close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Langkah Membuat CV Menarik Agar Dilirik HRD di Tahun 2021

CV Menarik

Kesulitan atau sedang bingung mencari lowongan kerja? Simak beberapa tips membuat CV atau Curriculum Vitae yang menarik sehingga dilirik oleh HRD

Umumnya, sebuah perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan akan meminta Curriculum Vitae atau yang dikenal dengan CV untuk memudahkan perusahaan tersebut mengenal Anda. Dan biasanya di dalam CV tertulis pengalaman kerja serta identitas singkat Anda sebagai pelamar kerja. Namun, sebenarnya tidak hanya pengalaman yang akan dilirik, melainkan tampilan CV harus dibuat semenarik mungkin agar menarik perhatian serta tampil beda dengan pelamar lain.

Lantas, seperti apasih membuat CV lamaran kerja yang baik dan menarik? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Layout CV Menarik

Layout CV Menarik

Untuk Contoh CV menarik, yang pertama buat layout semenarik mungkin. Bisa dengan membuatnya jadi dua bagian, dengan kolom sempit di sisi kiri atau kanan halaman.

Tempatkan bagian profil pribadi di sisi kiri, mencakup biodata singkat, keterampilan, kompetensi perangkat lunak, bahasa, dan detail kontak di kolom, bersama dengan foto di kolom yang sama. Jangan lupa untuk mengganti warna latar kolom untuk membuatnya tampak berbeda secara visual.

Lalu tempatkan potongan informasi yang lebih rinci, seperti pengalaman kerja, pendidikan, dan kualifikasi Anda, di kolom yang lebih luas. Pola pembagian desain letak akan membantu Anda memaksimalkan ruang terbatas yang tersedia di tata letak CV kreatif Anda.

2. Buat CV Mudah Dibaca

CV Menarik-mudah dibaca

Langkah membuat CV menarik berikutnya, jangan gabungkan semua informasi Anda bersama-sama. Gunakan struktur kisi, yakni dengan kolom dan baris untuk tata letak CV. Pemisahan itu berfungsi untuk membagi data agar lebih mudah dibaca dan enak dilihat.

Jangan lupa untuk selalu membaca ulang CV. Saat menganalisis CV Anda sendiri, bacalah seolah-olah Anda menjadi seorang HRD. Anda bisa menilai CV yang telah dibuat, apakah sudah cukup menarik dan baik (secara konten maupun editing) atau justru sebaliknya. Jika menurut Anda CV yang dibuat kurang menarik dan meyakinkan, segera perbaiki. CV merupakan gerbang perusahaan untuk mengenali kemampuan Anda, di antara sekian banyak pesaing lain. Karena itu, penting untuk mengolahnya semenarik dan sebaik mungkin.

3. Sesuaikan CV dengan Keahlian

CV Menarik-sesuai keahlian

Sesuaikan desain CV dengan keahlian khusus yang Anda miliki. Mengapa? Karena CV yang akan dilihat oleh HRD adalah CV yang memiliki informasi kandidat dengan keahlian yang mendekati yang dibutuhan oleh perusahaan tersebut.

Misal, jika Anda seorang pewarta, buatlah CV dengan desain bertemakan jurnalistik. Dengan demikian, CV yang dibuat akan terlihat lebih menarik dan akan membuat HRD senang membaca CV Anda.

Dalam membuat CV, tidak hanya kreativitas yang perlu dimaksimalkan. Anda juga patut menyeimbangkannya dengan dengan profesionalitas Anda. Tetap berikan informasi detail mengenai kemampuan dan kompetensi Anda berdasarkan pengalaman yang dimiliki, Tulis secara rinci di setiap kontennya.

–> Tips Ampuh Buat Fresh Graduate yang Lagi Mencari Lowongan Kerja 2021

4. Saatnya Melamar Kerja dengan CV Terbaik Anda

Di era digital seperti sekarang, melamar pekerjaan jauh lebih mudah berkat hadirnya teknologi digital. Setelah Anda membuat CV dengan baik, bisa langsung mencoba melamar pekerjaan secara online tanpa harus mendatangi perusahaan.

CV Menarik-2

Anda bisa mencari lowongan melalui sosial media, atau melalui informasi iklan lowongan kerja terpercaya seperti Jualo. Selain lebih mudah, aplikasi lowongan kerja juga biasanya lebih dapat dipercaya dan sudah dilengkapi dengan kualifikasi, alamat, serta gaji yang ditawarkan.

Cara melihat informasi lowongan kerja 2021 melalui Jualo pun cukup mudah. Tinggal masuk ke website Jualo.com,  pilih menu “Pekerjaan” dan klik sub-menu “Lowongan Kerja”.  Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman yang berisikan ribuan informasi lowongan kerja terbaru saat ini, dan Anda bisa dengan mudah melamar pekerjaan terbaru di tahun 2021.

Untuk memberikan rasa aman kepada Anda yang sedang mencari iklan lowongan kerja, Jualo juga memiliki fitur filter untuk akun terverifikasi. Dengan adanya akun terverifikasi, maka informasi iklan yang ditampilkan bisa lebih terpercaya karena akun yang memposting iklan tersebut sudah melalui standar verifikasi ketat dari Jualo.com.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , ,

Story Page
Facebook
Instagram