8 Komponen yang Wajib Diperiksa Saat Berkendara di Musim Hujan
Musim Hujan

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Hujan dengan intensitas tinggi mulai sering melanda wilayah Indonesia. Itu artinya Anda harus mulai mempersiapkan mobil agar tetap prima saat melaju saat musim hujan melanda

Berkendara di musim hujan jelas sangat berbeda saat kondisi cuaca kering atau panas. Terdapat beberapa komponen yang mesti diperhatikan agar mobil dalam kondisi prima dan tidak mengalami masalah. Terlebih, dalam beberapa bulan terakhir Anda terbiasa berkendara di jalan kering. Berikut Jualo berikan daftar komponen mobil yang mesti diperiksa saat musim hujan.

1. Ban Mobil

Musim Hujan- 2

Ban mobil harus selalu dalam kondisi prima karena bidang kontaknya dengan jalan sangat terbatas. Pertama, pastikan tekanan udara ban sesuai rekomendasi pabrikan supaya dapat melaju dengan baik dan mudah dikendalikan. Telapak ban yang sudah mulai kurang ketebalannya akan membuat mobil mudah terpeleset saat berjalan di permukaan yang licin.

Cek pula apakah ban aus secara merata atau tidak. Ban yang aus, baik seluruhnya ataupun tidak merata, menyulitkan pengemudi mengendalikan mobil saat hujan. Apalagi saat jalan mulai tergenang ringan dan Anda sedang melaju cukup kencang.

Gejala aquaplaning atau ban mobil kehilangan daya cengkeram ke jalan akibat adanya lapisan air di atas aspal bisa membuat mobil tergelincir. Bersihkan telapak ban dari kerikil agar tidak mengganggu kinerja ban dan pastikan dinding ban aman dari benjol atau sobek. Meskipun sepele, pastikan tutup pentil selalu terpasang dan pelek dalam kondisi prima.

2. Karet Wiper

Musim Hujan- 5

Karet wiper karena bagaikan pembersih mata saat hujan. Kalau sampai bermasalah, maka kamu tidak bisa melihat dengan baik. Cek kondisi karet wiper, jika getas atau berubah bentuk, segera ganti yang baru. Kemudian, periksa air pembersih kaca dan jangan sampai kosong karena akan menyulitkan saat kaca kotor.

3. Rem Mobil

Musim Hujan- 4

Jangan lupakan rem mobil karena kondisi jalan yang licin membuat rem mobil akan bekerja lebih keras. Tidak hanya itu, daya pengereman juga akan turun drastis lantaran kondisi jalan yang tidak bersahabat. Pastikan rem berfungsi baik dengan memeriksa kampas rem dan mengisi tabung minyak rem sesuai takaran. Pastikan pula tidak ada kebocoran minyak rem yang dapat memicu rem mobil blong.

4. Kelistrikan Mobil

Tugas sistem kelistrikan jadi berat ketika hujan turun, seperti harus menyalakan AC, wiper, dan lampu secara bersamaan. Oleh sebab itu periksa sistem kelistrikan untuk memastikan kondisinya baik dan layak operasi. Jangan sampai aki soak sehingga penyaluran daya listrik menjadi sulit bahkan sampai mesin mobil tidak bisa dinyalakan.

5. Kaki-kaki Mobil

Sistem suspensi yang lemah, seperti karet bushing shock absorber yang pecah atau peredam kejut yang rusak akan membuat mobil susah dikendalikan. Kondisi ini akan terasa semakin buruk saat Anda melewati jalan licin akibat hujan. Selain itu, sistem kemudi yang bermasalah membuat kamu sulit dalam mengendalikan arah dan laju mobil.

–> 5 GEJALA ATAU TANDA KAMPAS KOPLING MOBIL HABIS

6. Lampu Mobil

Musim Hujan- 3

Lampu mobil membantu untuk melihat kondisi di depan dengan baik, terutama kalau ada fog lamp. Fatal akibatnya bila pandangan ke depan terbatas atau lampu rem mobil mati di tengah hujan deras yang membatasi pandangan pengemudi lain di belakang.

7. AC Mobil

Anda pasti akan menutup kaca mobil supaya air hujan tidak masuk. Untuk menjaga kabin tetap nyaman, sistem pendingin alias AC menjadi andalan satu-satunya. AC juga bermanfaat menjaga supaya kaca mobil tidak berembun.

8. Karet Pintu

Karet pintu yang getas membuat air hujan bisa menerobos masuk. Terutama karet yang melindungi dan menjadi rel kaca saat naik dan turun. Seiring waktu, daya tahannya akan menurun dan air bisa menyelinap via celah yang diciptakan.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles