Bingung Punya Rumah di Lahan Sempit? Simak Solusinya Berikut Ini

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Dari tahun ke tahun, harga tanah serta properti terus meningkat. Bagi yang memilih untuk tinggal di perkotaan, kerap kali harus merasa puas dengan lahan terbatas ataupun sempit. Namun, tak perlu bingung karena kami akan beri solusi jitu seperti berikut.

Inilah yang memelopori kalimat, semakin sempit lahan, maka akan semakin tinggi pula bangunan yang akan dibangun. Bisa dibilang, ini pula yang menginspirasi terciptanya komplek apartemen hingga bangunan high rise yang kian semarak di perkotaan.

Pertimbangan terhadap lingkungan sekitar serta perbandingan volume rumah terhadap luas lahan menciptakan beragam ide dalam mendesain rumah dua lantai sebagai hunian. Nah, membangun rumah 2 lantai saat ini memang jadi solusi paling jitu untuk memaksimalkan lahan yang sempit. Berikut ini kami coba memberikan solusi untuk kamu yang sedang bingung membangun rumah impian di lahan terbatas.

–> Motif Tie Dye, Tren Kaum Hippies yang Mudah Kamu Buat Di Rumah Lho

–> 5 Pilihan Sunblock yang Cocok untuk Lindungi Kulit Pria

Buat bangunan 2 lantai

Di lahan yang sempit, salah satu cara tepat memiliki hunian idaman dengan membangun rumah menjulang ke atas. Tidak perlu terlalu tinggi, cukup 2 lantai saja sudah cukup untuk jadi hunian nyaman bagi keluarga kamu.

Adaptasi bentuk unik

Cara membuat rumah 2 lantai terlihat lebih jenjang atau tinggi adalah dengan mengombinasikan bentuk meruncing ke atas pada bangunan rumah. Dengan demikian, ukuran lahan yang compact tetap menonjolkan kesan luas. Selain itu, bagian meruncing tadi dapat disulap menjadi ruang ekstra bagi interior rumah nantinya.

Atap bentuk segitiga

Dengan massa bangunan yang tinggi secara vertikal, luasan ruang yang minim dapat dimanfaatkan menjadi ruang luas dengan tinggi ruang yang lebih tinggi dari standar tinggi rumah biasanya. Contohnya saja membangun rumah berfasad unik dengan ujung atap bentuk segitiga dengan tinggi mencapai 5,25 meter.

Optimalisasi Lantai 2

Tiap meter bahkan sentimeter lahan terasa sangat berharga saat memiliki luas tanah yang sempit. Anda bisa mengoptimalisasi perancangan lantai dua dengan membangunnya menjorok ke depan dibandingkan lantai satu. Selain menaungi area parkir yang ada di depan rumah, ini bisa menjadi area semi outdoor. Ruang bisa digunakan pemilik rumah untuk bersantai atau menambahkan tanaman hijau yang menyegarkan suasana di rumah.

–> Rekomendasi Mesin Fogging Disinfektan yang Cocok Buat Di Rumah

Miliki Tanaman Hijau

Lahan yang sempit bukan berarti Anda perlu mengorbankan keinginan untuk memiliki pohon ataupun unsur hijau di rumah. Contohnya saja dengan menyisihkan 80-100 sentimeter di samping area parkir mobil di depan rumah untuk taman. Dengan demikian, rumah yang hanya memiliki lebar seluas 4 meter pun tetap bisa menampilkan tampak yang segar berkat unsur hijau dari taman tersebut.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles