5 Tips Mudah Merawat Sepatu Kulit Pria Supaya Awet
sepatu kulit pria

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Simak 5 tips mudah berikut ini mengenai cara merawat sepatu kulit pria supaya tetap awet dan penampilan Anda tetap terjaga

Sepatu berbahan dasar kulit memang menarik untuk dipakai. Secara tidak langsung, sepatu formal berbahan kulit menunjukkan kualitas kemapanan seseorang secara luar dalam. Sayangnya, merawat sepatu berbahan kulit tergolong gampang-gampang susah. Jika tidak pintar merawatnya, bahan kulit bisa saja retak atau pecah. Belum lagi sengatan matahari yang membuat warna memudar. Oleh karena itu, berikut Jualo berikan tips jitu merawat sepatu kulit pria.

1. Kenali jenis kulit sepatu

sepatu kulit pria-3

Langkah awal untuk merawat sepatu berbahan dasar kulit adalah mengerti jenis kulit apa yang dipakai untuk membuat kulit tersebut. Jika kulit tersebut berkualitas baik, Anda bisa bernafas lega karena Anda akan semakin mudah dalam perawatannya, walaupun memang membutuhkan modal yang cukup besar. Kenali juga sifat kulit sepatu, apakah dia elastis atau tidak. Apakah dia kuat menghadapi perubahan cuaca atau tidak. Bahkan kenali juga tingkat kelembabannya.

2. Perhatikan posisi penyimpanan

sepatu kulit pria-4

Langkah selanjutnya adalah bagaimana Anda menyimpan sepatu tersebut. Jika menaruhnya diatas rak sepatu, biasakan untuk memberi jarak antara sepatu kulit dengan sepatu lainnya. Tujuannya untuk menghindari gesekan yang bisa membuat luka baret pada permukaan kulit sepatu kamu. Pastinya  akan sangat kesal jika sepatu kulit kesayangan memiliki scratch yang terlihat jelas saat  dipakai.

3. Hindari udara lembab

Jika Anda meletakkan sepatu tersebut didalam kotak, pastikan juga ada silica gel yang menemani sepatu untuk menghindari jamur dan lembab pada kulit sepatu. Pasalnya, jika dibiarkan, maka kulit sepatu bisa lapuk dan warnanya berubah.

4. Pelajari proses mencuci dan mengeringkan sepatu

sepatu kulit pria-2

Cara mencuci juga memiliki pengaruh besar dalam proses perawatan sepatu kulit pria. Biasakan untuk menggunakan sikat khusus atau sejenis sponge saat membersihkan. Sikat khusus untuk sepatu berbahan kulit pastinya memiliki permukaan yang halus dan tidak membuat scratch pada sepatu kamu.

Setelah itu, proses pengeringan sepatu juga perlu diperhatikan. Jangan menjemur sepatu di luar rumah saat matahari sedang bersinar dengan teriknya karena panas yang berlebihan bisa membuat kulit pada sepatu mudah pecah. Jika hendak menggunakan dryer untuk mengeringkan, lapisi terlebih dahulu sepatu dengan koran bekas untuk menghindari panas berlebih ke lapisan kulit sepatu.

5. Semir sepatu agar tetap tampak menarik

Untuk tetap membuat sepatu kamu selalu tampak mengkilap, biasakan untuk menyemir sepatu agar warna pada sepatu tetap cerah dan tampak seperti baru. Carilah produk semir sepatu yang sudah terpercaya dalam mempertahankan warna.

sepatu kulit pria-5

–> 10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik di Tahun 2021

Jangan lupa beli semir dengan warna yang sesuai dengan warna kulit sepatu Anda agar tidak merusak warna. Saat proses menyemir, biasakan menyemirnya dalam satu arah agar alur sepatu kamu tidak berubah dan tetap terlihat alami.

Kemudian, untuk menghindari retak-retak tipis pada lapisan kulit, Anda juga bisa mengatasinya dengan beberapa jenis produk yang memang berguna untuk melapisi kulit dari perubahan cuaca seperti terik matahari dan hujan untuk menjaga penampilan sepatu.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles