10 Tips Memilih Smartwatch Terbaik yang Sesuai Kebutuhan
smartwatch terbaik

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Punya rencana membeli smartwatch? Simak dulu beberapa tips atau hal yang harus diperhatikan sebelum memilih smartwatch terbaik untuk Anda

Penggunaan jam tangan pintar atau smartwatch kini berkembang sebagai kebutuhan harian masyarakat urban.  Ditambah banyak sekali produsen yang menghadirkan smartwatch terbaik dengan beragam fitur canggih yang tentunya menggoda. Namun, sayangnya banyak konsumen yang membeli hanya untuk tampil gaya, padahal terdapat fitur dan fungsi penting sangat bermanfaat.

smartwatch terbaik-12

Smartwatch bisa menggantikan peran smartphone dan lebih simpel

Keunggulan Smartwatch

Hal yang paling menonjol dari smartwatch adalah fungsinya yang beragam dibanding jam tangan biasa. Smartwatch merupakan jam tangan pintar yang dapat dihubungkan dengan smartphone. Anda bisa memantau notifikasi panggilan atau pesan dengan smartwatch. Selain itu, berbagai kebutuhan multitasking bisa dilakukan lewat smartwatch. Diantaranya, mengatur jadwal, memantau kesehatan, GPS,  hingga melakukan pembayaran.

Lantas apa yang perlu diperhatikan sebelum membeli jam tangan pintar ini? Berikut Jualo akan berikan beberapa tips dalam memilih smartwatch terbaik untuk Anda.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

smartwatch terbaik-2

Pilih smartwatch yang tahan air, jika Anda senang melakukan aktifitas outdoor

Sebelum membeli smartwatch terbaik idaman, sangat disarankan untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan. Apa Anda menggunakan smartwatch hanya sekadar untuk fashion, atau kegiatan outdoor dan olahraga. Jika kamu menggunakannya untuk menunjang kegiatan olahraga, kamu bisa memilih smartwatch dengan fitur sensor detak jantung, waterproof, atau fitness tracking.

2. Desain

smartwatch terbaik-9

Sesuaikan desain dengan gaya dan karakter Anda

Desain dari smartwatch pun nampaknya perlu dipertimbangkan demi menunjang gayamu sehari-hari. Untuk kamu yang senang dengan jam yang berbandul kecil, kamu bisa pilih smartwatch dari Apple

Namun, bagi Anda yang suka dengan jam berbandul besar dan tampilan yang lebih sporty, Samsung Galaxy Watch bisa jadi pilihan tepat. Selain itu, tali smartwatch juga bisa kamu jadikan pertimbangan. Kamu bisa mengganti-ganti strap berbahan stainless steel, rubber, atau kulit.

3. Interface

smartwatch terbaik-6

Pilih interface yang memudahkan 

Selanjutnya adalah varian interface. Saat ini, smartwatch diketahui punya banyak jenis interface. Anda dapat memilih interface tombol atau touchscreen. Tapi nampaknya jam pintar berlayar sentuh telah menjadi pilihan banyak orang, kecuali bagi mereka yang memang suka dengan fitur klasik.

Interface gabungan dari tombol dan touchscreen pun saat ini sudah ada, dan bisa menjadi pilihan prioritas. Karena smartwatch dengan tampilan gabungan ini akan lebih menguntungkan daripada hanya mengandalkan sentuhan.

4. Display

smartwatch terbaik-8

Berikutnya adalah display. Hal ini perlu diperhatikan supaya saat Anda menggunakannya di bawah sinar matahari layar tetap terlihat. Display yang bagus juga memengaruhi tampak dari smartwatch, premium atau standar. Namun, satu hal yang wajib dicatat, semakin bagus display dari smartwatch, maka daya yang dikeluarkan akan semakin besar.

5. Kompabilitas

smartwatch terbaik-5

Cari smartwatch yang bisa terkoneksi dengan smartphone Anda

Pilihlah smartwatch yang sesuai sistem operasi (OS) gadget Anda. Hal ini sangat penting agar keduanya bisa terkoneksi dengan baik. Sebisa mungkin, pilih jam pintar yang mendukung semua sistem operasi terpopuler saat ini, yakni Android dan iOS. Sehingga jika berganti ponsel, Anda tak perlu berganti jam.

6. Dukungan Notifikasi

smartwatch terbaik-4

Notifikasi pesan jadi fitur unggulan pada smartwatch

Smartwatch dengan notif email, panggilan telepon hingga pesan teks adalah smartwatch yang sebaiknya Anda pilih. Fitur-fitur ini tentu akan sangat membantu kamu sehari-hari. Apa lagi jika Anda pekerja kantoran, fitur tersebut penting untuk mendukung kebutuhan harian.

7. Daya Baterai

smartwatch terbaik-10

Baterai yang tahan lama membuat Anda tak perlu repot mencharge setiap hari

Daya baterai menjadi salah satu faktor penting dalam penggunaan smartwatch. Semakin lama penggunaan dan kegiataan harian, maka Anda memerlukan daya baterai yang besar, sehingga smartwatch tidak cepat mati. Semakin canggih perangkat, maka semakin besar pula daya baterai yang terkuras. Maka dari itu, Anda perlu memerhatikan faktor satu ini dengan baik, sehingga tidak salah pilih.

8. Ketahui Spesifikasinya

smartwatch terbaik-11

Cari tahu kelebihan dan kekurangan smartwatch incaran

Ketahui juga spesifikasi dari smartwatch pilihan. Sebelum membeli sebaiknya lakukan riset kecil untuk mencari tahu spesifikasi dari smartwatch yang menjadi pilihan secara lengkap. Pelajari pula fungsi fitur seperti GPS, NFC, heart rate monitor, pedometer, fitness tracker, quantitied self, dan lainnya.

9. Pilih Seri Terbaru

Jam tangan pintar seri terbaru tentunya akan membarikan lebih banyak keunggulan dari smartwatch yang sudah dirilis lama. Selain performanya yang meningkat, desain dan modelnya pun pasti akan ada peningkatan. Setidaknya pilihlah smartwatch yang keluar pada tahun pembelian, atau selambat-lambatnya setahun ke belakang.

smartwatch terbaik-7

–> 7 Tips Jitu Membedakan Jam Tangan Rolex Asli atau Palsu

10. Sesuaikan dengan Budget

Terakhir, dan paling krusial. Sesuaikan dengan budget yang saat ini Anda miliki. Saat ini smartwatch sudah memiliki banyak ragam, mulai dari standar hingga yang super canggih. Semakin canggih smartwatch pasti semakin mahal biaya yang harus dikeluarkan.

Jika menginginkan smartwatch dengan banyak fitur dan sesuai dengan kebutuhanmu, namun budget yang dimiliki belum cukup, sebaiknya bersabar. Kumpulkan lagi budget Anda dari pada menyesal karena membeli smartwatch yang tidak sesuai dengan keinginan.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles