close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Cat Mobil atau Sticker Wrap, Pilih Mana?

cat mobil header

Manakah yang lebih baik, mengganti cat mobil atau dilapis sticker saja? Jangan bingung, berikut Jualo berikan ulasan lengkapnya.

Cat merupakan hal terpenting pada sisi eksterior mobil. Jika warna cat mobil kesayangan kusam, otomatis pandangan menjadi kurang enak bukan? Ditambah Anda merasa sudah bosan dengan warna yang sudah ada. Untuk mengatasai masalah tersebut, ada dua opsi yang bisa dipilih. Yakni mengganti cat mobil atau hanya melapisinya dengan sticker wrap.

Sedangkan secara daya tahan dan perlindungan, cat mobil bisa jadi pilihan namun harga yang harus dikeluarkan tidak murah.  Namun, jika Anda memilih sticker, Anda tidak akan mengeluarkan biaya sebesar mengecat.

–> Lampu Mobil Anda Berembun? Atasi dengan Cara Ini

Kemudian, pemasangan sticker tidak terlalu merepotkan karena hampir seluruh cutting sticker bisa melakukan pemasangan sticker. Serta yang paling penting jika sticker rusak, kita bisa menggantinya dengan warna yang lebih variatif.  Buat lebih jelasnya, berikut keunggulan dan kukurangan cat mobil dan sticker wrap.

Kelebihan dan Kekurangan Cat Mobil

1. Cat Mobil Lebih Rentan Terkena Goresan

Memang tidak dapat dipungkiri, memiliki kendaraan pastinya harus bersiap jika suatu saat terkena gesekan atau goresan dengan pengendara lain. Baik itu mobil maupun motor. Pengendara yang terburu-buru bahkan kendaraan kita hanya terparkir pun bisa saja mengalami goresan akibat pengendara lain yang lalai di jalanan.

Dengan demikian, memang resiko rusaknya cat akan lebih sering terjadi. So, ketika mobil Anda tergores dan ingin memperbaiki cat yang rusak, Anda tidak bisa memperbaiki sebagian.

2. Harga Lebih Mahal

Harga yang harus dikeluarkan untuk mengecat keseluruhan body memang lebih mahal dibandingkan sticker. Untuk full body, biasanya menghabiskan biaya hingga 15-25 juta. Belum lagi Anda wajib memilih bengkel cat terbaik agar hasilnya bisa memuaskan.

proses cat mobil

3. Mengecat Mobil Butuh Ketenangan dan Waktu Lama

Mengecat tembok sih terlihat sangat mudah diaplikasikan, namun berbeda dengan cat mobil yang butuh ketenangan dan ketelitian luar biasa dalam menggunakannya. Mengecat mobil butuh keahlian khusus dan tidak bisa dikerjakan sendiri kecuali memang Anda sudah mahir dalam mengecat mobil.

Sedikit saja tidak rata dalam pengaplikasiannya, maka akan terlihat belang dan tidak rata. Cat mobil idealnya harus diaplikasikan oleh ahli yang berpengalaman. Karena jika tidak, akan terlihat belang dan malah memperburuk tampilan mobil Anda.

4. Mudah Dalam Perawatan & Awet

Selain itu, cat akan lebih mudah dibersihkan oleh shampoo yang mengandung anti korosi. Bahkan cat bisa dirawat menggunakan shampoo touchless serta lebih awet untuk jangka panjang. Berbeda dengan stiker yang harus hati-hati dalam pemilihan shampoo mobil. Karena jika tidak, stiker bisa rusak dan malah mengelupas.

–> Awas Ketipu! Begini Cara Bedakan Sparepart Mobil Asli atau Palsu

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Stiker Mobil

1. Bisa Melindungi Cat Asli dan Bisa Dirubah Kapan Saja

Menggunakan stiker mobil memang sangat unik dan juga lucu. Karena di Indonesia sendiri, untuk stiker mobil masih banyak yang belum tahu dan sedikit yang menggunakannya. Sehingga ketika Anda menggunakan stiker pada mobil, maka mobil pun akan terlihat unik dan selain itu juga stiker mobil bisa melindungi cat asli mobil.

Bahkan jika terjadi gesekan pun, biasanya yang akan rusak adalah stiker mobilnya. Sedangkan cat asli mobil masih terjaga dengan baik. Jadi, jika sewaktu-waktu mobil Anda akan dijual, Anda tak perlu melakukan repair pada cat kendaraan Anda.

cat mobil vs sticker

2. Aplikasi Lebih Mudah Bahkan oleh Anda Sekalipun

Memasang stiker mobil tidak serumit yang Anda bayangkan. Cukup bersihkan permukaan menggunakan lap bersih. Kemudian stiker bisa dipasang dan mobil bisa langsung digunakan. Namun berbeda jika Anda memasang stiker mobil secara keseluruhan ya. Karena jika keseluruhan body harus dilakukan oleh ahlinya karena ada bagian sulit yang harus dipanaskan agar stiker menempel secara sempurna.

3. Harga

Menggunakan stiker mobil bisa disesuaikan dengan keuangan Anda. Jika Anda memiliki rezeki lebih, Anda bisa menggunakan stiker mobil keseluruhan untuk menjaga cat dari goresan.

Sedangkan jika Anda ingin menambah variasi saja, Anda bisa cutting stiker mobil sesuai dengan kebutuhan dan desain yang Anda mau. Budget yang harus Anda siapkan untuk melakukan sticker wrap di kisaran 3 hingga 5 jutaan. Namun hal tersebut tergantung pula pada jenis sticker yang digunakan. Semakin bagus bahan yang digunakan maka harga kian mahal

4. Memiliki Warna yang Lebih Bervariatif

Berbeda dengan cat yang harus disamakan dengan warna di stnk dan terbatas. Menggunakan stiker mobil ibarat Anda sedang memilih warna cat rumah. Bisa Anda pilih bebas sesuka hati Anda.

Selain itu, menggunakan stiker membuat mobil lebih berwarna dan lebih indah dilihatnya. Tidak percaya? Silahkan lihat sendiri contoh mobil mewah yang sudah didesain menggunakan stiker mobil disini.

cat mobil vs sticker 2

5. Stiker Mobil Dapat Diganti Dan Dilepas Kapanpun Anda Mau

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan stiker mobil, artinya Anda bisa melepasnya kapanpun Anda mau dan Anda butuhkan. Anda bisa lepas stiker dengan pelan-pelan dan di teriknya matahari sehingga melepasnya pun tidak sulit.

–> Top 10 Mobil MPV Terbaik di Indonesia 2021

6. Menggunakan Stiker Bisa Mengakibatkan Rusaknya Cat

Diantara berbagai kelebihan menggunakan stiker mobil, ternyata ada kekurangan ketika Anda memutuskan untuk menggunakan stiker ini. Yakni jika Anda tidak teliti ketika mengelupas stiker, maka yang terjadi biasanya cat akan terbawa dan tertarik oleh elemen stiker yang Anda lepas. Sehingga cat akan terkelupas dan tampilan mobil pun tidak seindah sebelumnya.

Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan stiker, ada baiknya Anda harus membudgetkan lagi jika sewaktu-waktu cat pada mobil Anda terkelupas ketika Anda melepas stiker untuk Anda cat ulang kembali.

Kesimpulan

Mengecat ulang atau menggunakan sticker tentu punya keunggulan dan kekurangan. Pemilihan kembali lagi kepada keinginan dan budget tentunya. Jika ingin warna yang lebih bagus dan tahan lama, Anda bisa memilih cat. Namun, jika menginginkan yang lebih murah dan cepat, sticker jadi pilihan tepat.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram