Awas! 4 Kebiasaan Ini Dapat Mengurangi Umur Transmisi Matik
transmisi matik

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagi Anda yang sering mengemudi mobil matik, wajib mengetahui beberapa kebiasaan berkendara yang dapat mengurangi umur transmisi matik. Apa saja penyebabnya?

Bicara soal mobil matik, tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya tersendiri. Di balik penggunaannya yang mudah tidak harus menginjak pedal kopling, mobil dengan transmisi matik ternyata punya kelemahan, yakni di umur yang lebih pendek. Labtas berapa usia ideal transmisi matik? Simak ulasan Jualo berikut ini.

Berapa Usia Ideal Transmisi Matik?

transmisi matik- 4

Idealnya umur pakai transmisi matic mobil bisa sampai menyentuh jarak tempuh 300.000 km atau setara dengan 5 hingga 7 tahun. Namun, Anda juga bisa memperpanjang atau memperpendek umur transmisi. Hal tersebut bisa terjadi tergantung bagaimana Anda melakukan perawatan dan bagaimana cara Anda mengendarai mobil.

Hal Yang Dapat Memperpendek Umur Transmisi Matik

Berikut adalah langkah yang harus Anda lakukan untuk merawat dan memperpanjang umur transmisi mobil matic serta hal apa saja yang harus Anda hindari.

1. Telat Mengganti Oli Transmisi

transmisi matik- 3

Penyebab utama sistem transmisi matik rusak adalah terlambatnya penggantian oli transmisi, kehabisan oli transmisi, atau oli yang tidak sesuai spesifikasi pabrikan transmisi.

–> PAHAMI ARTI HURUF & ANGKA PADA TUAS TRANSMISI MOBIL MATIC

2. Adanya Kebocoran

Ciri mobil matic bermasalah salah satunya ditandai dengan adanya kebocoran oli. Pastikan Anda selalu mengecek volume oli matic dengan memantau dipstick, usahakan oli tidak tidak kurang atau habis, karena dapat merusak transmisi matic.

transmisi matik- 2

3. Gaya Berkendara Terlalu Sering Kickdown

Pastikan saat ingin melakukan engine brake atau kickdown pada mobil matic sesuai dengan kebutuhan. Jika tidak, mobil matik Anda akan cepat rusak dan sering bermasalah.

4. Penempatan Tuas Transmisi Tidak Sesuai

Pastikan Anda menggunakan tuas transmisi sesuai petunjuk, misal saat ketika Anda ingin menanjak atau turun pastikan gunakan tuas L jangan sampai memposisikan tuas di D, karena bila tidak sesuai penempatan akan menyebabkan transmisi cepat rusak.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles