Mau Pakai Profil Ban Mobil Tipis? Ketahui Dulu Kekurangannya
ban mobil tipis

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Menggunakan ban mobil tipis sering dilakukan dalam dunia modifikasi atau sekadar demi mendongrak tampilan. Namun, dibalik hal tersebut ada beberapa kekurangan yang mesti diketahui

Modifikasi mobil kesayangan hingga tampil unik dan mengesankan, bukanlah sesuatu hal yang dilarang. Salah satu area modifikasi yang sering pemilik lakukan adalah dengan menggunakan ban mobil tipis. Memang hal ini perlu dilakukan, jika Anda ingin mengganti ukuran velg lebih besar dari bawaan. Sebab, jika Anda nekat untuk tidak mengubah aspek rationya, maka ban akan mentok ke fender atau sokbreker.

Kekurangan ban mobil profil tipis

Sayangnya, dibalik tampilan mobil yang kece, terdapat beberapa hal negatif dari modifikasi mobil dengan profil ban mobil tipis. Kira-kira apa saja kekurangannya? Berikut Jualo berikan penjelasannya.

1. Ban Cepat Terkikis

ban mobil tipis-2

Ban yang tupis membuatnya lebih cepat terkikis

Pada dasarnya, bahan utama untuk membuat ban dengan profil tipis terbilang lebih lunak dibandingkan ukuran standar. Dari segi daya cengkeram, mungkin memang lebih baik, tetapi kembangnya justru lebih mudah terkikis. Itu artinya, usia pemakaian ban profil tipis jauh lebih singkat, sehingga Anda harus bolak-balik mengganti ban. Dengan kata lain, Anda harus mempersiapkan dana yang lebih banyak lagi.

2. Rentan Rusak

Penggunaan material yang lunak memiliki kekurangan di bagian daya tahan. Sebab, ban profil tipis memang lebih ditujukan untuk penggunaan jalan raya beraspal halus, seperti daerah perkotaan.

Kembang berbentuk “V” memang cocok untuk melalui genangan air, tetapi tidak dengan jalanan yang rusak, kasar, atau bahkan berbatu. Lapisan yang tipis akan membuat kembang atau alur ban menjadi lebih cepat rusak ataupun gundul.

3. Bantingan Ban Mobil Profil Tipis Lebih Keras

ban mobil tipis-3

Penggunaan velg tapak lebar membuat jarak main suspensi menjadi sedikit yang berdampak pada kenyamanan

Meski terbuat dari bahan lunak, ternyata karakteristik ban profil tipis ternyata justru lebih kaku, jika dibandingkan dengan ban bawaan mobil. Kondisi tersebut yang membuat bantingan ban menjadi lebih keras dan kurang nyaman untuk berkendara.

Hal ini tentu akan menjadi pilihan buruk, terutama bagi Anda yang sering melakukan perjalanan jarak jauh atau keluar kota. Dengan kondisi medan yang beragam, bantingan ban tentu menjadi kenyamanan yang utama.

4. Sistem Peredaman Kurang Maksimal

Kehadiran ban pada sebuah mobil bukan hanya sebagai penggerak saja, tetapi juga matras atau bantalan saat melaju di jalanan. Tebal tipisnya profil pada ban mobil mempengaruhi tingkat penyerapan energi. Ban mobil dengan profil tipis menyerap energi yang jauh lebih sedikit, sehingga kemampuan untuk meredam lonjakan kurang maksimal. Meski mobil dan suspensinya sama, tetap saja energi tersebut tidak bisa tersalurkan dengan baik.

5. Velg Lebih Cepat Rusak

ban mobil tipis-4

Ban profil tipis tidak mampu melindungi velg dengan baik

Selain bertindak sebagai matras, profil pada ban juga melindungi velg dari benturan maupun lubang. Bayangkan, jika Anda sedang melaju kencang di jalan tol, lalu tiba-tiba ban mobil menghantam lubang yang cukup dalam.

Panik dan terkejut sudah pasti adalah reaksi yang Anda berikan, tetapi ada yang jauh lebih membahayakan, yakni ban dengan profil tipis tidak mampu melindungi velg mobil. Akibatnya, benturan tersebut akan langsung mengenai velg yang menyebabkan kerusakan atau penyok. Mungkin hal ini sering luput dari perhatian, tetapi kondisi seperti ini bisa menyebabkan mobil oleng dan mengalami kecelakaan.

–> 3 KESALAHAN UTAMA PENGEMUDI YANG BISA MEMICU KECELAKAAN LALU LINTAS

6. Harga Lebih Mahal

Seperti pepatah yang mengatakan “sudah jatuh tertimpa tangga pula”. Begitu juga dengan penggunaan ban profil tipis yang dari segi harga sendiri, ternyata lebih mahal jika dibandingkan ban standar.

Belum lagi biaya untuk membeli pelek dari produk aftermarket, pemasangan, serta modifikasi bagian ban mobil. Jika Anda tidak memiliki dana yang cukup, lebih baik pertimbangkan lagi untuk menggunakan ban profil tipis.

Setidaknya, sebelum modifikasi mobil, alangkah lebih baik bila Anda berkonsultasi dengan ahli terlebih dahulu. Datanglah ke bengkel langganan Anda untuk meminta rekomendasi terbaik untuk kendaraan Anda agar nyaman dan aman saat dipakai.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles