Deselerasi Mobil Manual, Injak Pedal Kopling atau Rem Dulu?
pedal kopling

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Injak pedal kopling atau rem terlebih dulu untuk mengurangi kecepataan di mobil manual masih sering menjadi pertanyaan. Lantas mana yang benar?

Saat Anda mengemudikan mobil dengan transmisi manual, memang ada dua cara untuk mengurangi kecepatan di jalan. Yakni injak pedal kopling terlebih dulu dilanjutkan dengan rem atau sebaliknya. Lantas pertanyaan muncul, opsi mana yang benar? Berikut Jualo berikan penjelasannya untuk Anda.

Injak Pedal Kopling atau Rem Lebih Dulu?

Cara pertama dengan menginjak kopling terlebih dulu lebih dikenal dengan memanfaatkan teknik engine brake atau pengereman dengan tenaga mesin. Cara ini sebenarnya sah saja dilakukan dengan catatan dan lebih cocok diterapkan dengan kondisi macet stop and go yang memiliki kecepatan 5 -10 km/jam.

pedal kopling- 2

Caranya, setelah menginjak kopling langsung diikuti dengan injakan ke dalam rem supaya mobil tidak langsung melompat secara bebas. Khawatir ketika menginjak rem terlebih dulu pengurangan dari kecepatan akan lebih cepat dan berakhir membuat mobil menjadi tersendat-sendat.

–> 4 ALASAN KENAPA ANDA HARUS MEMBELI MOBIL MPV

Namun, jika dalam kondisi jalanan menurun atau kondisi permukaan jalan yang rata,  cara menginjak rem terlebih dulu lebih dianjurkan. Pasalnya, dengan terlebih dahulu menginjak rem, Anda bisa memprediksi besarnya tekanan pedal rem untuk mengatur laju mobil.

Selain itu, masih adanya efek engine brake juga membantu Anda mengendalikan mobil karena tidak nyelonong. Ditambah, kinerja rem mobil juga tidak terlalu berat karena dibantu oleh daya rem akibat putaran mesin yang tinggi. Jadi, kedua cara ini sebenarnya sah-sah saja dilakukan namun kembali disesuaikan dengan kondisi jalan yang akan dilalui ya teman Jualo!

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles