Begini Caranya Cek Keaslian STNK dan BPKB Mobil
stnk dan bpkb

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Baik STNK dan BPKB merupakan dokumen penting yang harus bisa dipertanggung jawabkan keasliannya, jangan dianggap remeh dokumen kepemilikan Anda

Baik STNK dan BPKB merupakan komponen utama dalam dokumen kepemilikan sebuah kendaraan. Kedua surat-surat penting tersebut berisikan identitas mobil, legalitas, data pemilik hingga pajak kendaraan. Sehingga ketika Anda ingin membeli mobil, kedua dokumen tersebut harus dicek dan dipastikan bahwa legal dan sesuai dengan mobil atau plat nomor kendaraannya.

Namun ternyata dokumen kepemilikan ini kerap disalahgunakan oleh oknum tertentu. Hal ini patut menjadi perhatian buat calon konsumen, lantaran dokumen kepemilikan yang terbukti palsu atau tidak sah tentu menyalahi peraturan dan memiliki konsekuensi hukum yang tegas. Untuk permudah Anda dalam mengecek keaslian dokumen kepemilikan tersebut, Jualo akan berikan informasi seputar pengecekan keaslian STNK dan BPKB secara fisiknya. Berikut informasinya.

Pengecekan STNK

stnk dan bpkb- 3

Dikutip dari NTMCPolri, untuk mengetahui keaslian dan keabsahan dari STNK, bisa dilihat dari beberapa variabel tampilan fisik berikut ini.

  • Periksa stiker hologram. Pada sisi kanan atas STNK terdapat hologram yang halus. Periksa hologram ini bisa dilakukan seperti cara mengecek hologram BPKB.
  • Lubang-lubang tipis pada lembar STNK. Perhatikan sisi kanan lembaran STNK, jika STNK itu asli akan terdapat lubang-lubang tipis membentuk tulisan STNK. Sementara pada STNK palsu lubang-lubang tipis itu tidak ada.
  • Cek barcode STNK. Ada barcode pada STNK yang jika dilakukan scan akan muncul angka atau identitas pemilik kendaraan. Sementara pada STNK palsu barcode itu hanya berupa hiasan dan tak memiliki fungsi.

Pengecekan BPKB

stnk dan bpkb- 2

Sementara untuk BPKB, Anda bisa mengeceknya lewat beberapa variabel di bawah ini. perhatikan pada beberapa detail dari dokumen tersebut.

  • Lihat sampul BPKB. Sampul BPKB asli dibuat dengan lebih mengilap, sementara BPKB palsu umumnya berwana buram.
  • Cek warna hologram. Pada BPKB asli, hologram berwarna abu-abu dan tidak berubah warna saat diterawang. Sementara BPKP palsu akan berubah menjadi warna kuning ketika diterawang.
  • Lihat nomor seri di bawah hologram. Ada nomor seri yang tertulis di bawah hologram, nomor tersebut dibuat dengan tujuan untuk membedakan domisili. Terdapat kode-kode yang menunjukkan asal Polda dokumen tersebut diterbutkan. Data ini bersifat rahasia dan tidak dipublikasi luas.
  • Cek identitas pemilik kendaraan. Pada PBKB palsu, yang diubah hanya data kendaraan saja. Sementara data pemilik kendaraan tidak diubah. Pada bagian identitas kendaraan banyak yang dihapus kemudian diprint ulang, ini biasanya sangat mudah terlihat.
  • Periksa lambang Korlantas. Pada lembar buku BPKB halaman 14 terdapat lambang Korlantas yang jika disiniari menggunakan cahaya ultraviolet akan terlihat. Selain itu permukaan lembar tersebut juga akan terasa kasar ketika diraba. Sementara pada PBKP palsu lembar kertas akan terasa rata.

Nah, bagaimana teman Jualo, mudah bukan? Pastikan dokumen mobil bekas yang ingin Anda beli asli dan legal ya! Dengan dokumen kepemilikan seperti STNK dan BPKB yang asli, maka lebih tenang ketika akan menggunakan mobil dan pastinya lebih mudah dalam pengurusan kelak.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles