Waspadai Gejala Kelelahan Saat Mengemudi Mobil dan Solusi Jitu Mengatasinya
mengemudi mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Rasa lelah saat mengemudi bisa muncul setiap saat tanpa disadari, karenanya Anda wajib waspada karena kelelahan saat mengemudi mobil bisa berakibat fatal yang mengancam keselamatan

Saat mengemudi mobil harus diselingi dengan istirahat yang cukup. Jika tidak, bahaya siap mengintai, seperti mobil menabrak kendaraan lain dari belakang akibat badan terlalu lelah. Sayangnya, masih ada pengemudi mobil yang menganggap remeh dan memaksakan diri ketika sudah merasa letih. Biasanya mereka berpikir yang penting bisa cepat sampai sehingga dapat beristirahat di tempat tujuan.

Padahal, mengemudi dalam kondisi lelah bisa memicu kecelakaan yang bahkan kamu tidak rasakan prosesnya karena terkena microsleep. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini Jualo berikan beberapa gejala yang kerap muncul saat Anda mulai merasa kelelahan saat mengemudi.

Gejala Kelelahan Saat Mengemudi Mobil

1. Pegal-pegal di Beberapa Bagian Tubuh

ngantuk saat mengemudi mobil

 

Mulai bagian tangan, pinggang, leher dan juga bahu terasa penat. Jika kamu merasakannya, artinya sudah waktunya untuk beristirahat. Gejala lainnya adalah mata perih karena terlalu dipaksa melihat keluar yang membuat tubuh semakin lelah.

2. Persepsi Jarak Terganggu

Di sini, otak mulai tidak dapat merespons situasi dengan benar. Akibatnya sangat berbahaya saat mengemudi dengan kecepatan tinggi karena salah menghitung jarak dengan kendaraan di depan.

3. Kepala Terasa Berat

Bisa diperhatikan dari gerakan kepala yang tiba-tiba mengangguk dan tersadar. Termasuk menguap lebar berkali-kali tanpa bisa dikendalikan sebagai tanda otak mulai kekurangan oksigen. Selanjutnya tinggal menunggu waktu kamu melakukan kesalahan fatal.

Risiko Memaksakan Mengemudi Saat Mengantuk

Paling parah, jika tetap memaksakan diri mengemudi ketika letih adalah mengalami microsleep. Microsleep adalah kondisi tertidur lelap tanpa sadar, biasanya antara 1 hingga 30 detik, yang dapat mengakibatkan kecelakaan karena driver tidak lagi memiliki kendali atas mobil. Proses keletihan sampai microsleep ini panjang, tapi banyak pengemudi yang mengabaikan dengan alasan tanggung, malas, gengsi, atau dikejar waktu.

–> BEGINI NASIB MOBIL YANG DATA REGISTRASINYA DIHAPUS AKIBAT TIDAK BAYAR PAJAK

Solusi Mengatasi Kelelahan

mengemudi mobil - 2

Ketika melakukan perjalanan jauh, sempatkan istirahat setiap dua jam sekali. Caranya adalah tidur sejenak selama 20 hingga 30 menit atau power nap untuk menghilangkan rasa kantuk. Studi menunjukkan bahwa power nap bisa meningkatkan daya ingat, kemampuan kognitif, kreativitas, dan tingkat energi.

Oleh karenanya, meskipun hanya sebentar, power nap akan meningkatkan kebugaran tubuh. Jangan ditunda, segera berhenti jika merasa lelah ketimbang memicu masalah yang lebih besar. Segera masuk ke rest area untuk tidur sejenak. Untuk perjalanan di luar jalan tol, dapat berhenti di pom bensin, mini market, kantor polisi, tempat ibadah, atau lokasi aman lainnya.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles