close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Pahami Arti Huruf & Angka pada Tuas Transmisi Mobil Matic

mobil matic

Buat Anda yang ingin belajar mengendarai mobil matic, ada baiknya mengetahui dan memahami huruf dan angka yang ada pada tuas transmisi

Mobil matic di jaman sekarang memang banyak digemari karena kemudahan pengoperasian yang ditawarkan. Di mana Anda hanya perlu menginjak dua pedal saja, gas dan rem. Namun, bagi Anda para pemula yang ingin mengendarai mobil matic, sebaiknya memahami terlebih dulu arti huruf dan angka yang ada pada tuas transmisi.

mobil matic-2

Pengoperasian mobil matic lebih mudah dibanding transmisi manual

Keunggulan Transmisi Matic

Jika dibandingkan dengan jenis manual, memang ada beberapa kelebihan dan kekurangan mobil matic yang cukup kentara. Dari sisi kelebihan, pada mobil jenis matic terdapat beberapa kelebihan yang tidak bisa didapatkan pada mobil jenis manual, beberapa di antaranya:

1. Penggunaan lebih mudah

Salah satu kelebihan dari mobil matic yaitu adanya dukungan komponen transmisi matic yang mampu memudahkan pengendara ketika akan mengemudikannya. Inilah alasan transmisi matic menjadi populer dan saat ini banyak dipilih konsumen roda empat sebagai kendaraan sehari-hari.

2. Tidak membuat kaki pegal

Salah satu dampak dari penggunaan transmisi matic yang mudah, yaitu dari segi kenyamanan yang juga meningkat. Tidak seperti penggunaan mobil manual yang perlu melakukan perpindahan gigi, di mobil dengan transmisi matic pengendara cukup menggunakan satu kaki untuk gas dan rem.

mobil matic-3

Mobil transmisi otomatis cocok digunakan untuk kondisi lalu lintas padat seperti Jakarta

3. Lebih aman untuk jalanan menanjak

Salah satu kelebihan dari mobil bertransmisi otomatis terlihat saat dihadapkan dengan jalanan menanjak. Sebab mobil tidak rawan mundur layaknya mobil manual. Bahkan saat kondisi jalan macet di tanjakan, maka mobil tidak membahayakan pengemudi.

4. Cocok menghadapi kemacetan

Biasanya para pengguna mobil manual akan kerepotan saat dihadapkan dengan jalanan macet. Hal ini karena kondisi jalan macet mengharuskan pengendara melakukan oper gigi lebih rutin. Inilah mengapa kaki justru mudah pegal dan tidak nyaman.

Nah, setelah mengetahui keunggulan dari mobil matic, Jualo berikan arti huruf dan angka yang tertera di tuas transmisi agar Anda tidak salah dalam menggunakannya. Untuk lebih jelas, berikut penjelasannya.

mobil matic-4

  • P atau Parking

Posisi tuas ini digunakan saat kendaraan parkir. Dengan mengarahkan tuas pada huruf P maka transmisi terkunci pada posisi ini. Dengan begitu, mobil tidak bisa lagi bisa didorong. Selain itu, posisi ini juga merupakan awal menghidupkan mesin dan melepaskan kunci kontak.

  • R atau Reverse

Posisi ini digunakan ketika pengemudi akan menjalankan mundur mobil. Sama seperti pada transmisi manual.

  • N atau Neutral

Dalam posisi ini mobil akan diam, karena hubungan mesin dengan roda dalam keadaan bebas. Sama seperti pada transmisi manual.

  • D atau Drive

Posisi drive digunakan saat berjalan dengan normal.

–> Cara Mudah Deteksi Kopling Mobil Manual yang Mulai Bermasalah

  • 2/S atau Second

Merupakan posisi di mana mobil dikendarai di medan yang menanjak atau pegunungan. Tetapi, tanjakannya tidak terlalu curam. Angka akan menahan mesin di gigi dua saja.

  • 1/L atau Low

Yang terakhir adalah 1/L atau low yang digunakan saat menghadapi medan tanjakan sangat curam. Dengan menggunakan posisi ini maka mesin bakal menahan posisi gigi di angka 1 atau paling rendah untuk menghasilkan torsi maksimal dari mesin.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , ,

Story Page
Facebook
Instagram