Hujan dan Angin Kencang, Waspadai Ancaman Pohon Tumbang
pohon tumbang

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Selain banjir, risiko utama mengemudi mobil di tengah hujan deras serta angin kencang adalah pohon tumbang yang siap mengancam kapan saja

Akhir-akhir ini cuaca di Indonesia memang kurang bersahabat, di mana dilanda hujan yang disertai angin kencang. Hal tersebut tentunya sangat berbahaya untuk Anda yang berkendara, di mana potensi pohon tumbang sangat besar. Ditambah, beberapa wilayah Jakarta banyak ditemui pohon besar yang sudah tua sehingga memperbesar risiko tersebut.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, berikut Jualo akan berikan beberapa tips berkendara aman di musim hujan seperti sekarang.

Selalu pantau perkembangan cuaca

pohon tumbang-3

Rutin cek kondisi cuaca sebelum bepergian

Saat ini Anda bisa memantau perkembangan cuaca dari smartphone dengan mudah. Bila memang ada info akan ada hujan lebat dan angin kencang, lebih baik kamu menunda perjalanan. Atau kalau tetap harus berjalan, atur saat yang paling aman, seperti tunggu hingga hujan lebat dan angin kencang reda. Manfaatkan peta digital untuk memilih rute yang relatif aman dari potensi macet akibat hujan atau risiko obyek besar tumbang. Atau bisa juga memantau kanal social media dari akun resmi polisi, media online, pengelola jalan tol, atau akun lain yang sering memberi info terkini mengenai lalu lintas.

Sebisa mungkin jauhi objek besar yang berpotensi tumbang

Bagaimana kalau kondisi hujan lebat disertai angin kencang terjadi di tengah perjalanan? Kamu dituntut agar lebih fokus, meningkatkan kewaspadaan, dan mengurangi kecepatan mobil. Sebisa mungkin jauhi objek pohon, tiang listrik, atau papan reklame besar di jalan. Kalau tiba-tiba di depan ada obyek jatuh, seperti pohon tumbang, perhatikan arah jatuh dari obyek tersebut.

Jangan panik dan tetap fokus ke jalan di depan

pohon tumbang-4

Sebisa mungkin jauhi objek besar yang berpotensi tumbang, seperti pohon, tiang listrik, atau billboard

Bila jatuhnya tidak mengarah ke mobil Anda atau jalur jalan yang sedang dilalui, segera angkat kaki dari pedal gas sembari waspada kondisi sekeliling mobil. Tidak perlu manuver menghindar atau mengerem mendadak bila tidak diperlukan.

Jika jatuhnya obyek ke arah mobil atau ke jalur yang akan kamu lalui, lakukan pengurangan laju dengan melakukan pengereman. Jangan panik dan sesuaikan daya pengereman dengan situasi yang berkembang.

Paralel dengan itu, pantau kondisi di belakang mobil via spion yang berlawanan dengan posisi obyek yang tumbang. Artinya, jika pohonnya tumbang dari sisi kiri, segera intip kaca spion mobil sebelah kanan, begitu pula sebaliknya.

Kalau aman dan memang dibutuhkan, segera lakukan manuver menghindar ke arah berlawanan. Tapi jangan terlalu agresif karena biasanya kondisi jalan licin, dan sekali lagi pastikan kondisi jalan aman. Saat sudah aman, tepikan mobil dan perhatikan apakah ada kerusakan terjadi.

–> BANJIR PROMO CIAMIK DI BULAN MARET DARI CARRO INDONESIA

Cari tempat parkir yang aman

pohon tumbang-2

Cari tempat parkir yang aman, seperti di dalam gedung misalnya

Bagaimana supaya tidak tertimpa pohon atau obyek lain seperti billboard dan tiang listrik saat parkir? Jalan terbaik adalah mencari tempat parkir aman yang tidak berada di area terbuka, apalagi di bawah pohon rindang. Obyek besar yang rapuh rentan tumbang saat ada angin besar. Parkir di dalam gedung merupakan jalan yang paling aman. Atau kalau terpaksa di luar, perhatikan situasi sekitar dari risiko kejatuhan obyek. Segera pindahkan mobil bila merasa lokasinya tidak aman.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles