Mengenal Fitur Electronic Parking Brake Serta Cara Kerjanya
electronic parking brake

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Pada mobil modern kini disematkan beragam fitur canggih yang memudahkan penggunanya, salah satunya adalah electronic parking brake dan auto hold

Seiring dengan perkembangan teknologi, fitur-fitur di dalam mobil pun semakin canggih. Semakin canggihnya fitur tentu memudahkan para pengemudi ketika berkendara. Misalnya saat bicara soal cara kerja rem tangan pada mobil, yaitu Electronic Parking Brake (EPB) dan Auto Hold.

Kebanyakan mobil-mobil jaman dulu dibekali rem tangan dengan tuas yang harus ditarik ke atas untuk mengaktifkannya. Namun semakin ke sini, tuas rem tangan justru sudah mulai ditinggalkan. Para pabrikan memilih untuk menggunakan rem tangan elektronik atau EPB sebagai gantinya.

Lebih Praktis

electronic parking brake-4

Anda tidak perlu lagi repot menarik tuas rem tangan

Secara tampilan, Electronic Parking Brake memang lebih modern dan simpel. Tak ada lagi tuas yang harus ditarik untuk mengaktifkan rem tangan, melainkan hanya menekan tombol. Rem tangan tradisional bekerja dengan cara sederhana, yaitu menarik tuas ke atas, maka akan ada dua kabel yang juga tertarik ke rem belakang. Dengan memberikan tekanan kepada kabel-kabel tersebut, bantalan rem menempel pada cakram untuk menahan roda belakang tetap di tempatnya.

Sedangkan electronic parking brake lebih modern karena keseluruhan sistemnya sudah elektrik. Dengan hanya menekan tombol EPB, motor listrik pada setiap kaliper rem akan menekan bantalan ke dalam cakram. Cara kerja fitur electronic parking brake sama seperti switch power window, kalau tombol di sentuh ke atas rem akan bekerja dan kalau disentuh ke bawah rem akan lepas.

electronic parking brake-3

Fitur auto hold berguna saat menghadapi kemacetan di jalanan menanjak

Auto Hold

Biasanya sejumlah pabrikan bakal melengkapi EPB dengan fitur Auto Brake Hold. Fitur satu ini merupakan sensor untuk menangkap ketika mobil berhenti dan pengemudi menginjak rem. Fitur ini sangat berguna ketika berada di jalanan menanjak dan terkena macet. Anda tinggal menekan tombol untukn mengaktifkan dan mencegah mobil mundur. Dan untuk menonaktifkannya Anda cukup menginjak pedal gas saja.

Kedua fitur tersebut juga membuat interior mobil tampil lebih elegan dan kekinian. Konsol tengah pun semakin luas karena absennya tuas rem. Ruang kabin akan terasa lebih luas dan konsol tengah bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan lainnya.

electronic parking brake-2

panelmeter akan memperlihatkan indikator saat kedua fitur tersebut aktif

–> MAU PAKAI PROFIL BAN MOBIL TIPIS? KETAHUI DULU KEKURANGANNYA

Keuntungan

Mobil yang telah mengusung electronic parking brake pun memiliki sejumlah keuntungan. Seperti saat parkir tak memerlukan usaha berlebih untuk mengunci roda agar mobil tidak berjalan. Hanya tinggal menekan tombol maka rem tangan akan aktif dengan sendirinya. Serta tampilan di bagian kabin menjadi lebih luas dan modern pastinya.

Kekurangan

Meskipun memberikan kemudahan dan kenyamanan saat berkendara, Electronic parking brake juga memiliki kekurangan, yakni bergantung pada aki mobil. Karena difungsikan dengan aki, apabila aki mobil alami soak atau rusak maka fitur ini tidak dapat difungsikan. Kalau sudah begitu, disarankan kepada Anda untuk langsung menghubungi bengkel terdekat untuk mengatasi masalah tersebut agar tidak menimbulkan bahaya dan kerusakan pada komponen lain.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles