close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

5 Cara Menjadi Seorang Mekanik Handal dan Terpercaya

mekanik

Menjadi pecinta otomotif sekaligus memiliki kemampuan di bidang tersebut terkadang membuat sebagian orang memutuskan untuk menjadi mekanik

Mekanik atau montir merupakan profesi yang saat ini sangat banyak diminati di Indonesia, khususnya bagi seseorang yang menempuh pendidikan jenjang SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Ditambah, industri otomotif Tanah Air yang terus berkembang pada akhirnya membuat profesi ini sangat dibutuhkan.

Akan tetapi, menjadi seorang mekanik yang handal tentu hal yang tak mudah. Ada proses yang mesti dilalui untuk mencapai tahap tersebut agar Anda mendapat kepercayaan dari para pelanggan. Apalagi, saat ini tidak sedikit mekanik ‘nakal’ yang menipu konsumen dengan menaikkan harga jasa atau spareparts.

Untuk lebih jelas dan lengkap, berikut ini kami sajikan kiat atau langkah untuk menjadi seorang mekanik handal:

1. Menyukai Dunia Otomotif

Suka dengan mobil adalah salah satu hal yang akan sangat mendukung seseorang menjadi mekanik yang handal. Menyukai sesuatu akan mendorong seseorang untuk bisa mendalami hal tersebut, sampai dengan memperbaiki mobil. Maka, kemampuan pun akan semakin bertambah, sehingga bisa menjadi seorang mekanik mobil handal.

2. Mempelajari Mesin & Parts

Salah satu pilihan yang bisa dilakukan sebelum menjadi mekanik handal adalah mempelajari beberapa bagian yang akan ditemui pada saat bekerja. Hal ini bisa dipelajari secara langsung pada kendaraan Anda sendiri. Anda bisa mendapat lebih banyak pengalaman yang bermanfaat saat memperbaiki mobil.

3. Ikut Kursus atau Pelatihan

Siapa pun bisa mengikuti kursus mekanik auto untuk mempelajari lebih banyak hal tentang otomotif, terutama mobil. Tiap brand mobil memiliki fitur dasar sama, namun konfigurasinya berbeda. Maka, ini akan sangat membantu untuk mengetahui apa yang menjadi masalah tiap mobil dan cara penyelesaiannya.

4. Sertifikasi

Sertifikasi beberapa jenis kendaraan bisa meningkatkan kredibilitas seseorang di bidang otomotif. Siapa pun bisa membaca sistem komputer untuk mempermudah urusan kerja. Hal ini bisa diperdalam, sehingga teknik pengerjaan dengan listrik yang tersertifikasi pun bisa membuat seseorang lebih kredibel. Biasanya jika Anda mengambil kursus atau pelatihan, di akhir akan diberikan sertifikasi yang penting untuk memperlihatkan kredibilitas sebagai seorang montir.

–> Bahaya yang Siap Mengancam Ketika Berkendara Saat Mabuk

5. Training di Bengkel Resmi

Terakhir, untuk menambah pengalaman setelah mengikuti pelatihan atau kursus, bisa langsung mempraktikan dengan belajar ke bengkel resmi. Di sana kalian bisa belajar dan melihat langsung montir yang telah berpengalaman sekaligus mempertajam jam terbang di dunia otomotif

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , ,

Story Page
Facebook
Instagram