Banyak yang Keliru, Begini Cara Dongkrak Mobil yang Benar & Aman
cara dongkrak mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Meski terkesan mudah, faktanya masih banyak orang yang salah dan keliru saat mendongrak mobil. Lantas, bagaimana cara dongkrak mobil yang aman dan benar?

Cara dongkrak mobil biasanya tidak diulas dengan sedemikian rupa dengan alasan, yang penting mobil terangkat. Namun, hal tersebut salah besar. Mendongkrak mobil juga memiliki teknik aman supaya tidak membahayakan kondisi mobil itu sendiri.

Oleh karena itu, berikut Jualo berikan pengetahuan penting cara dongrak mobil yang benar dalam yang bisa dipraktikkan dalam kondisi darurat. Seperti ban kempes, atau pecah di jalan. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Hal yang Harus Diperhatikan saat Dongrak Mobil:

1. Cek Kondisi Dongkrak

Langkah pertama sebelum mendongkrak mobil adalah dengan mengecek kondisi dongkrak. Anda harus tahu jenis dongkrak yang dipunyai supaya paham bagaimana cara menggunakannya.

cara dongrak mobil-2

Pengecekan kondisi dongkrak akan membuat Anda tahu apakah dongkrak masih layak pakai atau tidak. Saat dongkrak tersebut mengalami beberapa masalah, seperti oli bocor hingga beberapa komponen dongkrak yang hilang, berarti dongkrak tersebut tidak layak untuk digunakan.

Jika sudah begitu, jangan sampai memaksa menggunakan dongkrak yang bermasalah. Karena hal tersebut bisa membahayakan kondisi mobil. Seperti mobil yang tiba-tiba terjatuh karena dongrak yang tidak kuat menahan bobot kendaraan.

2. Cari Permukaan Jalan yang Rata

cara dongrak mobil-3

Jika Anda mengalami ban kempes atau pecah ban di jalan. Hal yang harus diperhatikan pertama adalah menepikan kendaraan dengan permukaan jalan yang rata. Hal ini dikarenakan permukaan jalan yang tidak rata bisa berbahaya sangat berbahaya untuk mendongkrak mobil karena kondisinya tidak seimbang.

3. Mencari Tumpuan Mobil yang Pas

Seperti halnya kondisi jalan datar atau landai, permukaan mobil yang menjadi tumpuan dongkrak mobil juga harus diperhatikan. Hal ini disebabkan tidak semua permukaan mobil bisa dijadikan tumpuan saat akan mendongkrak mobil.

cara dongrak mobil-4

Anda harus pandai-pandai memilih tumpuan mobil yang tepat untuk dilakukan proses dongkrak. Bagian mobil yang bisa digunakan sebagai tumpuan saat untuk proses jacking adalah bodi monocoque dan bodi frame terpisah.

Kedua bagian tersebut aman dijadikan tumpuan karena bodi monokok memiliki struktur rangka yang menyatu dengan bodi mobil lainnya sehingga ditahan oleh area samping bawah mobil depan dan belakang di bagian lower arm suspension.

Cara dongkrak Mobil yang Benar

Setelah mobil terparkir di jalan yang datar dan sudah tahu di bagian mana dongkrak bisa menumpukan diri untuk mengangkat mobil, hal yang paling penting adalah kita paham cara mendongkrak dengan baik dan benar.

Ada tiga jenis dongkrak yang biasanya dimiliki oleh pemilik kendaraan pribadi, yaitu dongkrak botol, dongkrak gunting, dan dongkrak buaya. Ketiga dongkrak ini memiliki bentuk yang berbeda dan kemampuan menahan beban dengan berat yang berbeda.

cara dongrak mobil-5

–> Tips Merawat Eksterior untuk Mendongkrak Nilai Jual Mobil Bekas

Dongkrak mana pun yang dimiliki, Anda harus memompa tuas dengan perlahan hingga mobil terangkat. Ingat, jangan angkat mobil terlalu tinggi, cukup pada keadaan 10 hingga 15 cm saja supaya mobil tetap seimbang.

Saat tujuan Anda mendongkrak adalah untuk mengganti ban mobil yang bocor atau pecah. Sebelum dongkrak ditekan, Anda harus melonggarkan seluruh baut pada ban mobil supaya lebih mudah dan cepat dalam melepas ban nantinya. Jadi, posisi terangkat mobil tidak terlalu lama.

Kemudian, segera ganti ban mobil Anda dan pasang kembali baut dengan benar dan kencang. Jika sudah, perlahan turunkan dongrak hingga kembali seperti semula. Dan simpan dongrak serta ban yang kempes ke dalam tempatnya seperti semula.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles