close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Perhatikan 11 Poin Penting Berikut Sebelum Membeli Rumah KPR

rumah kpr

Berikut ini Jualo berikan 11 tips penting bagi Anda yang ingin membeli rumah KPR sebagai hunian pertama bersama keluarga.

Mencari rumah pertama yang sesuai dengan budget merupakan perkara yang tak mudah. Khususnya untuk Anda yang pertama kali ingin membeli rumah. Sering kali para first time buyer ini urung mengajukan pembelian rumah KPR (Kredit Pemilikan Rumah) akibat rumor sulitnya proses yang harus dilalui. Padahal, membeli rumah pertama bukan hal mustahil diwujudkan, apalagi kalau mengetahui tipsnya.

Apa Sih Rumah KPR?

KPR merupakan produk pembiayaan atau pinjaman yang diberikan kepada pembeli rumah dengan skema pembiayaan sampai dengan persentase tertentu dari harga rumah atau properti. Sampai saat ini, KPR di Indonesia masih disediakan oleh perbankan, meski sudah ada beberapa perusahaan pembiayaan lain (leasing yang juga menyalurkan pembiayaan dari lembaga sekunder pembiayaan rumah.

Dengan KPR masyarakat tidak harus menyediakan dana sejumlah harga rumah. Namun cukup menyiapkan dana untuk uang muka saja dan sisanya dapat diangsur setiap bulan selama jangka waktu KPR yang telah disepakati. Boleh dibilang, rumah KPR sangat membantu untuk Anda yang ingin memiliki rumah namun belum memiliki sejumlah uang untuk membayar cash.

Lalu berbicara mengenai DP (Down Payment) minimal, setiap bank menerapkan aturan berbeda. Meski biasanya dp menimal untuk KPR sebesar 15 persen dari harga rumah. Untuk lebih jelas, ada baiknya Anda langsung mengunjungi bank pilihan yang ingin dijadikan partner dalam mencicil rumah.

Nah, sebelum membeli rumah, ada baiknya Anda memahami lebih jauh seluk-beluk sistem KPR. Apa saja? Simak ulasan lengkapnya berikut.

–> Sewa Rumah atau Cicil KPR, Mana yang Lebih Baik?

Bersihkan Rekam Jejak Kredit

Rekam jejak kredit pasti akan ditelusuri oleh pihak bank saat Anda mengajukan aplikasi KPR. Jadi langkah penting yang harus dilakukan sebelum mengajukan aplikasi KPR, yaitu menjaga pola pembayaran semua tagihan. Tips penting adalah dua tahun sebelum aplikasi pengajuan KPR diterima bank.

Jaga Alur Rekening

Hindari terlalu sering memindahkan uang antar rekening, karena pihak bank akan mempertanyakan hal tersebut. Meskipun bukan isu besar, tetapi bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan akhir pengajuan Anda. Jadi apabila beberapa tahun ke depan Anda berencana membeli rumah dengan sistem KPR, sebaiknya jaga alur rekening dari sekarang.

Pertimbangkan Besaran Uang Muka

Bank Indonesia (BI) saat ini sudah memberi kewenangan kepada pihak bank dalam menentukan besar uang muka alias down payment (DP). Jika mempunyai dana lebih, maka enggak ada salahnya untuk memaksimalkan DP. DP maksimal bisa memperkecil jumlah angsuran setiap bulannya. Dengan begini akan lebih ringan ke depannya.

–> Trik Dekorasi Kamar Bergaya Vintage dengan Budget Terbatas

tenor kredit rumah kpr

Rekam Jejak Karier

Ingat, konsistensi dalam rekam jejak karir juga mempengaruhi penilaian saat mengajukan KPR. Nah, untuk memperbesar peluang pengajuan KPR diterima, setidaknya Anda sudah bekerja selama dua tahun di satu perusahaan. Sering berpindah kerja dengan status karyawan yang tidak menentu bisa memperkecil peluang tersebut.

Jenis KPR

Terdapat dua jenis bantuan kredit pemilikan rumah (KPR) yaitu KPR subsidi pemerintah dan non-subsidi. KPR bersubsidi dikhususkan bagi penduduk yang memiliki penghasilan menengah kebawah. Subsidi ini meliputi pembayaran down payment (DP) dan suku bunga yang lebih rendah dibandingkan dengan KPR non-subsidi. Sedangkan KPR non-subsidi dapat diajukan oleh seluruh golongan masyarakat.

–> Keuntungan yang Didapat saat Membeli Rumah Cluster di Jualo

Biaya KPR

Terdapat biaya KPR lain yang seringkali diabaikan oleh para nasabah. Biaya tersebut merupakan biaya administrasi dalam kepengurusan pembelian rumah dengan KPR. Biaya administrasi yang dibebankan biasanya meliputi biaya administrasi bank, biaya sertifikat, biaya asuransi, biaya jasa notaris/PPAT, dan biaya lainnya yang masih berhubungan. Pastikan kamu telah membandingkan biaya tersebut diantara beberapa bank penyedia KPR.

Tenor Pembiayaan Kredit

Jangka waktu pembayaran KPR dapat disesuaikan dengan kemampuan, berdasarkan  jumlah pendapatan yang didapatkan. Beberapa bank rata-rata memberikan jangka waktu 15 hingga 20 tahun. Perlu diingat, semakin lama tenor pembayaran yang kamu pilih, semakin besar pula harga properti yang harus kamu tebus. Jadi, bijak-bijak lah untuk memilih tenor pembayaran KPR agar nantinya tidak menjadi sebuah beban.

survei rumah kpr

Survei Lingkungan Rumah

Sudah mencari hunian secara online, lalu menemukan pilihan yang klik? Maka langkah selanjutnya adalah survei. Saat melakukan survei berarti Anda harus turun langsung ke lapangan untuk mengamati dan mempelajari lingkungan rumah. Perhatikan seperti apa tempat tinggal Anda, tetangga, dan sebagainya agar mudah beradaptasi ke depannya.

Pilih Rumah yang Sesuai Kebutuhan

Siapa sih yang tidak ingin tinggal di rumah yang besar dan bagus? Ini adalah impian setiap orang. Namun saat membeli rumah pertama dengan sistem KPR tentu akan lebih bijaksana apabila memilih yang sesuai kebutuhan. Ingat, rumah besar dan bagus bukan berarti lebih baik. Jadi, jangan terpaku dengan kategori ini.

Baca Kontrak dengan Cermat

Saat membeli rumah, baik yang pertama atau kedua dan seterusnya, Anda harus sangat cermat dalam membaca berbagai kontrak. Kontrak tersebut bisa berupa surat-surat atau dokumen penting dari bank atau agen penjual rumah. Jika ada istilah yang tidak dimengerti, maka tanya hingga semuanya jelas dan bisa dipahami oleh Anda.

kontrak rumah kpr

–> Update informasi terbaru seputar Jualo di social media TikTok @Jualocom

Hindari Membeli Rumah karena Faktor Emosional

Tips terakhir sebelum membeli rumah KPR sebisa mungkin hindari membeli karena emosi. Tips yang satu ini memang terdengar sepele, tetapi tidak kalah penting dari tips lainnya. Ingat, hal yang sedang Anda beli adalah rumah. Jadi usahakan jangan terpikat oleh hal-hal emosional.

Itu dia 11 tips membeli rumah dengan sistem KPR. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda sebagai first time buyer ya. Atau jika Anda ingin referensi mengenai rumah KPR, Jualo siap memfasilitasi lho. Sebagai platform jual beli terbesar di Asia Tenggara, Jualo menghadirkan beragam tipe rumah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget.  Yuk temukan hunian idaman hanya di Jualo!

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram