Biar Aman, Pahami 4 Kode Dasar Berikut saat Touring Motor
Touring motor

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagi biker penggemar touring, maka perlu mengetahui atau bahkan wajib mengerti beberapa sandi atau kode dasar yang digunakan saat touring motor

Touring motor sudah menjadi kegiatan yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan para biker dari berbagai komunitas motor maupun klub motor. Karena touring bisa menjadikan wadah bertukar informasi, bersilaturahmi bahkan menjadi sarana hiburan setelah melewati berbagai kesibukan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi para biker yang hobi touring mengunakan sepeda motor, tentunya wajib mengetahui etika dasar ketika sedang dalam perjalanan. Terutama saat touring dilakukan dengan rombongan biker yang jumlahnya lebih dari satu orang.

Touring motor-2

Tangan ke atas sembari menunjuk ke kiri, artinya rombongan harus berbelok ke kiri

“Ada beberapa sandi dasar ketika berkendara yang aman jika para biker melakukan perjalanan lebih dari 1 motor atau grup, agar perjalanan aman dan nyaman serta tidak mengganggu pengguna jalan lain,” ungkap Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM).

Selain itu, hal lain yang disarankan adalah untuk fokus dan tetap memberikan sandi-sandi aman berkendara di jalan raya saat touring. Ini berfungsi supaya anggota atau rekan kita saat konvoi bersama bisa menghindari jalan rusak atau berada di jalur yang benar.

Touring motor-3

Jika tanda seperti ini, artinya rombongan mesti berhati-hati karena ada lubang di depan

“Hal ini biasanya dilakukan oleh Road Captain yang merupakan pengendara sepeda motor yang memimpin perjalanan touring,” kata Ludhy. Tugas dari Road Captain adalah memberikan informasi kepada para lainnya seperti untuk menghidupkan mesin, adanya jalan berlubang ketika di perjalanan, memberikan isyarat berbelok dan berhenti perlahan.

Buat lebih jelas, berikut empat kode dasar touring yang wajib Anda ketahui:

1. Menghidupkan Mesin

Road Captain memberikan sandi dengan cara mengangkat dan mengepalkan tangan kiri bersamaan dengan memutar jari telunjuk, hal ini mengisyaratkan kepada rombongan untuk menghidupkan sepeda motor nya.

Touring motor-4

2. Jalan Berlubang

Road Captain memberikan sandi dengan cara menurunkan tangan kiri yang menandakan bahwa ada jalan yang berlubang saat dilewati oleh rombongan.

–> Review Moto Guzzi V85TT Travel: Pengalaman Baru untuk Pecinta Adventure

3. Berbelok

Road Captain memberikan sandi dengan cara mengangkat tangan kiri lalu mengarahkan pada arah tujuan saat akan berbelok yang akan dituju oleh rombongan touring. Isyarat ini dilakukan sebelum berbelok.

4. Berhenti Perlahan

Road Captain memberikan sandi dengan mengepalkan tangan kiri-nya menandakan kita harus berhenti secara perlahan.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles