Amankah Menyalakan AC Mobil Saat Parkir Dalam Waktu Lama?
menyalakan ac mobil saat parkir

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Menyalakan AC mobil saat parkir dalam waktu lama banyak dilakukan masyarakat dengan beragam alasan. Amankah hal tersebut dilakukan?

Perjalanan jauh dengan mobil mengharuskan istirahat sementara di tempat perhentian. Sayangnya, cuaca yang kurang bersahabat membuat banyak orang kerap menyalakan AC mobil saat parkir atau menunggu secara terus menerus. Apakah hal tersebut aman? Untuk mengetahui jawabannya, berikut Jualo akan mengulasnya untuk Anda.

Bolehkah AC Mobil Hidup Saat Parkir?

menyalakan ac mobil saat parkir-2

Karbon monoksida merupakan racun yang sangat berbahaya bagi kesehatan

Sebenarnya, AC mobil yang terus menerus menyala tidak ada masalah terhadap mesin mobil karena arus aki mobil akan terus terisi. Namun, berbeda saat mobil dalam keadaan berhenti atau parkir, sebaiknya hal ini jangan dilakukan terlalu lama.  Pasalnya, ada dampak berbahaya terhadap lingkungan sekitar. Dengan kondisi mesin menyala, artinya gas buang dari knalpot terus keluar sehingga membahayakan orang di sekitar. Bahkan bisa berakibat fatal bagi penumpang.

Bahaya Karbon Monoksida

Mesin mobil yang mengeluarkan gas buang melalui knalpot, seperti hidrokarbon (HC), karbon monoksida (CO), dan Nitrogen Oksida (NO). Di antara ketiganya, CO merupakan gas yang berbahaya bagi manusia jika terhirup dengan paparan yang berlebihan. Emisi buang ini bisa sangat berbahaya jika dihirup terus menerus oleh orang di dekat mobil tersebut. Bahkan jika gas buang tersebut masuk ke kabin lewat berbagai celah sempit yang tersedia, terutama saat mobil parkir dan mesinnya menyala, akan membahayakan penumpang dan pengemudi di dalamnya.

menyalakan ac mobil saat parkir-3

Jika terlalu lama menghirup racun tersebut, dampak terburuk bisa sebabkan kematian

Bahaya ini semakin bertambah apabila jendela kabin mobil berada dalam kondisi tertutup rapat. Akibatnya, gas tersebut terperangkap di dalam kabin mobil dan akhirnya terhirup oleh penumpang. Masalahnya tidak sekedar pada pemborosan bensin, tapi kesehatan dan keselamatan penumpang.

Kalaupun dinyalakan tanpa penumpang di dalamnya, masalah ini masih berisiko. Gas buang yang terkumpul dalam kabin membutuhkan waktu untuk sepenuhnya hilang. Penumpang atau pengemudi yang langsung masuk ke mobil dalam kondisi ini pun tidak sengaja akan menghirup gasnya.

–> CARA MENGHITUNG DENDA TELAT BAYAR PAJAK MOTOR AGAR TAK KELIRU

Buka Sedikit Jendela untuk Ventilasi

menyalakan ac mobil saat parkir-4

Buka sedikit jendela jika ingin menyalakan mobil dan AC ketika parkir

Jika tetap ingin menyalakan AC mobil saat parkir usahakan untuk membuka jendelanya sedikit. Saran ini harus dilakukan agar gas buang dalam kabin terdorong keluar. Selain itu, sirkulasi udara juga tetap lancar sehingga pernapasan penumpang tidak ikut terganggu.

Namun, ada baiknya jika Anda berhenti dalam waktu lama, sebaiknya matikan mesin karena hal tersebut bisa mengganggu orang lain di sekitar, khususnya di tempat parkir yang sempit. Kondisi mobil yang menyala dan mengeluarkan gas buang tentu sangat mengganggu kenyamanan orang lain.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles