Anda coba oleskan perut dengan minyak esensial peppermint. Pasalnya, minyak esensial peppermint mengandung senyawa yang bisa menenangkan otot-otot pencernaan dan membantu mengeluarkan gas penyebab sakit perut.

Selain itu, minyak esensial peppermint juga dapat meningkatkan energi dan stamina tubuh. Menurut sebuah penelitian aroma minyak esensial peppermint juga mampu menurunkan kadar hormon stres kortisol.

Lemon

Para ahli asal Jepang menemukan bahwa aroma minyak esensial lemon dapat membantu mengendalikan gejala depresi. Bahkan, penggunaan minyak esensial lemon dapat mengurangi pemakaian obat antidepresan pada penderita depresi.

Selain itu, manfaat minyak esensial lemon juga dapat mengeluarkan racun dalam tubuh dan membantu mengatasi jerawat. Karena aroma yang dihasilkan dapat menaikkan suasana hati, minyak yang satu ini juga baik untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi Anda.

–> Motif Tie Dye, Tren Kaum Hippies yang Mudah Kamu Buat Di Rumah Lho

Lavender

adalah salah satu minyak paling serbaguna. Bagaimana tidak, minyak esensial lavender dapat memberikan efek menenangkan dengan mengurangi kadar hormon stres kortisol dalam darah.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa aroma lavender dapat meningkatkan gelombang alfa di otak yang terkait dengan relaksasi dan tidur nyenyak.

Tidak hanya itu, manfaat minyak esensial lavender juga dapat meringankan gejala PMS dengan mengoleskannya di bagian perut sembari terus dipijat lembut.

Jeruk Bali

Bagi Anda yang sering tak mampu menahan rasa lapar, cobalah untuk menghirup aroma minyak esensial jeruk bali merah. Sebuah penelitian kecil yang diterbitkan dalam jurnal Neuroscience Letters menemukan bahwa menghirup aroma minyak esensial jeruk bali dapat menghambat saraf lambung yang memicu rasa lapar.

Minyak Kayu Putih

Sudah melakukan berbagai cara namun pilek dan flu masih saja datang? Coba hirup aroma minyak esensial kayu putih (eukaliptus) secara rutin.

Ya, manfaat minyak esensial eukaliptus dapat membantu menyembuhkan hidung tersumbat dan rasa sesak akibat alergi. Eukaliptus mengandung sifat antibakteri yang dapat merilekskan otot-otot hidung. Campurkan beberapa tetes minyak esensial esensial eukaliptus ke dalam air hangat dan hirup aroma segarnya.

–> Bingung Punya Rumah di Lahan Sempit? Simak Solusinya Berikut Ini

Minyak Pohon Teh

atau tea tree oil adalah salah satu minyak esensial yang banyak dipilih untuk melawan infeksi kulit berkat sifat antibakteri, antiseptik, dan antijamurnya. Mengoleskan minyak pohon teh dapat mengatasi infeksi kulit dan ruam.

Bagi Anda yang memiliki masalah ketombe, minyak esensial pohon teh juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Oleskan beberapa tetes minyak esensial pohon teh di kepala secara langsung atau campurkan dengan shampoo sebelum digunakan untuk keramas.

Chamomile

memang lebih umum digunakan sebagai seduhan teh yang menyegarkan. Tapi jangan salah, chamomile juga bisa digunakan sebagai minyak esensial, lho!

Manfaat minyak chamomile adalah untuk membantu merilekskan tubuh dan pikiran dari stres yang tak berkesudahan. Kalau Anda terbiasa untuk minum teh chamomile sebelum tidur, maka kini Anda bisa mencoba meneteskan minyak esensial chamomile pada bantal untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

Bila dicampurkan dengan lavender, manfaat minyak esensial ini dapat memberikan perlindungan ganda untuk mengatasi stres dan kecemasan. Nah teman Jualo itulah berbagai jenis esensial oil berikut manfaatnya. Sekarang kamu tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan serta aroma favoritmu.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles