close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Benarkah Masalah Rem Blong Lebih Rawan Terjadi di Mobil Matic?

rem blong

Terdapat sebuah mitos bahwa masalah rem blong lebih rawan terjadi pada mobil yang bertransmisi otomatis. Benarkah demikian? Cek faktanya berikut

Mobil matic memang jadi primadona masyarakat, khususnya yang tinggal di kota besar. Selain mudah dalam pengoperasian, risiko kelelahan lebih minim saat mengendarai mobil matic dibanding manual. Namun, dibalik kemudahannya, terdapat sebuah kabar bahwa masalah rem blong lebih rawan terjadi pada mobil matic. 

Penyebab Rem Blong

Untuk mengetahui lebih lanjut soal rem blong, sebenarnya ada beberapa penyebabnya, seperti yang kami telah Jualo rangkum di bawah ini

1. Jarang Melakukan Perawatan

Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa rem mobil Anda mendadak blong dan salah satunya adalah jarang melakukan perawatan. Perlu diketahui bahwa adanya gangguan pada sistem kendaraan bisa menyebabkan rem mobil menjadi blong.

rem blong-6

Cek secara rutin komponen rem kendaraan

Anda bisa tahu apakah ada gangguan atau tidak jika mengeceknya. Alangkah baiknya jika Anda membawanya ke bengkel mobil untuk melakukan pengecekan jika tidak bisa mengeceknya sendiri. Atau Anda cukup memeriksa bagian yang krusial sebelum mengendarai mobil.

2. Kekurangan Minyak Rem

Penyebab lain adalah mobil Anda kekurangan minyak rem. Kurangnya minyak memang akan menyebabkan rem menjadi sulit dikendalikan. Jika kekurangan minyak rem, maka mobil akan terus melaju dan sulit berhenti.

rem blong-3

Pastikan kualitas dan volume minyak rem mobil cukup

3. Faktor Uap Air

Faktor lain penyebab dari rem blong adalah masuknya udara ke dalam sistem pengereman yang memunculkan uap air. Uap air dihasilkan dari proses oksidasi yang dapat mengganggu sistem pengereman mobil Anda. Lama kelamaan uap air akan membuat minyak rem terasa panas.

Minyak rem yang sudah panas akan mengakibatkan gangguan pada sistem pengereman. Tekanan dari minyak rem menjadi turun dan rem tidak bisa berfungsi dengan baik.

4. Kualitas Minyak Rem

Ketika Anda membeli minyak rem, pastikan yang dibeli memiliki kualitas bagus. Jangan asal memilih, karena dikhawatirkan produk tersebut sudah kadaluarsa. Menggunakan minyak rem dengan kualitas buruk bisa mempengaruhi suhu minyak rem dan akhirnya blong.

5. Sering Menginjak Pedal Dalam Waktu yang Lama

rem blong-5

Jangan tekan pedal rem secara terus-menerus karena sebabkan kondisi rem panas

Terus menerus menginjak pedal rem dalam waktu lama ternyata bisa menyebabkan blong. Hal ini disebabkan oleh adanya gaya gesek antara kaki dengan pedal secara terus menerus dan mengakibatkan kaliper panas. Kaliper yang panas inilah yang bisa membuat rem menjadi blong.

Mobil Matic Lebih Rawan Alami Rem Blong, Mitos atau Fakta?

Kemudahan dalam pengoperasian memang membuat mobil matic banyak disukai. Di titik ini ternyata juga menjadi kelemahan mobil matic. Tidak adanya persneling sebagai fasilitas untuk mengubah kecepatan laju kendaraan dan hanya mengandalkan rem bisa memberikan dampak buruk pada kondisi rem.

Saat melintasi kawasan turunan atau kawasan yang macet, mobil matic hanya mengandalkan rem untuk mengurangi kecepatan. Jika di mobil manual, hal tersebut bisa dibantu lewat tuas persneling sebagai engine brake.

rem blong-7

Rem blong jadi salah satu penyumbang angka kecelakaan lalu lintas terbesar

Dan bahayanya, rem yang sering digunakan atau bekerja keras dapat menyebabkan vapor lock. Kondisi di mana uap masuk ke dalam rem. Jika ini terjadi, fungsi rem bisa terganggu bahkan mengalami blong.

Jika ditanya kerawanan rem blong pada mobil matic mitos atau fakta, hal itu memang bisa terjadi jika kondisi mesin dan rem tidak dirawat dengan baik serta digunakan tanpa batas wajar. Jadi, selama Anda merawat mesin dengan baik, hal-hal seperti itu tidak akan terjadi.

Cara Mengatasi Rem Blong

Akan tetapi, rem blong bisa terjadi kapan pun. Jika Anda mengalaminya di jalan, beberapa hal berikut bisa  Anda praktikkan:

1. Jangan Panik

rem blong-4

Kepanikan justru bakal memperburuk situasi

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menjaga ketenangan diri. Jangan panik! Saat kita mengalami kepanikan, kita tidak bisa berpikir dengan jernih. Terlebih ketika sudah membayangkan banyak hal mengerikan seperti kecelakaan dan lainnya.

2. Menyalakan Lampu Hazard dan Membunyikan Klakson

Setelah mengatasi rasa panik dan lebih kalem, segera beri tanda kepada pengemudi lain yang ada di jalan dengan menyalakan lampu hazard. Dengan melakukan dua hal tersebut, Anda berarti membantu pengendara lain untuk lebih berhati-hati dan menghindari mobil Anda supaya tidak terjadi hal bahaya lainnya.

rem blong-2

Nyalakan hazard atau bunyikan klakson untuk memperingati kendaraan lain

Membunyikan klakson juga sangat perlu karena biasanya, lampu hazard bisa saja tidak terlihat dengan jelas sehingga pengendara lain yang berada di depan mobil Anda tidak mengetahuinya.

3. Pindahkan Transmisi

Langkah selanjutnya adalah berusaha memelankan laju kendaraan. Meskipun tanpa rem, Anda masih tetap melambatkan kecepatan kendaraan dengan memindahkan tuas transmisi.

Pindahkan tuas transmisi dari D menuju S. Pemindahan posisi tuas transmisi ini akan sedikit membantu memelankan kecepatan. Namun, hal ini memang kurang berhasil jika mobil melaju di jalan yang menurun.

rem blong-10

Pindahkan tuas transmisi ke gigi yang lebih rendah

Jalan lainnya adalah memindahkannya ke posisi L sebagai gigi terendah sehingga laju kendaraan bisa lebih memelan lagi. Jika memang kurang berhasil karena laju jalan menurun, tidak perlu khawatir. Masih ada opsi lain, yaitu menggunakan rem tangan.

4. Tarik Tuas Rem Tangan

Rem tangan memang tidak digunakan jika memang kondisi tidak darurat. Terlebih jika laju kendaraan sangat cepat, penggunaan rem tangan tidak disarankan karena mobil bisa saja terpelanting dan berbahaya. Namun, di situasi rem blong tentu saja rem tangan adalah opsi terakhir yang bisa kita ambil, bukan?

rem blong-8

Meski tidak direkomendasikan, menarik tuas rem tangan bisa jadi salah satu opsi darurat

–> Berbahayakah Jika Timbul Karat pada Cakram Mobil?

Anda harus menggunakan rem tangan dengan sangat hati-hati dan pelan agar mobil tidak merasa kaget. Lakukan dengan kontinu hingga laju kendaraan benar-benar melambat dan bisa dihentikan.

5. Membawa ke Bengkel Terdekat

Saat mobil sudah berhasil dikendalikan, Anda bisa berhenti dahulu untuk menenangkan diri. Ketika sudah merasa tenang, bawalah mobil ke bengkel terdekat supaya dicek dengan baik. Anda bisa kembali menjalankan mobil dengan sangat berhati-hati atau memanggil mobil derek untuk membawanya ke bengkel.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , ,

Story Page
Facebook
Instagram