Berikut 14 Perlengkapan Touring Motor yang Wajib Dibawa
perlengkapan touring motor

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Buat kalian yang berencana touring dengan sepeda motor dalam waktu dekat, simak beberapa perlengkapan touring motor yang wajib dibawa

Berpetualang menggunakan sepeda motor merupakan aktivitas menyenangkan untuk bisa menjelajahi area-area terpencil yang tak bisa dijangkau oleh mobil. Hanya saja faktor keamanan wajib diperhatikan. Medan dan cuaca seringkali menjadi rintangan yang perlu diwaspadai. Oleh karena itu, perlengkapan touring motor harus lengkap.

Berikut Jualo akan berikan 14 macam perlengkapan touring motor yang wajib dibawa dan tidak boleh ketinggalan.

1. Jaket Tebal yang Nyaman

touring motor-2

Demi melindungi tubuh dari terpaan angin, Anda membutuhkan jaket yang tebal dan tetap nyaman. Jaket adalah perlindungan untuk tubuh pengendara dan pilih yang kualitasnya terbaik. Misalnya saja seperti jaket windbreaker.

Jaket tersebut lebih bagus dibandingkan jenis jaket kain lainnya. Karena kemampuannya untuk memecah udara dari depan yang mengenai bagian dada pengendara lebih bagus. Sehingga udara tidak tembus langsung ke badan.

Selain itu kelebihan jaket windbreaker adalah masih mampu mengatasi gerimis sehingga tubuh akan tetap terlindungi dengan baik.

2. Jas Hujan

touring motor-10

Perlengkapan touring motor kedua yang masih digunakan untuk melindungi tubuh adalah jas hujan. Anda bisa menyimpan jas hujan di bagasi motor untuk digunakan sewaktu-waktu. Meskipun cuaca sedang tidak hujan, sangatlah penting untuk selalu membawa jas hujan.

Apalagi jika Anda berencana untuk bepergian ke area pegunungan. Curah hujan yang lebih tinggi di pegunungan membuat Anda harus terus membawa jas hujan. Jika sewaktu-waktu hujan Anda tetap bisa melanjutkan perjalanan dan tubuh terlindungi.

3. Helm Ringan yang Nyaman

Keamanan yang satu ini tak hanya diperhatikan pada saat touring tetapi setiap kali Anda mengendarai sepeda motor. Khusus untuk touring Anda harus memilih helm yang ringan, SNI, dan juga kuat.

Helm menjadi pelindung kepala yang wajib digunakan. Anda bisa menggunakan helm full face yang memiliki pengaman lebih optimal. Anda juga bisa menggunakan helm modular yang lebih fleksibel ketika digunakan saat touring.

4. Masker yang Breathable

touring motor-4

Meskipun Anda sudah menggunakan helm full face atau helm modular, penting juga untuk menggunakan masker. Tujuannya adalah untuk melindungi pernapasan dari polusi udara saat di perjalanan.

Perlengkapan touring motor yang satu ini terlihat sepele namun fungsinya sangat penting. Khususnya bagi Anda bukan pengendara yang duduk di kursi penumpang sepeda motor. Masker sangat dibutuhkan juga untuk menjaga wajah dari terpaan angin.

5. Sarung Tangan

touring motor-7

Perlindungan selanjutnya yang perlu digunakan adalah untuk menutupi tangan. Sarung tangan bukan hanya salah satu perlengkapan untuk bergaya dengan model dan motif. Namun pada fungsi tersendiri yang perlu diperhatikan.

Fungsinya adalah untuk melindungi kulit supaya tidak terbakar sinar matahari langsung. Oleh karena itu Anda bisa memilih jenis sarung tangan yang tebal atau bahkan terbuat dari kulit. Gunakan sarung tangan yang pas, tidak terlalu sempit atau longgar.

6. Knee Pad

touring motor-3

Masih banyak orang yang melakukan perjalanan lupa akan perlengkapan touring motor ini. Knee pad kebanyakan digunakan justru oleh para pesepeda, namun sebenarnya penting juga digunakan bagi pengemudi sepeda motor.

Sama halnya dengan helm, kneepad ini akan melindungi lutut ketika terjadi kecelakaan kecil.  Sehingga lutut akan tetap aman sejauh apapun Anda berkendara.

7. Sepatu yang Nyaman

touring motor-8

Alas kaki yang nyaman sebaiknya dipilih agar bisa menutup kaki secara keseluruhan. Bukan hanya sandal jepit atau sandal gunung. Pada saat touring kaki juga perlu dilindungi dan diberikan kenyamanan agar tak mudah lelah.

Sepatu tertutup seperti sepatu khusus riding sebaiknya digunakan. Khusus bagi pengendara wanita, jangan pilih sepatu dengan hak supaya tidak mengganggu kelancaran berkendara. Sehingga ketika Anda menginjak kopling kaki akan tetap terasa nyaman.

8. Pakaian Ganti

Anda mungkin akan pergi touring satu hari satu malam, oleh karena itu jangan pernah lupakan untuk membawa pakaian ganti. Anda tidak pernah tahu kapan hujan akan tiba dan membuat pakaian Anda basah. Supaya tubuh tetap terjaga kesehatannya, Anda harus membawa pakaian ganti. Anda bisa membawa pakaian ganti yang nyaman seperti kaos dan juga celana.

9. Kotak P3K

touring motor-5

Perlengkapan touring motor berupa obat-obatan dan kotak P3K juga tak boleh dilewatkan. Jika Anda memiliki sakit khusus yang tiba-tiba bisa muncul seperti maag atau alergi maka selalu persiapkan dengan baik semua obatnya.

Selain itu Anda juga butuh perlengkapan P3K yang bisa digunakan pada saat terjadi kecelakaan kecil. Dengan begitu Anda bisa memberikan pertolongan pertama pada diri sendiri atau teman ketika touring.

10. Tool Kit

touring motor-9

Bagi Anda yang kenal dengan dunia otomotif dan terbiasa mengotak-atik mesin pasti tak akan melupakan tool kit. Peralatan ini dibutuhkan berupa tool kit yang isinya obeng atau kunci-kunci lainnya harus dibawa.

Sehingga ketika di perjalanan terdapat kendala pada mesin, Anda bisa langsung memperbaikinya tanpa bingung mencari bengkel.

11. Senter dan Pemantik Api

Tak lupa juga perlengkapan touring motor berupa senter serta pemantik api. Penerangan ini akan sangat membantu ketika Anda mencari barang jatuh di sekitar tempat singgah. Bisa juga menjadi penerang pada saat motor mogok di malam hari.

Apabila Anda sedang berkemah, pemantik api akan sangat membantu untuk bisa menyalakan api agar bisa memasak.

12. GPS

touring motor-1

Saat ini sudah jamannya teknologi di mana Anda harus bersiap agar tidak nyasar dengan menggunakan GPS. Hadirnya peta digital ini memudahkan Anda untuk sampai ke tempat tujuan tanpa harus kesasar.

–> Hal yang Mesti Diperhatikan Sebelum Touring Motor Jarak Jauh

13. Power Bank

touring motor-6

Supaya GPS dan alat komunikasi lain seperti smartphone tetap aktif, Anda harus bersiap membawa charger portable atau power bank. Apalagi jika rute touring di area hutan di mana Anda sulit menemukan sumber listrik.

14. Uang Tunai

Perlengkapan touring motor yang paling penting adalah uang tunai. Jika Anda pergi ke area terpencil tentunya tidak mudah untuk melakukan pembayaran dengan kartu. Oleh karena itu Anda harus membawa uang tunai yang pas.

Nah itulah 14 perlengakapan yang wajib Anda bawa ketika touring dengan motor. Sebelum berangkat sebaiknya cek ulang apakah Anda sudah mempersiapkan semua perlengkapannya dengan baik. Jangan sampai beberapa perlengkapan di bawah ini ada yang tertinggal yaa..

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles