close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Tips Menjaga Motor Tetap Prima Meski Lama Menganggur

Meski jarang dipakai, motor perlu perhatian khusus lho. Nah simak tips berikut ini untuk menjaga motor kamu tetap prima meski lama menganggur atau tidak dipakai.

Motor merupakan benda bergerak yang wajib mendapat perawatan berkala, meskipun jarang dipakai. Selama ini, Anda mungkin kerap melupakan hal yang satu ini, padahal dengan memberi perhatian lebih terhadap motor kesayangan, berdampak cukup besar dalam menjaga kualitas tetap terjaga.

Menurut Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), performa terbaik sepeda motor tak hanya didapat dengan perawatan rutin di bengkel resmi sesuai jadwal yang ditentukan, tetapi juga perawatan yang dilakukan sendiri.

–> AHM Perkenalkan Dua Varian Anyar Honda CBR250RR

–> BMW Motorrad Luncurkan Edisi Khusus 40 Tahun GS Adventure

Motor Lama Menganggur Bisa Berpengaruh Pada Kinerja Mesin

“Termasuk saat lama tak terpakai di rumah, beberapa hal perlu diperhatikan pemilik. Karena kadang terdapat komponen atau bagian sepeda motor yang butuh diperhatikan saat diam dalam jangka waktu cukup lama, yang dikhawatirkan mempengaruhi kinerja,” ucap Endro.

Berikut ini beberapa hal yang wajib diperhatikan untuk menjaga kondisi motor dalam kondisi diam dalam jangka waktu lama:

  1. Jika memang sudah ada rencana tidak akan digunakan dalam jangka waktu cukup lama, alangkah baiknya sepeda motor dicuci terlebih dahulu. ”Karena ada beberapa pengendara motor yang harus melewati daerah becek, berbau, kotor, dan berlumpur. Salah satu dari hal tersebut yang mengakibatkan percepatan timbulnya karat dan risiko lain, disinggahi binatang misalnya, atau berpotensi merusak komponen,” jelas Endro.
  2. Beri pelumas bagian bagian yang cenderung/ berpotensi menimbulkan karat. Misalnya rantai roda, atau bagian-bagian yang bergesek lainnya.
  3. Untuk sepeda motor tipe matik, sebaiknya diparkir menggunakan standar tengah supaya mudah untuk kita melakukan pemanasan mesin.
  4. Lakukan pemanasan mesin secukupnya, kira-kira sampai suhu kerja mesin antara 80-100 derajat celcius, dilakukan setiap hari akan lebih baik. Untuk mencapai suhu tersebut, panaskan kira-kira 3-4 menit. ”Tujuan pemanasan mesin supaya sirkulasi oli mesin tetap lancar dan untuk pengisian baterai. Disarankan tidak dilakukan di ruang tertutup,” terang Endro.
  5. Khusus tipe motor matik, perhatikan bagian bagian dalam cover plastik motor, terutama bagian bawah. Dikhawatirkan jika sepeda motor lama tidak digunakan, ruang/ rongga ini bisa menjadi tempat singgah binatang (tikus/ular). Lakukan pengecekan ini saat memanasi mesin.

–> Mitsubishi Fuso Luncurkan Truk Tanggap Bencana Canter Athena

Dengan melakukan hal-hal yang disebutkan tadi, motor yang lama tidak terpakai diharapkan tetap terjaga kondisinya. Sehingga ketika digunakan kembali kenyamanan dan performa tetap optimal.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tags: , , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram