Serunya Berbagi Tips Eco Driving Bersama Daihatsu dan GT Radial

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Daihatsu dan GT Radial kembali menggelar Ngobrol Asik untuk edukasi seputar eco driving dalam berkendara bagi Sahabat Daihatsu dan masyarakat umum.

Daihatsu Indonesia kembali menyelenggarakan program bertajuk Ngobrol Asik yang  membahas berbagai hal mengenai keselamatan berkendara atau tips lainnya. Ngobrol Asik kali ini mengambil tema ‘Eco Driving’. Bahasannya seputar tips Eco Driving ketika berkendara agar irit dan menjaga kendaraan tetap prima. Acara ini dilakukan secara virtual pada Sabtu 17 Oktober 2020 live di kanal instagram @daihatsuind.

Pada acara ini, Daihatsu mengundang Sony Susmana, selaku Senior Instructor dari SDCI (Safety Defensive Consultant Indonesia), dan Zulpata Zainal, selaku Proving Ground On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal untuk dapat memberikan informasi edukatif yang menarik.

Setelah pada edisi sebelumnya, Daihatsu membahas tentang safety driving & defensive driving, maka Eco Driving merupakan kombinasi dari kedua teknik tersebut.

–> Honda All New City & New CR-V Resmi Mengaspal di Filipina

–> Mercedes-Benz Raih Penghargaan Bergengsi Best Brand Global 2020

Sesuai tema dan namanya, Eco Driving kepanjangan dari Economical Driving, yaitu teknik berkendara untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar. Eco Driving memiliki beragam manfaat, seperti lebih hemat BBM (Bahan Bakar Minyak), mengurangi tingkat polusi sehingga lebih ramah lingkungan, meminimalisir potensi resiko kecelakaan di jalan raya, dan membuat komponen mobil lebih awet, sehingga dapat menghemat ongkos pengeluaran penggunanya dalam berkendara sehari-hari.

Sony menjelaskan, terdapat banyak teknik dalam melakukan Eco Driving, misalnya menggunakan kendaraan yang sudah dilengkapi indikator Eco Driving, seperti Daihatsu Terios, Xenia, Sirion, Sigra dan Ayla, diantaranya dengan:

  1. Merencanakan rute perjalanan sesuai kebutuhan;
  2. Memanaskan mesin cukup 1 menit
  3. Berkendara sehalus mungkin
  4. Menjaga kecepatan konstan sekitar 60-80 Km/Jam dan RPM di putaran 2.000;
  5. Jaga jarak dengan kendaraan lain dan
  6. Gunakan engine brake untuk deselerasi
  7. Atur suhu AC ideal di kabin
  8. Buka jendela apabila sedang menunggu di dalam mobil lebih dari 5 menit
  9. Melakukan perawatan kendaraan secara berkala; dan menggunakan bahan bakar kendaraan yang direkomendasikan.

Senada dengan Sony, Zulpata dari GT Radial menambahkan pemilihan jenis ban mobil juga merupakan faktor penting dalam mendukung Eco Driving. Ban berjenis Eco merupakan ban berbahan baku ramah lingkungan, didesain khusus agar hambatan gulirnya rendah, dan spek ini bisa ditemui pada ban Champiro Eco dari GT Radial. Ia juga berpesan agar selalu menjaga dan merawat ban, karena saat berkendara, komponen inilah yang memiliki andil besar dalam menjaga keselamatan pengendaranya.

Bagi Sahabat yang penasaran dan belum sempat nonton sharing tentang Eco Driving tersebut, bisa mengunjungi Instagram Daihatsu di @daihatsuind pada channel IGTV.

–> Yamaha Lexi Hadir dengan Warna Baru, Makin Elegan

“Melalui sharing tips Eco Driving ini, Sahabat dapat berkendara secara aman, nyaman dan lebih hemat.  Kami berharap, Sahabat dapat menerapkan teknik Eco Driving sehari-hari, sehingga Sahabat dapat lebih hemat bahan bakar & bisa menabung untuk keperluan lainnya di tengah kondisi pandemi seperti saat ini serta tetap ramah lingkungan,” ujar Elvina Afny, Customer Satisfaction & Value Chain Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles