close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Mau Pasang Air Suspension? Simak Dulu Plus Minusnya Berikut Ini

air suspension mobil

Modifikasi air suspension mobil kini mulai banyak dilirik. Namun sayangnya banyak orang belum memahami lebih jauh plus minus dari modifikasi yang satu

Banyak cara dilakukan orang demi membuat tampilan mobil kesayangan kian menarik dan tampil beda. Salah satunya lewat pemasangan air suspension. Airsus yang sudah terpasang di mobil umumnya terpasang di bagian per dan shockbreaker. Dengan memodifikasinya, kemungkinan tampilannya akan lebih ceper dari ukuran normalnya.

Namun, tahukah Anda cara kerja serta plus minus dari pemasangan air suspension? Untuk lebih jelas simak informasi lengkapnya berikut ini.

Pengertian Air Suspensi

Air suspensi disebut juga airbag atau bags dalam bahasa Inggris. Mobil yang bersuspensi biasa disebut dengan bagged. Orang-orang sering menyebutnya dengan kata Airsus atau Air Suspension System atau A.S.S.

air suspension mobil-2

Teknologi ini dikenal pada tahun 1920 yang dibuat oleh orang Perancis bernama George Messier pada mobil Messier. Air suspension ini berupa kantong udara yang bisa mengatur tinggi rendahnya ground clearance pada mobil dengan gaya ceper atau stance.

Pemasangan airsus ini dapat meningkatkan performa kendaraan. Handling mobil bisa lebih mudah karena terasa lebih stabil. Namun, modifikasi tampilan kantong udara pada per atau shockbreaker tersebut harus diperhatikan agar akselerasinya tetap mulus.

Tipe Atau Jenis Air Suspensi Mobil

Sebelum memasang air suspensi mobil, Anda perlu mengenali beberapa tipe atau jenis air suspensi. Secara umum ada dua jenis airsus di pasaran. Yang pertama adalah jenis Pressured Based System, dan yang kedua ada jenis Height Based System.

  • Pressured Based System

Jenis air suspension ini menggunakan tekanan sebagai pengatur udara di ground clearance. Pada pressured based system ini, tekanan pada masing-masing kantong udara dapat ditentukan sehingga bisa mengatur tinggi dan rendahnya posisi mobil Anda saat digunakan.

Kelemahan air suspension ini yaitu beban mobil akan bertambah, di samping banyaknya barang dan penumpang mobil. Oleh karena itu, sesuaikan tekanan pada masing-masing kantong udara di bagian per mobil, jangan sampai menghasilkan posisi mobil yang terlalu tinggi atau merosot.

air suspension mobil-5

  • Height Based System

Untuk jenis yang kedua ini, kelebihannya juga hampir sama bisa menjadi dasar menentukan jumlah tekanan di kantong udara. Namun lebihnya, terdapat height sensor yang bisa mendeteksi tekanan atau ketinggian mobil yang sesuai.

Jika tekanan udaranya kurang, Airsus jenis ini akan bekerja otomatis untuk menambah udara. Begitu juga sebaliknya jika tekanan di dalam tiap kantong udara berlebih. Jadi Anda tidak perlu khawatir terhadap barang bawaan atau banyak penumpang di mobil, karena sistem akan mengaturnya dengan tepat.

Hal tersebut tentu berbeda dengan jenis pressured based system yang masih bergantung pada beban yang ada di dalam mobil. Tidak hanya menambah dan mengurangi tekanan udara, height based system ini mampu mengoreksi perubahan suhu yang berpengaruh terhadap kepadatan udara.

Sedangkan jenis air suspension lain di samping dua jenis di atas adalah treatment udara yang dibuang atau tidak terpakai. Jika udara dibuang ke luar disebut dengan open air system, sedangkan udara yang dikembalikan ke tangki atau kantong udara disebut closed air system.

Cara Kerja Air Suspension

Saat mesin mobil dihidupkan maka kompresor udara akan menyuplai udara ke dalam tabung atau kantong udara melalui katup solenoid. Kemudian volume di dalam tabung udara akan berubah otomatis ketika ada beban tertentu lainnya di mobil. Hal ini dikarenakan sifat udara yang dikompresi, sehingga air suspensi tersebut akan menyerap guncangan atau meredam getaran pada mobil.

Teknologi ini sudah banyak digunakan karena kemudahan pengaturannya. Pengemudi tidak perlu repot-repot untuk melakukan bongkar pasang pada kaki-kaki mobil, karena pengatur ground clearance atau jarak ketinggian kendaraan mobil dengan jarak permukaan tanah bisa diatur otomatis dengan adanya air suspensi.

Keuntungan Memasang Air Suspensi Pada Mobil

Ada beberapa keuntungan yang akan dirasakan jika Anda memasang air suspension pada mobil. Yang pertama pasti soal penampilan. Mobil dengan tampilan bagian bawah yang ceper akan terlihat keren dan sporty. Mobil dengan air suspension yang sesuai juga akan terlihat lebih rapat.

Keuntungan kedua adalah modifikasi air suspension akan dapat menarik perhatian orang-orang yang melihatnya. Suara yang ditimbulkan oleh ban mobil yang rapat ke tanah bagi sebagian orang akan membuat kagum.

Kelebihan modifikasi air suspensi ini yaitu bisa menambah aliran stance mobil. Apalagi saat ini penyesuaian jarak ketinggian kendaraan dengan permukaan tanah atau jalan (ground clearance) bisa terhubung dengan koneksi internet melalui smartphone atau perangkat lunak di mobil.

Sebagian orang lebih suka dan nyaman dengan tampilan mobil yang ceper atau bisa menyerap getaran di jalan. Namun, hal ini tentu harus memperhatikan kehalusan suspensi yang dihasilkan agar bagian per mobil tidak cepat rusak.

air suspension mobil-3

–> Cat Mobil atau Sticker Wrap, Pilih Mana?

Kekurangan Memasang Air Suspensi Pada Mobil

Di samping keuntungan yang bisa dinikmati, ada pula beberapa kekurangan yang bisa ditimbulkan karena modifikasi air suspensi. Kekurangan yang pertama jelas dari segi perawatan. Maintenance atau perbaikan mobil harus lebih sering Anda lakukan  dan ini sangat diperlukan.

Hal tersebut akan berpengaruh pada biaya yang dikeluarkan. Apalagi untuk harga air suspension sendiri masih tergolong mahal. Khususnya untuk beberapa brand ternama yang kualitasnya tinggi. Harga tersebut biasanya sudah termasuk harga coilover dengan velg plus.

Selain itu modifikasi yang dilakukan justru akan menambah resiko kerusakan akibat moving parts yang dilakukan. Pada coilover terdapat setelan rebound, damping, dan spring rate. Jika tidak ditunning dan dikustom dengan tepat, maka bisa fatal.

Kekurangan yang satu ini perlu diperhatikan. Sebagian orang akan merasa mobilnya terasa berat setelah menambah perangkat Airsus. Hal ini akan berdampak pada penggunaan bahan bakar yang lebih boros dan performa kendaraan yang melambat karena massanya lebih berat.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram