Simak 5 Tips dan Trik Jitu Merawat Smartwatch Supaya Awet
smartwatch

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Simak beberapa tips penting berikut ini seputar merawat smartwatch Anda supaya lebih awet dan tahan lama ketika digunakan

Smartwatch sudah menjadi salah satu aksesori pemanis dan barang fashion andalan bagi sebagian orang. Punya desain dan tampilan trendy membuat banyak orang tertarik menggunakan jam tangan satu ini. Belum lagi fitur lengkap yang tidak dimiliki jam tangan konvensional. Namun sayangnya, banyak orang hanya sekadar memakainya saja, tapi tidak dengan merawat smartwatch mereka.

Padahal, harga smartwatch berkualitas tidak bisa dibilang murah. Oleh karena itu, Jualo akan berikan beberapa tips merawat smartwatch Anda supaya lebih awet.

1. Lindungi layar dengan antigores

smartwatch-4

Beri perlindunga layar dengan antigores

Seperti yang disadari, layar merupakan bagian paling rentan terhadap goresan dan benturan dari jam tangan pintar ini. Untuk melindunginya, pasanglah antigores pada layar smartwatch kamu.

Bentuk pelindung layar ini biasanya telah disesuaikan dengan ukuran layar. Apabila kesulitan untuk memasangnya sendiri, mintalah bantuan kepada penjual, tempat di mana kamu membeli smartwatch tersebut.

2. Bersihkan layar dengan lap berbahan microfiber

Layar tentu saja memberikan daya tarik utama pada smartwatch. Sebab, apa saja bisa terlihat pada layar, baik itu fitness tracker, notifikasi pesan, lagu-lagu kesukaan yang sedang diputar, maupun tampilan jam itu sendiri.

Oleh karena itu, pastikan layar smartwatch kamu tetap bersih. Gunakanlah lap berbahan microfiber untuk membersihkan kotoran atau debu yang menempel. Lap perlahan dengan pola satu arah. Jangan lupa, lap tersebut juga harus dibersihkan secara berkala.

Perlu diingat juga, jangan menggunakan tisu untuk membersihkan layar smartwatch kamu. Sebab, tisu dapat meninggalkan goresan pada layar.

3. Sebelum membersihkan strap, ketahui dulu materialnya

strap smartwatch

Bersihkan strap sesuai bahan yang digunakan pada smartwatch Anda

Membersihkan strap tidak sama dengan membersihkan layar smartwatch. Kamu perlu memahami dulu soal material strap kamu. Untuk hasil yang maksimal, lepas strap dari bodi.

Apabila smartwatch kamu memiliki strap berbahan karet, cara yang paling pas untuk membersihkannya adalah dengan air dan sedikit sabun. Bersihkan dengan saksama, kemudian lap dengan kain lembut, dan keringkan dengan cara diangin-anginkan.

Untuk strap berbahan kulit, gunakan cairan pembersih khusus supaya tidak rusak. Penting diingat, cobalah untuk membersihkan bagian ujung terlebih dulu untuk memastikan tidak ada perubahan warna atau tekstur pada strap. Jika dirasa aman, bersihkanlah strap secara menyeluruh.

Apabila kamu memiliki strap berbahan logam atau stainless steel, gunakanlah sikat gigi untuk membersihkannya. Jangan lupa, basahi dengan air yang telah dicampur sedikit sabun, kemudian sikat strap kamu. Setelah dilap, angin-anginkan hingga kering. Untuk membuat strap kamu tetap mengilap, gunakan pasta gigi.

4. Hilangkan noda di konektor dengan cotton bud

smartwatch-3

Konektor yang kotor bisa sebabkan aliran listrik tidak optimal

Bagian selanjutnya yang tidak boleh luput dari perhatian kamu ialah konektor. Konektor merupakan bagian yang paling sering terkena debu dan keringat. Jika dibiarkan, kotoran tersebut bisa menghambat proses pengisian daya baterai atau transfer data.

Untuk membersihkannya, gunakanlah cotton bud yang sudah dicelupkan ke alkohol. Hilangkanlah bercak noda di konektor agar tetap bersih dan terlihat seperti baru.

–> 7 Tips Jitu Membedakan Jam Tangan Rolex Asli atau Palsu

5. Rawatlah baterai dengan baik

baterai smartwatch

Baterai jadi isu utama pada kebanyakan smartwatch, untuk itu Anda wajib merawatnya dengan sangat baik

Sama seperti gadget kebanyakan, apabila baterai menipis, pasti ada notifikasi yang diberikan kepada pengguna supaya smartwatch tersebut bisa di-charge. Saat mengisi ulang baterainya pun, sebaiknya tidak terlalu lama. Langsung cabut charger ketika baterai sudah penuh.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles