Dampak Fatal dari Jarang Mengganti Minyak Rem Mobil
minyak rem mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Minyak rem mobil merupakan komponen penting guna menjamin keamanan kendaraan. Oleh karena itu Anda wajib menggantinya secara rutin

Performa pengereman pada sebuah kendaraan sangat tergantung dengan minyak rem yang baik. Oleh karena itu,  minyak rem mobil tidak bisa disepelekan dan Anda wajib merawat dengan melakukan penggantian secara rutin. Berikut Jualo akan berikan penjelasan lengkapnya.

Akibat Fatal jika Tidak Ganti Minyak Rem Mobil

Direkomendasikan untuk mengganti minyak rem mobil setiap 2 tahun sekali atau tergantung pada pola pengereman. Misalnya, jika Anda terbiasa berkendara di jalan tol dan jarang melakukan pengereman, maka Anda bisa mengganti rem setiap 2 tahun sekali.

minyak rem mobil-3

Injak pedal rem berulang kali usai mengganti minyak rem agar tidak ngempos atau masuk angin

Tapi jika Anda sering berkendara di jalanan yang lebih padat, Anda mungkin harus mengganti minyak rem lebih cepat dari itu. Tahun, pembuatan, dan model kendaraan juga bisa mempengaruhi kapan waktu untuk ganti minyak rem mobil. Anda bisa mengecek buku panduan kendaraan untuk lebih detailnya.

Jika minyak rem tidak diganti secara rutin, biasanya bakal memiliki tiga dampak yang sangat berbahaya, diantaranya:

  1. Panas yang timbul dari proses pengereman bisa merusak minyak rem
  2. Seiring berjalannya waktu, berbagai rangkaian selang di sistem pengereman akan mengeluarkan kotoran, partikel kecil karet, atau bahkan partikel besi jika berkarat. Semua ini bisa mengontaminasi minyak rem dan membuatnya tidak bisa berfungsi sempurna
  3. Kelembapan yang diakibatkan oleh proses pengereman bisa membuat rem mobil berkarat dan titik didih minyak rem menurun

Semua masalah ini jika dibiarkan akan mengurangi performa pengereman dan bahkan mengakibatkan rem blong atau gagal berfungsi. Biasanya Anda akan bisa merasakan ketika minyak rem memang sudah waktunya diganti.

Misalnya karena pedal rem yang terasa berbeda saat diinjak atau karena mobil yang terasa lebih lama dan sulit untuk diberhentikan. Pada saat mengganti minyak rem, pastikan juga Anda menggunakan jenis rem yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda. Hindari mencampur jenis minyak rem yang berbeda atau menggantinya tanpa arahan dari teknisi ahli.

Ini bisa membuat kualitas minyak rem menurun, atau bahkan sistem pengereman mobil Anda yang rusak. Penggantian minyak rem membutuhkan keahlian dan kehati-hatian ekstra, sehingga sebaiknya dilakukan oleh mekanik yang sudah ahli dan berpengalaman supaya prosesnya lebih cepat dan efektif.

Proses Penggantian Minyak Rem

minyak rem mobil-2

–> BENARKAH MASALAH REM BLONG LEBIH RAWAN TERJADI DI MOBIL MATIC?

Untuk proses penggantian, biasanya mekanik akan menguras minyak rem yang lama, membersihkan sistem pengereman dari kotoran sampai bersih, dan mengecek karat di komponen pengereman. Jika Anda terlambat melakukan ganti rem, komponen pengereman mobil Anda mungkin sudah tidak bisa lagi dibersihkan dari karat dan harus diganti.

Proses yang terakhir adalah memasukkan minyak rem baru ke dalam sistem pengereman Anda. Minyak rem baru ini akan memperbaiki performa pengereman mobil dan melindungi mobil Anda dari segala masalah pengereman yang berbahaya.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles