Lampu Mobil Anda Berembun? Atasi dengan Cara Ini
lampu mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Selain membuat tampilan jadi tak menarik, lampu mobil yang berembun juga akan mengurangi cahaya yang dipancarkan dari lampu mobil. Bahkan kebanyakan orang sulit untuk membersihkannya.

Lampu mobil adalah bagian penting dalam menjamin visibilitas saat berkendara. Salah satu masalah yang paling sering ditemukan pada lampu mobil adalah munculnya embun. Lampu mobil yang berembun, selain membuat tampilannya jadi kurang menarik juga akan mengurangi terang yang dipancarkan dari mobil. Bahkan, sulit bagi banyak orang untuk membersihkan embun yang berada di dalamnya.

–> Awas Ketipu! Begini Cara Bedakan Sparepart Mobil Asli atau Palsu

Penyebab Lampu Berembun

Nissan Lovers, munculnya proses pengembunan ini sering terjadi akibat tidak rapatnya sil atau mika dalam kaca. Akibatnya, bagian tersebut dimasuki udara dari luar. Udara yang terperangkap akan mengalami perbedaan suhu dengan bagian luar lampu. Perbedaan suhu inilah yang kemudian menimbulkan embun menempel di kaca lampu.

Terbukanya sil atau mika kaca biasanya disebabkan karena kebiasaan pemilik untuk memarkirkan mobilnya di luar ruangan dan terkena sinar matahari langsung. Panas matahari akan membuat sil atau mika kaca kaku sehingga menimbulkan getas dan retak. Terbukanya sil juga bisa jadi disebabkan oleh usia mobil yang terlampau lama.

–> Berikut Tips Membeli Velg Bekas yang Aman untuk Mobil Anda

Bahaya Embun Pada Lampu Mobil

Bila menemukan lampu mobil yang berembun, sebaiknya segera dilakukan tindakan. Lampu mobil berembun akan membuat warna lampu kusam. Kekusaman ini diakibatkan oleh jamur yang tumbuh subur di tempat lembap. Semakin kusam lampu, maka semakin buruk penerangannya.

Selain itu, embun juga berpotensi membuat bohlam pecah. Ketika bohlam menyala, tak hanya cahaya yang dihasilkan tetapi juga panas. Bila air embun menyentuh bohlam, terjadi perbedaan suhu yang berpotensi besar memecah kaca bohlam. Hal ini belum termasuk dengan potensi korsleting listrik yang bisa saja terjadi ketika air menyentuh kabel lampu sehingga terjadi kebakaran.

–> Tips Simpel Merawat Interior Mobil untuk Tingkatkan Harga Jual

Cara Mengatasi Embun Pada Lampu Mobil

Untuk membersihkan embun dari rumah lampu sebenarnya cukup mudah. Berhentilah di tempat yang tidak terkena hujan. Kemudian, nyalakan lampu seperti biasa dalam beberapa menit. Panas dari lampu akan membuat embun menghilang dengan sendirinya. Namun, cara ini juga tergantung pada pori-pori lampu utama. Bila embun jadi genangan air, maka tidak ada cara lain selain membuka mika lampu.

Pertama, periksa bagian belakang rumah lampu. Lihat bagian lubang udara apakah tersumbat atau tidak. Ketika tersumbat, maka bersihkan agar kotoran tidak menempel. Keluarkan embun dengan melepas mika lampu searah jarum jam. Ketika terlepas, nyalakanlah lampu mobil selama beberapa menit hingga embun hilang. Ketika sudah kering, maka pasang kembali mika lampu seperti semula.

Menghilangkan embun pada rumah lampu mobil akan membuat tampilan mobil semakin bersih dan tetap tampil trendi.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles