Tips Merawat Cat Mobil Supaya Awet & Kinclong di Musim Hujan
merawat cat mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Merawat cat mobil saat musim penghujan ternyata tak bisa sembarangan. Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan agar cat tetap awet dan kinclong

Musim penghujan membuat para pemilik mobil harus lebih ekstra dalam melakukan perawatan, jika dibandingkan dengan musim kemarau. Di mana mobil perlu perawatan lebih intens, khususnya pada bagian cat mobil kesayangan.

Pasalnya, tingginya kelembaban dan kandungan zat asam pada air hujan yang menempel di bagian mobil, bisa merusak cat dan menyebabkan karat. Selain itu, air hujan yang masuk ke dalam komponen mesin juga ternyata bisa mengganggu kinerja jika didiamkan. Oleh karena itu, ada beberapa tips merawat cat mobil di musim hujan yang sudah Jualo rangkumkan untuk Anda berikut ini.

1. Jangan menunda cuci mobil

cat mobil

Satu hal yang harus diingat saat musim hujan tiba, jangan pernah menunda cuci mobil. Air hujan yang dibiarkan mengering dengan sendirinya di bodi atau kaca bakal meninggalkan water spot atau bercak jamur. Oleh karena itu, ada baiknya usai mobil terkena hujan atau genangan air langsung dibilas dengan air bersih dan lap hingga kering.

2. Perawatan khusus agar cat mobil tetap awet

merawat cat mobil-2

Mobil yang sering terkena hujan tanpa diberi perawatan khusus lambat laun akan mengalami kerusakan pada permukaan cat mobil. Selain mencuci mobil, Anda dapat memberikan sentuhan lebih pada mobil dengan melakukan coating atau detailing. Hal ini bertujuan untuk menjaga warna cat mobil Anda agar tetap kinclong dan memberikan perlindungan dari air hujan dan residu yang dapat menimpulkan water spot.

3. Perhatikan kondisi wiper dan permukaan kaca

merawat cat mobil-4

Wiper mobil memegang peranan penting untuk menjaga keselamatan berkendara di tengah hujan. Selain memastikan kelayakan kondisi wiper, perhatikan kondisi wiper dan pastikan tidak ada kotoran yang menempel. Sebab, jika ada kotoran yang menempel maka saat wiper digunakan bisa membuat kaca mobil Anda baret.

–> 4 FAKTA MENARIK SEPUTAR BAYAR TOL TANPA HARUS TAP KARTU

4. Jangan lupa komponen mesin mobil

merawat cat mobil-3

Terakhir, jangan cuma cat saja yang wajib diperhatikan karena bagian mesin pun rawan rusak jika sering terguyur air hujan lho. Air yang masuk lewat celah kap bisa jadi salah satu faktor krusial menentukan performa mobil. Oleh karena itu, perlu dipastikan bahwa tidak ada satu pun fungsi komponen mesin yang terganggu karena adanya endapan kotoran yang terbawa oleh air hujan. Sebabnya, Anda perlu rutin mengecek bagian mesin atau jika memang malas membersihkan sendiri, Anda bisa mendatangi tempat detailing karena umumnya mereka menyediakan layanan engine cleaning.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles