close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

9 Tips Dapatkan iPhone Bekas Terbaik serta Berkualitas

iphone bekas

Jika Anda tertarik membeli iPhone bekas, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Oleh karena itu kami sajikan apa saja langkah yang diperlukan sebelum membeli smartphone dari keluaran Apple tersebut

iPhone merupakan smartphone keluaran Apple yang begitu digemari banyak orang. Desain elegan ditambah performanya menawan membuat iPhone banyak dipilih sebagai smartphone harian meski harganya sangat mahal jika dibandingkan dengan merk lain. Nah! Bicara soal harga yang selangit, tak jarang orang melirik iPhone bekas sebagai pilihan.

Sebagai contoh, iPhone 12 generasi terbaru kini dibanderol belasan juta rupiah, itupun untuk varian storage terendah. Sedangkan untuk model tertinggi, iPhone 12 Pro Max 512GB, harganya setara dengan satu unit motor matic. Melihat hal tersebut, maka tak heran konsumen dengan budget terbatas mencari alternatif lain untuk menikmati fitur dan kecanggihan teknologi dari smartphone premium tersebut.

iphone bekas-2

Tips Cerdas Membeli iPhone Bekas

Membeli iPhone bekas tak perlu dipandang sebagai sesuatu yang memalukan. Dalam koridor yang positif, langkah ini justru dapat menjadi cara untuk menghemat uang Anda dalam menikmati smartphone berkelas besutan Apple tersebut.

Namun, mengingat statusnya sebagai produk yang laris, iPhone kerap jadi sasaran oknum-oknum penjual yang nakal demi meraih keuntungan maksimal. Supaya Anda tak tertipu, alangkah baiknya Anda simak dulu tips beli iPhone bekas berikut ini.

1. Tentukan Pilihan iPhone Bekas

Untuk menentukan model iPhone mana yang Anda inginkan. Anda wajib mengevaluasi detail spesifikasi tiap produknya. Seperti iPhone 11 series, X series, iPhone 8 series, atau iPhone 7 series.

2. Telusuri Harga Pasaran

iphone bekas jualo

Di zaman serba internet seperti ini, hampir semua hal bisa Anda lakukan secara online. Termasuk mengecek harga pasaran iPhone incaran. Cukup berkunjung ke platform jual beli atau e-Commerce kesayangan Anda, dan cari iPhone yang diinginkan. Sebagai acuan, berikut harga pasaran iPhone bekas yang berhasil kami rangkum.

Kisaran Harga iPhone Bekas 2021

iPhone 11 Series Rp 9 juta – Rp 16 jutaan
iPhone X Series Rp 7 juta – Rp 10 jutaan
iPhone 8 Series Rp 4 juta – Rp 7 jutaan
iPhone 7 Series Rp 3 juta – Rp 6 jutaan
iPhone 6 Series Mulai dari Rp 2 jutaan

Bisa Anda amati sendiri, semakin panjang usia iPhone tersebut, maka semakin terjangkau pula banderol harganya. Untuk iPhone X series dan iPhone 11 series yang relatif masih muda, Anda akan mendapatkan diskon harga rata-rata hingga 30 persen lebih murah dari harga orisinalnya.

3. Sebaiknya Beli Dari Perseorangan

Dengan kupon cashback atau gratis ongkos kirim yang kemungkinan besar diperoleh dari e-Commerce saat membeli iPhone bekas yang harganya mencapai jutaan rupiah, banyak orang yang pastinya akan tertarik untuk menempuh pembelian lewat jalur ini. Namun, kami sangat menyarankan Anda untuk membeli iPhone bekas melalui perseorangan. Kenapa?

Sederhana saja, karena jika Anda membeli lewat tangan perseorangan, Anda dapat memeriksa kondisi barang secara ekstensif. Anda bisa sekalian memeriksa dan menguji pakai aksesoris yang menyertainya serta mengecek langsung nomor IMEI iPhone bekas tersebut.

Sehingga, jika ada masalah yang sulit Anda toleransi kekurangannya, Anda dapat mengurungkan niat dan membatalkannya. Selain itu, kalau Anda beruntung, Anda bahkan bisa melakukan negosiasi hingga mendapatkan iPhone di harga yang sangat miring dari harga awal yang diinginkan oleh penjual.

4. Cek IMEI

imei iphone bekas

Anda pasti sudah mendengar aturan baru di Republik Indonesia terkait produk telepon seluler resmi yang beredar. Dalam aturan ini, konsumen harus sigap melakukan pengecekan nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) di situs Kemenperin. Berikut tautannya untuk pengecekan nomor IMEI.

Untuk memastikan bahwa iPhone bekas yang Anda mau bukanlah barang black market yang rawan malfungsi, pastikan untuk mengecek nomor IMEI smartphone tersebut. Selain mencocokkannya langsung di situs Kemenperin, Anda juga dapat memeriksa boks kemasan.

5. Periksa dan Atur Ulang iCloud serta Apple ID

Dalam ekosistem iPhone, iCloud dan Apple ID adalah dua faktor penting yang saling berkaitan satu sama lain. iCloud adalah layanan awan terintegrasi, sedangkan Apple ID berfungsi laiknya KTP Anda untuk mengakses iPhone.

apple id iphone bekas

Dengan iCloud, Anda dapat menyimpan data-data privat, aplikasi, dan bahkan kata sandi Anda di tempat yang lebih aman. Fitur ini makin penting terutama bagi pengguna yang memiliki gawai Apple yang lain, seperti iPad atau MacBook.

Selanjutnya, Anda juga harus punya Apple ID sebagai cara untuk mengakses layanan Apple seperti App Store, iTunes, FaceTime, dan juga iCloud. Ingat, Apple ID dan akun Google adalah dua hal yang berbeda.

Saat Anda membeli iPhone bekas, wajib memastikan bahwa ruang penyimpanan iCloud perangkat tersebut sudah dikosongkan. Sekalian dengan Apple ID, mintalah penjual atau pengguna sebelumnya untuk me-reset ulang kedua fitur ini. Cara ini juga dilakukan untuk memastikan bahwa iPhone yang Anda inginkan bukanlah hasil curian.

6. Cek Kondisi Barang Secara Menyeluruh

Berikutnya sudah mulai masuk ke tahap yang sangat serius. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam penggunaan jangka panjang, Anda harus aktif mengecek kondisi secara menyeluruh.

Beberapa masalah umum yang sering menimpa pengguna iPhone adalah baterai yang cepat terkuras, data-data hilang (biasanya akibat proses jailbreak), panas bodi berlebih, beberapa aplikasi terhenti tiba-tiba, Face ID tidak berfungsi, atau bahkan layar sentuh yang tidak responsif.

7. Cek Keaslian Komponen lewat 3uTools

cek iphone bekas

Walaupun bukan cara resmi, tapi software 3uTools sudah dikenal sebagai alat yang ampuh untuk mengecek keaslian dari komponen iPhone. Lebih jauh, software ini dapat memverifikasi apakah komponen di dalam masih asli atau sudah diganti.

Anda bisa mencobanya dengan menginstal software ini di PC Anda. Cukup sambungkan iPhone yang ingin dibeli ke komputer dan program akan akan menampilkan hasil pengujian melalui segmen View Verification Report. Download software 3uTools lewat tautan berikut.

Apabila hasil semua komponen hijau (normal), maka Anda tak perlu ragu karena iPhone tersebut sudah pasti barang asli. Namun, jika muncul notifikasi merah, misalnya pada komponen baterai atau modul kamera, kami sarankan Anda membeli dari vendor lain saja.

8. Periksa Kelengkapan Kardus

kardus iphone bekas

Harga iPhone bekas yang tercantum di atas berlaku jika isi paket penjualannya masih lengkap. iPhone 11 series (rilisan tahun 2019) hingga iPhone 7 series seharusnya masih menyediakan adaptor daya, kabel lightning, EarPods, dan dongle jack audio 3,5 ke port lighting (pengecualian untuk beberapa model).

Jadi, ketika iPhone bekas yang dijual sudah tidak lagi menyertakan satu atau beberapa aksesoris yang kami sebutkan tadi, maka sebagai pembeli Anda berhak untuk meminta potongan harga jika pihak penjual masih mematok iPhone bekas miliknya di kisaran harga seperti yang kami cantumkan di atas.

9. Kalau Ada Garansi, Itu Lebih Baik

Rasanya sulit untuk mendapatkan iPhone bekas yang masa garansinya masih berlaku. Namun, meski garansi perusahaannya sudah lama berlalu, paling tidak Anda masih bisa memperjuangkan garansi dari pihak penjual. Pelapak online biasanya memberikan garansi mesin selama satu bulan.

Kalau masih bingung mencari iPhone bekas idaman, kalian bisa mendapatkannya melalui Jualo. Sebagai platform jual beli terpercaya, Jualo menghadirkan ribuan iklan iPhone bekas setiap harinya lho. Soal keamanan pun usah kuatir, karena seluruh pengiklan telah melewati berbagai tahap verifikasi sehingga transaksi makin aman dan nyaman.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram