Tips Merawat Mobil Warna Hitam Supaya Awet & Kinclong
mobil warna hitam

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Mobil warna hitam sejak lama memang jadi pilihan favorit karena memberikan kesan elegan dan mewah. Namun, perlu dicatat kalau warna hitam perlu perawatan ekstra

Meskipun mobil berkelir putih kini lebih mendominasi, tidak sedikit masyarakat yang tetap setia dengan mobil warna hitam. Selain tidak membosankan, hitam dipilih karena terlihat abadi serta menambah kesan mewah.

Akan tetapi, hitam merupakan warna yang menyerap cahaya sehingga jika timbul baret atau kotoran langsung terlihat jelas. Alhasil, mobil jadi gampang kusam, apalagi kalau Anda malas membersihkan. Dan untuk merawatnya pun tak bisa sembarangan karena ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar mobil tetap kinclong seperti baru. Berikut Jualo sajikan beberapa tips yang mungkin membantu Anda dalam merawat mobil warna hitam kesayangan.

1. Cuci Mobil Secara Rutin

Tujuannya agar bodi mobil kamu tidak akan meninggalkan noda jamur di bodi mobil setelah terkena kotoran atau air. Jika mobil sudah dicuci, segera keringkan mobil setelah mencuci agar air tidak menimbulkan bercak atau jamur di bodi mobil. Pasalnya, jamur bisa terjadi jika ada air di permukaan cat mobil yang menguap karena terkena panas matahari.

2. Perhatikan Teknik Mengelap

mobil warna hitam-2

Perhatikan teknik mengelap serta gunakan kain berbahan microfiber

Lakukan proses mengelap dengan gerakan searah dan kain sedikit diangkat di bagian akhir untuk mengangkat kotoran yang terjaring. Lakukan secara halus dan perlahan, jangan terburu-buru karena kalau tidak sabaran bisa jadi kamu malah menggerakkan kain bolak-balik.

Jika ada sedikit saja debu di kain pembersih, gerakan tersebut akan membuat bodi mobil jadi baret. Jangan pula melakukan gerakan memutar lantaran akan membantu menimbulkan baret halus yang sama dengan gerakan bolak-balik hanya saja bentuknya memutar (swirl mark).

3. Pakai Paint Protection

Tidak ada salahnya kamu rutin memoles mobil ke salon mobil langganan. Biasanya di akhir proses pemolesan akan diaplikasikan paint protection. Langkah ini sangat baik untuk memulihkan lapisan pelindung (pernis) di cat mobil. Lakukan sekitar 3 bulan sekali, atau paling tidak 6 bulan sekali.

–> TIPS MERAWAT CAT MOBIL SUPAYA AWET & KINCLONG DI MUSIM HUJAN

4. Hindari Sabun Deterjen

mobil warna hitam-3

Jangan pernah gunakan sabun detergen karena dapat merusak cat

Sabun jenis ini punya kemampuan untuk mengikis permukaan dari kotoran. Memang terlihat efektif, tapi jangka panjang malah mengikis permukaan cat mobil. Alhasil mobil hitam kamu malah jadi terlihat kusam dan seperti tidak pernah dirawat. Oleh sebab itu hindari penggunaan sabun jenis ini dan pakai sampo khusus mobil yang banyak dijual di pasaran.

5. Jangan Pakai Kemoceng

Dengan alasan praktis dan cepat bersih, masih banyak orang yang menggunakan kemoceng dengan bahan bulu untuk membersihkan bodi mobil. Padahal bahan jenis ini punya potensi menimbulkan baret halus di bodi mobil karena ada bagian yang tajam dan keras.

Saat ini sudah banyak kemoceng dengan bahan kain mikrofiber, dan kamu bisa pakai kemoceng jenis ini. Pastikan gerakan tangan searah ketika membersihkan.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles