close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Cara Memilih dan Rekomendasi Plafon PVC Terbaik untuk Hunian

plafon pvc

Banyak cara bisa dilakukan untuk mempercantik rumah. Salah satunya dengan memanfaatkan plafon PVC sebagai langit-langit ruangan.

Penggunaan plafon PVC mungkin terdengar asing bagi Anda, pasalnya metodeo ini memang jamak digunakan pada gedung-gedung mewah, hotel, atau restoran saja. Sedangkan untuk rumah biasa, masyarakat lebih banyak memakai plafon berbahan dasar gypsum atau triplek.

Apa Plafon PVC?

Polyvinyl Chloride atau biasa yang disingkat PVC biasanya lebih dikenal sebagai jenis polimer yang dijadikan bahan pembuat pipa air. Meski lebih banyak digunakan pada pipa air, untuk plafon PVC menggunakan bahan berbeda tentunya. Dan PVC hadir dalam dua bentuk dasar, yakni kaku dan fleksibel. Nah, untuk struktur hunian, bahan fleksibel lebih banyak digunakan karena kuat namun ringan.

–> Beli Rumah vs Sewa, Manakah yang Lebih Baik?

gambar plafon pvc

Kelebihan Plafon PVC

Mengenai hal ini, plafon PVC punya banyak keunggulan dibandingkan plafon berbahan gypsum, triplek, atau fiber semen. Bahan plafon PVC lebih lentur dan ringan, serta mampu bertahan selama puluhan tahun. Keawetan ini disebabkan karena kandungan Polymer Isosianat membuat plafon PVC tidak akan terurai atau lapuk.

Selain itu, pemasangan pun lebih mudah dengan memanfaatkan sistem bongkar pasang saja sehingga instalasinya lebih cepat. Serta yang paling penting, material plafon PVC tahan bocor dan rayap karena materialnya memiliki pori-pori rapat. Serta tidak perlu repot ketika ingin membersihkan. Cukup bersihkan kotoran dengan sapu atau kain bersih maka kotoran pun hilang.

bahan plafon pvc

Kekurangan Plafon PVC

Terlepas dari banyak kelebihan, PVC juga punya beberapa kekurangan. Diantaranya bahan klorin yang cukup tinggi. Seperti diketahui klorin merupakan salah satu zat berbahaya bagi manusia, terutama jika sudah menjadi gas. Berikutnya adalah bahan yang sulit didaur ulang sehingga berpotensi mencemari lingkungan dalam jangka panjang.

–> Rasakan Kemudahan Jual Mobil LCGC dengan Premium Listing

Jenis Plafon PVC

1. Plafon PVC Motif Kayu

Plafon PVC motif kayu ini memiliki beberapa model, yakni flat doff rose wood, flat dove walnut rose dan flat gloss brown wood grain.

2. Plafon PVC Motif Garis

Untuk motif ini, terdapat beberapa model yang dapat Anda jadikan inspirasi, hologram wood, hologram line, silver hybrid dan red peach hybrid Untuk menghasilkan motif yang menarik, Anda dapat mengkombinasikan beberapa warna tersebut. Jangan khawatir jika dalam desain motif, Anda harus memotong plafon karena PVC terbuat dari bahan yang lentur.

motif garis plafon pvc

Cara Memilih Plafon PVC

Setelah Anda mengetahui kelebihan serta kekurangan, harga, hingga merek dan harga plafon PVC. Kini, sebelum memilihnya, lebih baik Anda mengetahui cara memilih plafon PVC yang benar. Seperti tips dari Eansmachine, dan AGS berikut ini.

1. Ukuran Plafon yang Tepat

Pilih ukuran serta tebal PVC yang tepat sesuai kebutuhan Anda.. Jangan sampai yang terlalu tebal atau terlalu tipis ya.

2. Pilih Merek Terbaik

Nah, cari tahu mana merek terbaik dari produsen atau penjual PVC. Merek-merek di atas bisa jadi opsi untuk Anda.

3. PVC yang Elastis atau Tidak?

Anda dapat memutuskan apakah mau menggunakan PVC elastis atau yang solid seperti penjelasan sebelumnya.

4. Apakah PVC butuh bahan tambahan?

Cari PVC yang sudah dapat dipasang lebih mudah, tanpa bahan tambahannya ya. Perlu Anda ketahui, plafon PVC berbentuk lembaran sehingga tukang harus memasang satu demi satu dan bertahap. Tukang yang sembarangan dalam bekerja bisa memasang asal tempat dan menyebabkan rongga pada sambungan, karena tidak memperhatikan jarak antar lembaran. Rongga ini akan membuat plafon menjadi tidak rapi dan debu mudah masuk.

Penggunaan lem perekat juga penting untuk menghasilkan desain yang rapi. Jenis lem perekat hitam atau yang bening harus disesuaikan dengan keseluruhan desain. Pada plafon yang terang, lem perekat hitam yang kotor bisa mengganggu pemandangan.

–> Perhatikan 11 Poin Penting Berikut Sebelum Membeli Rumah KPR

Merek dan Harga Plafon PVC

Keunggulan plafon PVC membuat harganya sedikit lebih tinggi. Biasanya, harga plafon ini dihitung dalam satuan per meter persegi, dengan panjang dan ketebalan yang bervariasi. Berikut daftar harga plafon PVC yang kami kumpulkan dari berbagai sumber:

Merk Harga
Wifon PVC Rp 21.000
Warren PVC Rp 22.000
Shunda PL 2506 PVC Rp 26.600
Kingfon K902 PVC Rp 26.000
Kingfon K9208 PVC Rp 29.000
Shunda PL 08.005 PVC Rp 30.500

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , ,

Story Page
Facebook
Instagram