Plat Nomor Mobil Bakal Dipasang Chip, Apa Fungsi dan Keuntungannya?
plat nomor mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Kebijakan baru bakal diambil oleh Korlantas Polri terkait plat nomor mobil yang bakal dipasangi chip. Apa alasan dan keunggulannya?

Selain mengubah warna dasar menjadi putih, Plat nomor mobil atau TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) nantinya bakal dilengkapi dengan Radio Frequency Identification (RFID) atau chip yang berisi data pemilik kendaraan.

Korlantas Polri mengklaim teknologi RFID bisa lebih efektif mendeteksi data registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor. Lantas apasih keunggulannya? Berikut Jualo sudah rangkumkan informasinya untuk Anda.

1. Database Mobil dan Pemiliknya Mudah Diakses

Dengan bantuan chip, polisi tahu persis identitas ranmor (kendaraan bermotor) maupun kepemilikannya ketika terbaca oleh kamera eTLE. Plat nomor mobil RFID dimanfaatkan untuk mendukung penerapan tilang elektronik atau ETLE (electronic traffic law enforcement). Selain itu, plat nomor kendaraan berteknologi RFID bisa terintegrasi dengan sistem berbasis komputerisasi sehingga diklaim lebih efektif untuk memantau data regident di jalan.

plat nomor mobil - 2

Perubahan warna dasar plat yang diganti menjadi putih

2. Mengakses Track Record Kendaraan di Jalan

Kegunaan kedua, yakni dari plat nomor mobil yang diberi chip dapat diketahui apakah kendaraan tersebut pernah mengalami kecelakaan atau tidak. Dengan kata lain, terdapat data record yang tersimpan dalam chip. Data record dalam chip juga memuat apakah kendaraan yang dimaksud pernah melakukan pelanggaran atau tidak, misalnya melanggar lampu merah atau yang lainnya.

3. Dipakai Untuk Transaksi Non Sentuh

Pemanfaatan RFID juga bisa diperluas seperti pembayaran parkir hingga transaksi tol nirsentuh. RFID penting untuk pengembangan aplikasi pemanfaatan database ranmor, seperti ETLE, eToll, ERP, eParking, dan sebagainya.

–> ATURAN DAN SKEMA TERBARU DISKON PPNBM MOBIL BARU 2022

Sudah Diuji Coba oleh Jasa Marga

plat nomor mobil -3

Fitur RFID sudah diaplikasikan di beberapa gerbang tol Indonesia

Pada dasarnya, teknologi RFID bukan barang baru di Indonesia. Pasalnya PT Jasa Marga sudah mensosialisasikan sistem pembayaran dengen menerapkan stiker RFID yang dipasang pada bagian lampu utama mobil untuk transaksi tol nirsentuh atau touch-less transaction Single Lane Free Flow (SLFF) pada Maret 2021 lalu.

Teknologi ini sedikit banyak membantu kelancaran berlalu lintas karena bisa membayar tol tanpa berhenti. Namun implementasi RFID pada pelat nomor membutuhkan proses lebih panjang. Dalam waktu dekat, baru akan dimulai perubahan warna plat dasar, yang tadinya hitam menjadi putih pada pertengahan tahun 2022.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles