close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Tips Sederhana Merawat Wiper Mobil Agar Awet & Selalu Optimal

merawat wiper mobil

Merawat wiper mobil merupakan langkah krusial, khususnya saat musim hujan tiba. Wiper mobil yang baik tentunya sangat membantu pandangan Anda di jalan jadi lebih maksimal

Sebagai pemilik mobil, sudah sepatutnya Anda mengetahui keberadaan komponen dan manfaatnya pada mobil Anda. Salah satu komponen sederhana pada mobil yaitu wiper. Wiper menjadi komponen bawaan wajib dari setiap mobil. Oleh sebab itu, ada harus mengetahui cara dan tips merawat wiper mobil agar terjaga keawetannya.

Fungsi Wiper

Fungsi dari wiper ini sendiri adalah sebagai pembersih kaca otomatis untuk membersihkan kotoran, air hujan, kabut yang dapat menghalangi pandangan pengendara. Keberadaan wiper depan dan belakang saat ini terasa amat penting demi kelangsungan berkendara, terutama di musim penghujan.

Penggunaan spion untuk mengawasi jalan tidaklah cukup. Disinilah kebutuhan wiper dibutuhkan untuk membersihkan kaca depan dan belakang mobil Anda. Meski termasuk komponen sederhana, keberadaan wiper tidak bisa disepelekan. Anda wajib memastikan kerja wiper depan belakang berfungsi dengan baik dan tepat. Berikut Jualo akan berikan tips sederhana merawat wiper mobil agar tetap awet dan optimal.

1. Jauhkan dari terik matahari

Tahukah Anda, terlalu lama menjemur mobil saat matahari sedang panas-panasnya dapat merusak wiper. Pasalnya, paparan sinar matahari pada wiper yang terlalu sering bisa membuat karet mengeras. Alhasil wiper tidak bekerja secara optimal dalam menyapu air, karena elastisitasnya berkurang.

2. Isi ulang cairan wiper secara rutin

merawat wiper mobil-4

Cairan wiper harus diperhatikan volume dan kuantitasnya saat mengisi ulang. Tabung tempat air wiper juga perlu dibersihkan jika terdapat endapan kotor. Anda bisa gunakan air biasa, sabun atau cairan komposisi kimia yang membersihkan kaca dengan maksimal.

3. Angkat wiper saat parkir di bawah sinar matahari

merawat wiper mobil-4

Angkatlah batang wiper Anda, saat Anda diharuskan untuk parkir mobil di luar ruangan yang terpapar sinar matahari. Terutama pada wiper kaca depan. Tujuannya adalah untuk menjaga elastisitas wiper agar tidak cepat mengeras dan kendor. Karena kaca panas tidak baik untuk wiper dan bisa membuat karetnya cepat rusak.

–> Kenali Bahaya Aquaplaning dan Cara Mengatasinya

4. Membersihkan wiper dengan sabun khusus

merawat wiper mobil-2

Karet wiper yang kotor dan tidak terawat, tak mampu menyapu segala jenis kotoran yang hinggap di kaca depan secara maksimal. Anda dapat membersihkan karet ini dengan cara mengelapnya menggunakan air sabun khusus pembersih mobil. Selain itu, gunakan air hangat untuk membersihkan sekaligus melembutkan karet wiper.

5. Bersihkan karet wiper secara berkala

Pembersihan ini untuk menghindari debu dan kotoran yang menumpuk pada penyangga maupun sela-sela karet wiper Anda. Perawatan karet wiper dapat dilakukan minimal 2 kali dalam seminggu secara berkala. Jika saat musim penghujan, pembersihan dapat dilakukan lebih rutin agar karet wiper bekerja lebih maksimal.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , ,

Story Page
Facebook
Instagram