Tips Ampuh Bersihkan Interior Mobil Korban Banjir, Waspada Kelistrikan!
interior mobil bekas banjir

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Membersihkan interior mobil setelah terendam banjir butuh penanganan khusus, pasalnya Anda mesti mewaspadai sistem kelistrikan mobil yang berpotensi korslet

Hujan yang mengguyur wilayah Jakarta dalam beberapa hari terakhir membuat beberapa kawasan tergenang air atau banjir. Hal ini pastinya sangat menyebalkan, apalagi jika mobil kesayangan ikut terendam. Jika hal tersebut menimpa Anda, jangan sembarangan saat melakukan sisa banjir, khususnya bagian kabin atau interior mobil karena dikhawatirkan terjadi korslet pada sistem kelistrikan. Ada beberapa langkah yang mesti diperhatikan sebelum Anda mulai membersihkan. Diantaranya sudah Jualo rangkumkan untuk Anda berikut ini.

Perhatikan Tinggi Bekas Banjir

interior mobil bekas banjir- 2

Sebelum memulai pembersihan, lihat seberapa tinggi ketinggian bekas air banjir di dalam kabin mobil. Jika sudah melewati batas bawah dasbor, sebaiknya dibawa ke bengkel karena ada potensi air mengenai kelistrikan yang berada di balik dasbor. Pasalnya, Anda hanya bisa membersihkan sendiri kabin mobil bila tinggi air tidak melewati ketinggian alas jok mobil.

Cara Membersihkan Kabin Mobil

  1. Kamu harus memastikan bahwa kabin sudah kering dan tidak ada air menggenang.
  2. Lepas semua karpet mobil, lanjut bersihkan karpet dasar menggunakan air bertekanan dan sabun.
  3. Keringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari dan pastikan kering sempurna supaya tidak menimbulkan bau apak.
  4. Untuk jok mobil, lebih baik dilepas dari kabin mobil agar lebih mudah pengeringannya. Bahan jok mobil cenderung mudah menyerap air sehingga akan terasa lembab di bagian dalamnya.
  5. Jika menggunakan kain pelapis jok juga perlu dilepas dan dicuci supaya bersih dan wangi.
  6. Lepaskan juga door trim pintu untuk memastikan semua bagian di baliknya dapat dibersihkan secara optimal.
  7. Di dalam panel pintu terdapat mekanisme power window dan pengunci pintu, pastikan sistem mekanikal dan elektrikal keduanya bersih kembali dan kering sempurna.
  8. Di dalam panel pintu juga ada speaker mobil yang sensitif sobek, hati-hati saat mengeringkan dan pastikan konektor di belakangnya kembali bersih.
  9. Kunci dari keberhasilan membersihkan kabin mobil yang kebanjiran adalah kering sempurna untuk mencegah bau tidak nyaman, oleh karena itu pastikan prosesnya berjalan dengan baik.
  10. Pastikan pula kamu sanggup memasang kembali komponen yang dilepas dan menyiapkan biaya ekstra untuk mengganti bagian yang tidak bisa dibersihkan atau rusak.

–> BERIKUT BIAYA SERTA PROSEDUR CABUT BERKAS MOBIL TERBARU DI TAHUN 2022

Hati-Hati Sensor dan Kelistrikan Mobil

Mobil modern yang sudah menggunakan perangkat elektronik hampir semuanya meletakkan perangkat di dalam kabin, khususnya di dalam dasbor. Kalau sudah terendam tidak cukup hanya dibersihkan karena ada beberapa komponen yang sebaiknya diganti.

interior mobil bekas banjir- 3

Di antaranya adalah fitur keselamatan seperti airbag dan seat belt pretensioner sebab mekanisme kedua komponen menggunakan komponen elektrik dan sensor. Ada kemungkinan terjadinya gangguan usai terendam air yakni fungsinya tidak maksimal saat dibutuhkan atau malfungsi seperti airbag keluar dengan sendirinya.

Itu baru satu hal, belum lagi fitur lain seperti audio dan AC digital. Ditambah jika air sempat menggenangi komponen electric power steering (EPS) yang berada di kolom setir. Jadi, jika mobil Anda terendam cukup parah, disarankan hubungi bengkel terdekat agar mobil bisa kembali seperti semula.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles