Begini Tips Aman Mengemudi Malam Hari untuk Pengguna Kacamata
mengemudi malam hari

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Mengemudi malam hari bisa terasa menyulitkan bagi pengguna kacamata karena jarak pandang yang tidak sebaik pengemudi normal. Lantas bagaimana mengatasinya?

Bagi sebagian orang, khususnya pengguna kacamata sering kali mengalami kesulitan saat mengemudi malam hari. Hal tersebut diakibatkan tingkat sensitivitas pengguna kacamata lebih tinggi sehingga menyulitkan karena silau dari cahaya lampu.

Kondisi silau dari cahaya lampu dalam bahasa medis disebut sebagai fotophobia yang diartikan sebagai keadaan abnormal dimana seseorang merasa sensitif terhadap cahaya. Tingkat sensitivitas setiap orang berbeda-beda, di mana durasi paparan terhadap cahaya yang terang dapat menurunkan ketajaman mata secara temporer.

Sebab Fotophobia

mengemudi malam hari- 2

Pertama-tama harus dipastikan bahwa fotophobia tidak disebabkan oleh penyakit, misalnya dry eye, kekeruhan kornea mata, peradangan pada mata, katarak, dan kelainan syaraf mata lainnya. Selain tidak ada kelainan atau penyakit pada mata, harus juga diperhatikan media lainnya tetap bersih.

Media yang dimaksud adalah kaca mobil harus bersih, serta kacamata yang digunakan pun harus bersih dan tidak tergores. Karena kacamata yang kotor dan tergores dapat menyebabkan pandangan menjadi silau.

–> MAU REMAP ECU MOBIL? PAHAMI DULU KELEBIHAN SERTA KEKURANGANNYA

Bagaimana Pengguna Lensa Kontak?

Untuk pengguna lensa kontak juga harus diperhatikan lama pemakaian lensa kontaknya. Karena penggunaan lensa kontak yang lama dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, mulai dari mata berair, buram atau silau akibat iristasi.

Tips Mengemudi Aman dan Nyaman Untuk Pengguna Kacamata

mengemudi malam hari- 2

  1. Cek kondisi mata ke dokter mata untuk melihat apakah sudah ada perubahan ukuran kacamata, baik minus, plus, ataupun silindris.
  2. Pastikan kondisi kaca mobil bersih.
  3. Ganti karet wiper jika dirasa sudah tidak mampu membersihkan kaca dengan maksimal.
  4. Pastikan kamu menggunakan kacamata yang tepat, tidak tergores dan selalu dalam keadaan bersih.
  5. Bagi pengguna lensa kontak jika dirasa sudah tidak nyaman, segera lepas dan gunakan kacamata.
  6. Jika masih dirasa tidak nyaman dapat dibantu dengan meneteskan pelembab mata atau artificial tears yang dijual bebas di apotik.
  7. Jangan mengarahkan AC langsung ke wajah untuk menghindari kacamata berembun dan penguapan air mata yang mengakibatkan mata kering
  8. Gunakan kacamata khusus mengemudi malam hari, tentu dengan ukuran lensa yang telah disesuaikan dengan kebutuhan mata kamu.
  9. Apabila keluhan berlanjut, hentikan berkendara di malam hari dan segera konsultasikan dengan dokter mata kamu.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles