Kasus Mobil Terbakar, Ketahui Penyebab & Cara Mencegahnya
mobil terbakar

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Mobil terbakar merupakan hal yang umum ditemui di Indonesia. Lantas, sebenarnya apa penyebab utama dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasannya berikut ini

Mobil yang terbakar dengan sendirinya tentu menjadi permasalahan yang bisa membahayakan jiwa. Sebagian dari Anda mungkin hanya mengira jika mobil hanya dapat terbakar akibat terdapat komponen yang rusak. Faktanya,ada beberapa faktor lain yang bisa menjadi penyebab mobil terbakar. Seperti ulasan yang kami rangkum dari Daihatsu.co.id berikut ini.

Penyebab Mobil Terbakar

1. Mesin Mobil Yang Terlalu Panas

Akibat penggunaan mobil dalam jangka waktu lama, mesin akan mengalami peningkatan suhu dan menjadikannya overheating. Mesin yang bekerja terlalu keras juga dapat menyebabkan kendaraan terbakar. Pasalnya, kondisi mesin yang memanas dapat meningkatkan suhu pada oli yang akhirnya menyebabkan kebocoran dan memicu api.

Menurut sebuah penelitian pakar otomotif, kerusakan radiator dan katup mesin menjadi pemicu mesin cepat panas. Jika kondisi tersebut terjadi secara berkesinambungan maka tak menutup kemungkinan berpotensi menyebabkan kebakaran mobil.

Sebagai langkah pencegahan, selalu periksa bagian dashboard mobil. Jika dashboard memanas, maka segera matikan mobil.

mobil terbakar-3

2. Oli atau Bahan Bakar Bocor

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kondisi mesin yang panas dapat menjadi penyebab mobil terbakar. Perlu Anda ketahui, oli dan bahan bakar merupakan salah satu struktur dalam mobil yang berisiko bocor.

Khususnya jika mobil sedang digunakan, bagian dari ruang penyimpanan oli dan bahan bakar akan mudah memanas. Tak hanya oli dan bahan bakar, cairan lain seperti solar, cairan pendingin mobil, power steering, dan transmisi juga dapat menjadi salah satu pemicu terbakarnya mobil.

Cara ampuh untuk mencegah kebakaran mobil akibat kebocoran bahan bakar, adalah dengan rutin melakukan perawatan terhadap sirkulasi oli dan bahan bakar.

3. Kerusakan Aliran Listrik

Pada dasarnya, mobil memiliki aliran listrik yang mudah mengalami kerusakan. Salah satu hal yang menjadi penyebab rusaknya sistem kelistrikan adalah kondisi oli mobil yang bermasalah. Kondisi demikian dapat memunculkan timbunan gas hidrogen yang ada pada bagian mesin mobil terdalam. Gas inilah yang dapat memicu mobil terbakar.

mobil terbakar-2

Perlu Anda ketahui, sistem kelistrikan mobil tersebar hampir ke seluruh bagian mobil. Jadi, apabila satu bagian listrik mengalami kerusakan maka bisa menyebabkan kebakaran mobil. Untuk menghindari hal tersebut, upayakan selalu melakukan perawatan mobil terutama pada bagian kelistrikan yang ada pada kendaraan roda empat tersebut.

4. Minimnya Perawatan Kendaraan

Selain kesalahan dari penggunaan kendaraan, mobil juga dapat terbakar akibat perawatan yang tidak maksimal. Apabila mobil digunakan secara terus menerus, tentunya Anda harus rajin merawat mobil tersebut agar kondisinya tetap prima. Mobil yang tidak dirawat dengan baik akan memunculkan risiko kebakaran mesin yang sangat membahayakan.

5. Cacat Kendaraan

Desain kendaraan yang cacat ternyata juga bisa menyebabkan kebakaran mobil. Hal tersebut terjadi karena adanya kelalaian dalam produksi mobil yang menjadikannya berbahaya. Jika ditelaah secara mendasar, mobil yang cacat tak selalu menjadi penyebab mobil terbakar. Namun jika bagian cacat dibiarkan, tentu akan mengganggu kenyamanan pengemudi.

Pada dasarnya, mobil membutuhkan perawatan yang tepat untuk menghindari kerusakkan seperti terbakar. Setelah memahami beberapa faktor yang menyebabkan kendaraan terbakar, kini Anda bisa mengantisipasi terjadinya kebakaran mobil. Lakukan perawatan pada bagian bagian yang berpotensi memercikan api, agar terhindar dari kebakaran.

Mencegah Mobil Terbakar

Untuk menghindari terjadi kebakaran pada mobil akibat korsleting, kebocoran, arus pendek seperti yang sudah dijelaskan di atas, maka Anda perlu mengetahui cara pencegahannya dengan baik sehingga kejadian tersebut tidak sampai menimpa Anda di jalan.

Pasang Sekring Tambahan

Jika ingin menambah aksesoris pada mobil seperti modifikasi klakson atau lampu, maka pasang juga sekring tambahan dan jangan pakai jalur kabel standar sistem kelistrikan mobil. Jika ini dilakukan, maka akan membuat arus pada kabel semakin terbebani sehingga panas, mengeras lalu terbakar dan kebakaran mobil-pun tidak dapat terhindarkan.

Periksa Visual Kabel

Periksa juga kabel sistem kelistrikan mobil, jika ada yang terkelupas, meleleh atau kendor maka dilapisi dengan selotip khusus listrik atau diganti.

Tambah Pelindung Kabel

Tambahkan juga pelindung kabel dan posisikan kabel tambahan pada jalur yang tepat. Biasanya, rangkaian tambahan akan membentuk jalur baru diluar jalur standar, sehingga posisi kabel tambahan akan rawan tergesek.

mobil terbakar-4

Service Secara Rutin

Saat melakukan service, lakukan secara rutin pada bengkel resmi untuk memeriksa sistem kelistrikan mobil; dari mulai baterai, fungsi kelistrikan dan sebagainya agar terhindar dari kebakaran mobil.

Hindari Bypass (sambungan langsung) Kelistrikan

Hindari penggunaan by pass pada sambungan listrik, sebab jika kabel tidak dapat menghantarkan arus listrik besar maka akan meleleh dan menimbulkan api dan terjadilah kebakaran mobil. Selain itu lakukan dengan rutin pemeriksaan sambungan kabel listrik pada mobil Anda.

–> Penyakit Umum yang Kerap Menimpa Mobil Sport di Indonesia

Periksa Air Radiator

Periksa air radiator sebelum mobil digunakan, jika air radiator habis maka akan menyebabkan mesin menjadi panas sehingga beberapa komponen yang terbuat dari plastik atau karet akan meleleh dan kebakaran mobil terjadi.

Tidak Parkir Dekat Pembakaran

Pada saat memarkir mobil, perhatikan sekeliling lokasi tersebut dan pastikan tidak ada tempat pembakaran sampah. Ini bisa menyebabkan benda yang sedang terbakar akan terbawa angin dan mengenai mobil lalu kebakaran mobil-pun terjadi.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles