close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Mengenal Jenis Jam Tangan Berdasarkan Movement & Kebutuhan

Seiiring berkembangnya zaman, jam tangan tak lagi berfungsi sebagai penunjuk waktu saja, melainkan sebagai aksesoris yang dapat menunjang penampilan seseorang.

Saat ini, jam tangan seakan menjadi hal wajib dimiliki oleh seseorang. Fungsinya pun sedikit bergeser. Dari yang hanya menunjukkan waktu, sekarang jam tangan hadir sebagai lifestyle atau fashion yang dapat meningkatkan kepercayaan diri atau bahkan status social seseorang.

Jika dahulu, jam tangan masih menggunakan mesin penggerak mekanik manual. Lain halnya dengan sekarang. Saat ini model dan jenis jam tangan yang beredar sangat bervariasi. Penasaran? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

–> Chiron Tourbillon, Jam Tangan Sultan dari Bugatti yang Dibanderol Miliaran

Jam Tangan Quartz

Ini adalah jenis jam tangan paling umum digunakan di masa sekarang. Ditenagai penggerak Quartz, jam jenis ini disebut yang paling akurat soal ketepatan waktu. Kekurangannya, jam tangan dengan movement Quartz masih membutuhkan baterai yang harus diganti secara berkali jika habis.

Jam Tangan Automatic

Berbeda dengan Quartz, jam tangan automatic atau yang menggunakan mesin mekanis tidak membutuhkan baterai. Mesin jam berjalan otomatis dengan mengandalkan tenaga dari penggerak itu sendiri. Ini biasanya digilai oleh para pecinta arloji.

“Tik-tok-tik-tok…” Itulah kekhasan jam tangan ini. Jam bermesin mekanis sangat mudah dikenal karena kamu dapat mendengar suara ticking. Umumnya berharga cukup mahal, namun kini harga yang ditawarkan lebih beragam.

Biasanya, jam tangan automatic menggunakan transparent caseback, sehingga kamu bisa menikmati roda-roda indah yang bekerja untuk menggerakkan jam tangan. Jika kamu menyukai keindahan jam, sejarah, dan nilai tradisional tanpa memikirkan akurasi waktu, jam tangan automatic ini akan cocok dengan kamu.

Jam Tangan Chronograph

Salah satu jam tangan yang populer diperjual-belikan adalah jam tangan chronograpgh. Jenis jam tangan ini sebenarnya bukanlah inovasi terbaru, melainkan sudah ada sejak lama. Pada awal 1800-an, petinggi kerajaan Prancis meminta bawahannya untuk menciptakan petunjuk waktu yang lebih akurat dalam kegiatan balap kuda. Ciri jam tangan chronograph memiliki tiga lingkaran waktu berukuran kecil di permukaan utama jamnya.

–> Begini Cara Ampuh Bedakan Jam Tangan Rolex Asli dan Palsu

Jam Tangan Digital

Pada awal tahun 2000-an, jam tangan digital ramai beredar di pasaran. Jenis jam tangan digital memiliki bermacam fitur, termasuk alarm, varian waktu, stopwatch, dan lain-lain. Jam tangan digital membutuhkan baterai agar dapat beroperasi. Seiring perkembangan teknologi, jam tangan digital telah berubah, bahkan berevolusi menjadi jam tangan yang lebih canggih lagi.

Dive Watch

Dive watches atau jam tangan selam merupakan jenis jam tangan yang biasanya dipakai oleh para penyelam ketika mereka melakukan aktivitasnya di bawah air. Jenis jam tangan tersebut didesain secara tepat agar dapat bertahan di kedalaman sekitar 500 hingga 1000 kaki.

Namun, beberapa merek jam tangan yang mengeluarkan jenis ini biasanya memiliki water resistance yang lebih kuat lagi dan dapat digunakan di perairan yang lebih dalam lagi.

Smartwatch

Bisa dikatakan bahwa jam tangan pintar atau smart watches merupakan hasil evolusi jam tangan digital. Jenis jam tangan ini sangat populer sejak 2010-an. Utilitas smartwatches telah direpresentasikan oleh namanya, seperti adanya fitur pintar berupa GPS, kamera, serta sensor-sensor untuk merekam aktivitas sehari-hari dan olahraga

Selain itu, jam tangan cerdas ini dapat disinkronisasikan dengan ponsel pintar untuk memunculkan notifikasi panggilan, pesan masuk hingga kalender.

–> Langkah Mudah & Cepat Jual Mobil Kesayangan Secara Online

Jam Tangan Analog

Jam tangan analog memiliki tampilan dial yang dilengkapi dengan jarum jam (hour hand), menit (minute hand), detik (second hand), dan angka romawi (hour mark). Ada jam tangan analog dengan angka tradisional dan jam tangan analog dengan angka romawi.

Sebagian besar jam tangan analog memiliki tanda mewakili 60 menit dalam satu jam. Biasanya hour hand lebih pendek dibanding dengan minute, dan second hand. Istilah analog merupakan sebuah retronim atau sebutan baru karena perkembangan teknologi digital yang menampilkan waktu pada layar LCD.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram