Bukan Cuma Pemanis, Ini Lho Fungsi Penting High Mount Stop Lamp
high mount stop lamp

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tidak sedikit orang yang menganggap high mount stop lamp atau lampu rem tambahan di belakang sebagai pemanis saja, padahal memiliki fungsi penting lho

Pastinya Anda mengetahui banyak mobil yang memiliki fitur lampu rem tambahan di belakang atau yang bernama high mount stop lamp. Umumnya, pabrikan meletakkan lampu ini di spoiler belakang atau di dalam kaca.

Banyak orang yang masih menganggap high mount stop lamp hanya sebagai pemanis belaka. Padahal fungsinya sangat penting sebagai penunjang keselamatan dalam berkendara untuk menekan penyebab kecelakaan. Untuk lebih jelas, berikut Jualo berikan ulasan lengkapnya untuk Anda.

Fungsi high mount stop lamp

high mount stop lamp-3

Berfungsi penting untuk jalanan yang padat seperti di Jakarta

High mount stop lamp atau yang biasa dikenal sebagai third brake, merupakan lampu rem tambahan di bagian belakang mobil. Fitur ini cukup penting karena fungsinya yang dapat diandalkan, sehingga memungkinkan untuk diwajibkan di negara-negara bagian.

High lamp sengaja di pasang di bagian belakang mobil. Posisinya yang lebih tinggi dari lampu belakang bertujuan agar bisa dilihat dengan jelas oleh pengendara di belakangnya. Sama dengan lampu rem, third brake juga menggunakan pedar cahaya yang sama, namun jauh lebih terang daripada lampu belakang.

Warna yang digunakan tidak boleh sembarangan, melainkan hanya warna merah yang dianjurkan. Alasanya tak lain karena warna merah dapat membangkitkan sifat waspada dan dapat dilihat dengan mudah dalam jarak jauh. Ini merupakan aturan baku yang diwajibkan di hampir seluruh negara di belahan benua, termasuk Indonesia.

Adapun beberapa negara maju yang sudah mewajibkan penggunaan third lamp diantaranya adalah Amerika serikat, dan beberapa negara maju lainya di kawasan asia seperti China. Mereka sadar bahwa third lamp fitur penting untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya.

–> TIPS MERAWAT CAT MOBIL SUPAYA AWET & KINCLONG DI MUSIM HUJAN

Penting untuk kondisi jalanan yang padat

high mount stop lamp-2

High mount stop lamp di dalam kaca belakang umumnya digunakan mobil jenis sedan

Hadirnya high mount stop lamp juga sangat penting untuk kondisi lalu lintas yang padat, seperti di Indonesia. Khususnya untuk mencegah kejadian tabrak dari arah belakang. Sehingga kini hampir seluruh pabrikan mobil memberikan fitur ini demi keselamatan.

Pasalnya, isyarat dari third brake dapat mudah dipahami oleh pengemudi di belakangnya baik roda dua atau empat. Sehingga memberikan refleks cepat untuk selalu waspada dalam berkendara saat terjadi rem mendadak.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles