close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

8 Cara Mengatasi Laptop Lemot Supaya Ngebut Lagi

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cara mengatasi laptop lemot bisa dilakukan dengan beberapa cara mudah asal diketahui penyebab utamanya. Kira-kira apa saja yang membuat kinerja laptop atau PC menurun?

Seperti barang elektronik lainnya, laptop atau PC tentu tidak lepas dari berbagai permasalahan. Salah satu yang sering terjadi gejala lemot setelah sekian lama digunakan. Bahkan beberapa di antaranya mungkin juga pernah mengalami laptop lemot meski belum lama membelinya. Lalu bagaimana cara mengatasi laptop lemot?

Ada banyak faktor tentunya yang membuat kinerja laptop atau PC menurun. Diantaranya, hard disk penuh, kapasitas RAM terlalu kecil, usia hard disk, terserang virus, atau terlalu banyak software yang sebenarnya tidak diperlukan. Nah, kali ini Jualo akan mengulas penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya sehingga Anda bisa praktikkan.

–> 4 Tips Membuat Contoh CV Menarik dan Disukai HRD di Tahun 2021

1. Ganti Hard Disk HDD ke SSD

Cara Mengatasi Laptop Lemot - SSD Memory card

Upgrade SSD Card sebagai pengganti Harddisk

Jika ternyata permasalahan datang dari harddisk (HDD), langkah awal yang bisa dilakukan dengan melakukan proses defrag untuk menyegarkan kembali performanya. Kalau ternyata masih kurang ampuh, kamu bisa mengganti ke HDD terbaru atau menggunakan Solid State Drive (SSD).

Perbedaan HDD dan SSD selain pada performanya, tentu akan membuat proses booting menjadi lebih cepat dan responsif. Sangat disarankan untuk menggunakan SSD hanya untuk memuat sistem operasi saja, karena ukurannya yang saat ini terbilang kecil dan harganya yang juga cukup mahal dibanding HDD.

2. Upgrade Kapasitas RAM

Cara Mengatasi Laptop Lemot - Upgrade RAM

Upgrade RAM Jadi Salah Satu Opso Atasi Laptop Lemot

Selain melakukan upgrade pada HDD, bisa juga mencoba cara mengatasi laptop lemot dengan melakukan penambahan kapasitas RAM pada laptop yang kamu miliki. Umumnya, pabrikan laptop akan membekali laptop kamu dengan kapasitas RAM berkisar antara 2-4GB. Padahal untuk menjalankan software saat ini membutuhkan laptop RAM 8GB.

Untuk itu, kamu bisa menambahkan RAM pada slot yang tersedia. Namun sebelumnya, pastikan dahulu tipe RAM (DIMM atau SODIMM), kapasitas, dan kecepatannnya.

3. Perawatan Hardware Rutin

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Bersihkan Laptop atau PC Minimal Setahun Sekali

Sangat banyak orang yang terkadang melupakan hal penting yang satu ini. Ternyata agar performa laptop bisa tetap ngebut, kamu perlu sesekali melakukan perawatan hardware. Setidaknya kamu harus membersihkan laptop atau PC minimal setahun sekali.

Cara membersihkan laptop agar tidak lemot bisa dimulai dari kipas, motherboard, hingga penggantian thermal paste pada bagian prosesor laptop.

4. Pakai Aksesoris Pendukung

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cooling Pad Sangat Berguna untuk Aktivitas Laptop yang Cenderung Tinggi

Salah satu penyebab laptop lemot adalah overheat yang juga mempengaruhi kinerja dan performa. Kamu bisa menambahkan aksesori misalnya cooling pad atau kipas tambahan agar suhu laptop tetap terjaga. Selain itu kamu juga bisa menggunakan vacuum cooler yang juga bisa menyedot udara panas keluar yang fungsinya juga sama-sama untuk menjaga suhu laptop agar tetap dingin.

Cara membuat laptop tidak lemot saat internetan dan melakukan aktivitas lainnya ini memang terdengar sepele, tapi dampaknya lumayan terasa.

–> Sewa Rumah atau Cicil KPR, Mana yang Lebih Baik?

5. Full Scan dengan Software Antivirus

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Lakukan Scan Virus Rutin untuk Menghindari Masalah Laptop Lemot

Virus biasanya akan membuat kinerja laptop menjadi lebih ekstra sehingga akan terasa lemot saat kamu gunakan. Salah satu solusi permasalahan ini tentu adalah dengan software antivirus terbaik. Banyak rekomendasi software antivirus laptop yang bisa digunakan. Nah, disarankan untuk melakukan full scan secara rutin minimal seminggu sekali.

Selain itu, jangan lupa untuk mematikan fitur automatic scan agar antivirus tidak berjalan di background kamu dan membuat laptop kamu malah tambah lemot.

6. Uninstall Software yang Tidak Diperlukan

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Jangan Install Aplikasi yang Tidak Terpakai

Pernah merasakan laptop baru sudah lemot? Kebanyakan orang, saat baru membeli laptop langsung meng-install software hingga tidak terhitung jumlahnya.Kenyataannya, banyak dari software tersebut yang jarang dipakai. Nah, salah satu cara mengatasi laptop hang dan lemot, lakukan uninstall software yang tidak diperlukan tersebut.

Selain itu, Jangan pernah gengsi buat pakai software lama! Pasalnya, update software terbaru walau memberikan banyak fitur, namun bisa saja membebani perangkatmu. Sebagai solusinya, kamu bisa melakukan cara memperbaiki laptop lemot dengan meng-install software versi lama yang umumnya punya fitur esensial yang nggak jauh berbeda dibanding versi update-nya

Cara mengatasi laptop lemot lewat cara ini bisa melalui menu bawaan yang terdapat pada settings atau menggunakan software uninstaller, seperti CCleaner dan lainnya.

7. Gunakan Software Booster

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Coba Install Aplikasi Software Pendukung untuk Mengatasi Laptop atau PC yang Lemot

Penggunaan yang kurang optimal bisa membuat kinerja laptop lambat dan terganggu. Makanya untuk mempermudah, kamu bisa meng-install software-software pendukung kinerja seperti aplikasi booster. Banyak software yang bisa kamu coba, seperti CCleaner dann Advance System Care, dan lainnya. Cara mengatasi laptop lemot tanpa install ulang ini wajib banget kamu coba.

Software booster akan melakukan optimalisasi, misal menghapus history browser, menghapus cookies dan cache, menghapus recycle bin, dan lainnya yang memengaruhi kinerja laptop.

–> Mengenal Jenis Jam Tangan Berdasarkan Movement & Kebutuhan

7. Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Ribet dari Jualo

Itulah beberapa cara untuk mengatasi masalah laptop atau PC lemot teman Jualo. Kalau masih bingung dan tak ingin repot, saat ini banyak tersedia penyedia jasa install laptop atau PC yang bisa kamu temui dengan mudah.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Jualo Menyediakan Ribuan Jasa Install Laptop atau PC Setiap Harinya

Salah satunya lewat fitur iklan di Jualo. Sebagai salah satu marketplace terbesar di Asia, Jualo siap memberikan referensi jasa install laptop terbaik. Caranya pun sangat mudah. Tinggal masuk ke website Jualo.com, lalu klik ‘Jasa’ dan sub menu ‘Jasa Elektronik’.

Di sana tersedia ribuan iklan penyedia jasa install laptop atau PC yang bisa siap membantu kamu setiap harinya. Dan yang paling penting, tak perlu khawatir karena para pelapak yang ada sudah melewati berbagai tahapan verifikasi sehingga membuat kamu aman dan nyaman.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram