Jangan Tunggu Botak! Ketahui Ciri Ban Motor yang Harus Diganti
ban motor

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Sebagai rider, kalian wajib mengetahui kapan waktunya mengganti ban motor, karena jika tidak maka sangat berbahaya efeknya

Ban merupakan komponen sepeda motor yang sangat penting karena bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Oleh karenanya, ban motor perlu diperiksa dengan teliti karena menyangkut keselamatan dan kenyamanan berkendara. Lantas apa saja tanda-tanda ban sepeda motor harus segera diganti? Untuk lebih jelas simak penjelasan di bawah ini.

1. Goyang Saat Berbelok

ban motor-5

Idealnya ban diganti 10 atau 12 bulan sekali, tergantung pemakaian

Ciri ban yang ideal adalah bisa nyaman digunakan dalam berkendara di jalanan yang mulus. Selain shockbreaker, ban juga membantu meredam benturan di jalanan yang tidak merata. Jika ban motor terasa hoyang atau oleng saat menikung di jalan beraspal yang rata, berarti ban motor Anda sudah tidak prosional untuk digunakan. Jika tekanan masih cukup, berarti memang ban motornya yang bermasalah.

2. Terlalu Membal

Ban yang membal ukan berarti berkualitas baik. Ban yang bagus adalah yang kinerjanya bisa sejalan dengan shockbraker terutama di jalanan yang tidak merata. Jika ban terlalu membal saat menghadapoi benturan, maka tekstur ban sudah terlalu keras sehingga tidak elastis lagi saat mengenai permukaan yang tidak merata.

3. Ada Benjolan di Permukaan Ban

ban motor-3

Benjolan biasanya timbul di sisi kanan atau kiri ban

Ban yang sudah terlalu lama digunakan, mungkin masih terlihat bagus. Meski demikian, benturan keras bisa membuat permukaan ban motor menjadi bergelombang alias benjol. Benjolan ini tidak terlihat besar dan bulat. Namun jika permukaan ban tidak merata, bisa berakibat fatal terutama jika melaju kencang dan menikung. Lebih baik ganti ban sebelum terlambat.

4. Alur Kembang Menipis

ban motor-4

Ban yang sudah botak sangat berbahaya karena tidak lagi memiliki grip

Ban memiliki alur garis yang bertujuan untuk memecah genangan air saat melintas. Hal tersebut membuat Anda dan sepeda motor tidak tergelincir. Namun, perhatikan lagi ban motor Anda. Jika alur ban sudah tidak terlihat, berarti ban motor Anda sudah terlalu lama digunakan. Maka, sebaiknya diganti.

–> Knalpot Motor Karatan? Berikut Tips Jitu Mengatasinya

5. Sejajar Dengan Tread Wear Indicators (TWI)

ban motor-2

Perhatikan TWI di salah satu sisi ban

Tread Wear Indicators (TWI) adalah penanda yang ada di sisi permukaan ban. Bentuk TWI bertanda segitiga sebagai penanda batas keausan ban. Semakin dekat ujung pemukaan ban dengan ujung segitiga TWI adalah tanda bahwa ban sudah mulai tipis. Sebaiknya segera diganti.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles