3 Tips Menjaga Kualitas Shock Depan Motor Agar Tetap Awet
shock depan motor

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Shock depan motor merupakan salah satu komponen yang butuh perawatan rutin agar performanya tetap terjaga dengan baik dan awet

Berbeda dengan shock belakang, shock depan motor punya beberapa komponen yang wajib mendapat perawatan rutin agar kinerjanya tetap baik. Beberapa bagian yang harus diperhatikan, diantaranya takaran oli dan seal yang biasanya kerap bermasalah.

Jika komponen tersebut rusak, akibatnya pun langsung terasa. Seperti stang motor bergetar atau terasa limbung saat Anda bermanuver. Dan jika hal ini terjadi tentu tak nyaman dan sangat berbahaya bukan? Oleh karena itu, berikut Jualo berikan beberapa tips simpel menjaga kualitas shock depan supaya awet.

1. Jangan Ngebut di Jalanan Rusak

shock depan motor-2

Shock depan perlu mendapat perawatan ekstra dibanding shock belakang

Kerusakan yang paling sering terjadi pada shockbreaker adalah karena penggunaan. Jika Anda sebelumnya memiliki kebiasaan ngebut di jalanan yang jelek, maka segera hindari.

Pada saat melintasi area yang rusak sebaiknya turunkan kecepatan sehingga suspensi tidak bekerja terlalu keras. Dampak buruk yang bisa saja terjadi akan membuat shockbreaker bengkok dan tidak akan bekerja lagi.

Otomatis supaya motor kembali nyaman Anda harus mengganti shockbreaker. Padahal harganya cukup menguras kantong lho.

2. Kurangi Kebiasaan Membawa Beban Berlebih

shock depan motor-4

Takaran oli wajib dicek secara rutin

Apakah Anda menggunakan kendaraan untuk membawa beban? Sudahkah Anda mempertimbangkan berapa beban berat yang bisa ditampung oleh kendaraan? Bukan hanya mesin dan akselerasi motor saja yang terpengaruh, tetapi juga shock depan dan belakang.

Ketika motor terlalu sering membawa beban yang berat bahkan lebih dari kapasitasnya akan membuat komponen shock bekerja terlalu keras. Sehingga masalah aus akan sering terjadi. Anda pun juga harus sering mengganti oli shock.

3. Menjaga Kebersihan Shock

Selain soal takaran oli shock depan yang harus diperhatikan, Anda juga perlu menjaga kebersihan motor. Tujuannya adalah untuk memperpanjang usia seal, apalagi jika pada saat musim hujan lumpur akan mudah menempel pada area tersebut.

shock depan motor-3

Seal shock jadi komponen yang rawan bermasalah

–> Segitiga Motor Bengkok? Cari Tahu Penyebab, Dampak, & Cara Mengatasinya

Pasalnya, seal merupakan komponen shock yang paling sering bermasalah. Kotoran yang menempel sangat lama akan membuat seal pada shockbreaker mudah rusak. Hal ini jugalah yang menjadi alasan mengapa kebocoran sering terjadi pada shock depan maupun belakang. Maka jika motor sudah mulai kotor akan lebih baik bagi Anda untuk segera mencuci kendaraan supaya kotoran tidak merusak komponen penting ini.

Nah, itulah tiga tips dalam merawat shock depan motor yang perlu Anda ketahui. Simpel bukan? Semoga bermanfaat!

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles